Perkenalan Bahasa Inggris Pada Saat Wawancara Kerja

Posted on

Perkenalan Bahasa Inggris – Bahasa Inggris saat ini sudah menjadi bahasa pergaulan yang sudah umum dijadikan bahasa pengantar di tingkar regional asia tenggara, selain itu juga bahasa inggris sudah semakin sering digunakan di beberapa kegiatan nasional di Indonesia. Semisal ketika anda menghadiri seminar seminar yang diisi oleh dosen asing atau pembicara asing, maka bahasa pengantar yang digunakan sudah pasti menggunakan bahasa asing.

Selain itu juga beberapa acara swasta yang diadakan di pusat pusat kota besar biasanya juga menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar, semisal pertemuan tahunan perusahaan perusahaan industri, pertemuan tahunan mahasiswa dan bahkan pertemuan tahunan para pengusaha pengusaha kelas kakap di Indonesia.

Karena kebutuhan penggunaan bahasa inggris yang semakin meningkat ini, maka jika anda masih berada di usia muda akan lebih baiknya memperdalam bahasa inggris, kenapa saran ini perlu dipertimbangkan? Karena kedepannya globalisasi yang memaksa interaksi antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat luar negeri akan semakin sering.

Beberapa tahun lalu, Indonesia telah semakin sering bertukar pelajar dengan negara negara asean, Indonesia juga sudah menjadi bagian dari masyarakat ekonomi asean, serta test test seleksi kuliah, bekerja hingga magang sekalipun membutuhkan syarat kemampuan bahasa Inggris. Jadi selain ijazah dan transkrip nilai, seringkali syarat toefl atau ielts diminta, atau bahkan toefl prediction juga diminta untuk mengukur seberapa jauh kemampuan bahasa inggris seorang pelamar.

Nah, kemampuan dalam bahasa inggris ini selain dibuktikan dengan skor toefl atau ielts kita, biasanya juga akan dites ketika anda menjalani wawancara kerja. Lalu, bagaimana ketika menghadapi sesi wawacara kerja yang menggunakan bahasa inggris? Tidak perlu khawatir, wawancara dalam bahasa inggris biasanya telah terstruktur dan terformat baku yang biasanya juga akan sama dengan wawancara wawancara beasiswa di tempat lain.

Baca Juga:  Jenis dan Rumus Past Tense Dalam Tata Bahasa Inggris

Wawancara dalam bahasa inggris biasanya diberitahukan dalam beberapa pekan sebelum anda menjalani wawancara, jika perusahaan yang anda lamar adalah perusahaan asing maka bisa dipastikan wawancara keseluruhan akan menggunakan bahasa inggris dari awal hingga akhir.

Namun, jika perusahaan yang akan anda lamar adalah perusahaan nasional, lokal atau masih dikuasai sahamnya oleh orang Indonesia (seperti stasiun TV dan radio), maka wawancara biasanya akan berselang seling dalam bahasa indonesia atau bahasa inggris, kebanyakan menggunakan bahasa indonesia dan bahasa inggris hanya digunakan ketika disuruh memperkenalkan diri sendiri.

Sesi perkenalan diri ini adalah salah satu format baku yang sering dminta dalam wawancara kerja. Biasanya perkenalan dalam bahasa inggris akan dimulai ketika anda diminta memperkenalkan diri secara lengkap, bahkan diminta menyebutkan kekuatan dan kelemahan, rekam jejak pendidikan dan bahkan pekerjaan yang pernah dijalani sebelum-sebelumnya.

Format baku perkenalan bahasa inggris pada saat perkenalan adalah format baku sebelum memasuki wawancara inti yang berkisar membahas resume atau cv yang anda kirimkan untuk pelamar. Biasanya sesi perkenalan bahasa inggris ini akan sangat menentukan sebelum anda melanjutkan sesi wawancara pada bagian selanjutnya.

Sebelum memasuki sesi wawancara, pastikan anda sudah memahami cv, resume dan berkas berkas yang anda kirimkan kepada perusahaan agar tidak lupa apa saja isinya. Kemudian anda bisa membuat beberapa poin penting yang bisa disiapkan menghadapi percakapan bahasa inggris pada saat perkenalan awal.

Berikut beberapa poin-poin penting dalam percakapan bahasa inggris perkenalan wawancara kerja:
Pertama, satu kalimat pertama di awal adalah membahasa mengenai siapa diri anda, sekolah dimana, anak keberapa, kemudian latar belakang orang tua, pekerjaan sebelumnya apa.

Kedua, poin selanjutnya di kalimat kedua bisa membahas lebih mendetail misalnya hobi yang berhubungan dengan pekerjaan, jika anda melamar menjadi pekerja kantoran bisa ceritakan soal soal hal disiplin dan kerja keras, kemudian kebiasaan-kebiasaan baik yang menjadi nilai plus.

Baca Juga:  Pilih Tempat Kursus Bahasa Inggris yang Tepat untuk Anak Sekolah

Ketiga, poin yang sedikit penting tetapi tidak mutlak adalah poin mengenai kenapa memilih bekerja disini, dan dapat informasi dari mana informasi pekerjaan ini, serta tujuan bergabung dengan perusahaan tersebut ntuk apa.

Poin-poin penting sesi percakapan dalam bahasa inggris di atas dalam wawancara kerja bisa anda praktekkan beberapa hari sebelum wawancara dengan berbicara di depan cermin. Berikut simulasi contoh percakapan bahasa inggris pada saat perkenalan pada wawancara kerja, simulasi ini dicampur dengan percakapan dalam bahasa inggris yang diawali dengan bahasa indonesia:

Pewawancara: Halo, selamat datang, silakan duduk. Boleh perkenalkan diri anda dalam bahasa inggris?

Anda: Yes, sure.
Hello, Ladies and gentleman (jika pewawancaranya berjenis kelamin laki laki dan perempuan). I would like introduce myself (saya ingin memperkenalkan diri saya). My name is Rahadian, I was born in Bogor, I’m 23 years old, I have 2 brother and 1 sister, and also I’m graduated in Management from Wakanda University.

After graduted from Wakanda University, I have been worked in Public Library for 2 years, because I like reading so much, then I written 2 books about horror movies in Indonesia. And now, I sitting here to join the biggest publisher in Indonesia. Selanjutnya anda bisa teruskan dengan hal hal positif yang anda punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *