Struktur dan Contoh Perkenalan Bahasa Jerman Sederhana

Posted on

Perkenalan Bahasa Jerman – Memperkenalkan diri ketika sedang berada di negara asing adalah hal yang wajib. Kendala bahasa tentu saja akan menghambat orang asing mengenal siapa Anda dan apa tujuan Anda berada di negara tersebut.

Tidak mampu untuk memperkenalkan diri juga akan menjadi hambatan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu ketika Anda hendak meminta permohonan izin visa, kedutaan besar pasti makan meminta setifikat kemampuan bahasa sesuai dengan negara yang Anda tuju.

Hal ini juga berlaku untuk negara Jerman. Biasanya Anda juga akan melakukan wawancara untuk mengetes seberapa lancar Anda berbahasa Jerman. Nah disinilah Anda harus menunjukkan kemampuan untuk bisa memperkenalkan diri dengan baik dalam bahasa Jerman.

Apakah Anda sudah menguasainya? Bagi Anda yang masih pemula maka pelajari dahulu apa saja dasar-dasar dalam memperkenalkan diri menggunakan bahasa Jerman. Apakah struktur yang digunakan tidak jauh berbeda dengan yang biasa kita gunakan sehari-hari?

Struktur Perkenalan Diri dalam Bahasa Jerman

Setiap hendak melakukan perkenalan diri, maka Anda harus melakukannya secara berurutan hingga sampai pada maksud yang ingin disampaikan. Apakah Anda akan menggunakan bahasa formal atau informal dan bagaimana Anda akan mengucapkannya.

Berikut ini beberapa langkah dari awal perkenalan bahasa Jerman yang bisa Anda gunakan.

Cara mengucapkan nama

Pertama kali Anda ingin memperkenalkan diri adalah mengungkapkan jati diri melalui nama. Siapa nama Anda? Dalam bahasa Jerman Anda bisa mengucapkan Mein Name ist … yang artinya adalah Nama saja adalah …. Kata Tersebut digunakan dalam bahasa yang formal.

Sedangkan untuk bahasa informal Anda bisa langsung saja mengatakan Ich bin … yang artinya adalah Saya …. Penggunaan bahasa formal dan informal tergantung dengan situasi Anda berada. Apakah berada di lingkungan kerja, teman atau keluarga.

Baca Juga:  Menghitung Biaya Hidup di Jerman Berdasarkan Kota

Cara mengucapkan asal atau tempat tinggal

Selanjutnya adalah darimana Anda berasal adalah hal umum yang dijelaskan kedua. Anda bisa mengucapkan Ich komme aus… yang artinya saya berasal dari… . Bisa juga menyatakan tempat tinggal seperti Ich lebe in … yang artinya saya tinggal di… .

Informasi terkini

Saatnya untuk mengungkapkan jati diri melalui apa kesibukan Anda saat ini. Biasanya untuk menggiring percakapan yang lebih luas. Bahkan Anda bisa mencoba untuk mengetahui apa yang dilakukan lawan bicara Anda.

Berbagai informasi seperti pekerjaan, hobi, hingga tujuan Anda melakukan percakapan. Mulailah mengatakan Ich bin 27 Jahre alt (Saya berumur 27 tahun), Ich bin Lehrer (saya adalah guru), Meine Honi kocht (Hobi saya adalah memasak).

Contoh Perkenalan Diri Bahasa Jerman

Tidak sulit melakukan perkenalan dalam bahasa Jerman. Berikut ini contoh perkenalan bahasa Jerman yang bisa Anda pelajari.

Guten Morgen, Grüße, mein Name ist Edward. Ich komme aus Nordamerika und lebe zurzeit mit meiner Tante in Berlin. Ich bin zurzeit 25 Jahre alt, mein früherer Beruf war Lehrer. Meine Hobbys sind Musik und ich habe mehrere Lieder geschrieben. Ich habe vor, die nächsten zwei Jahre in Berlin zu bleiben, um das Aufbaustudium fortzusetzen.

Selamat pagi, salam kenal nama saya Edward. Saya berasal dari Amerika Utara dan saat ini tinggal di Berlin bersama dengan bibi. Saat ini saya berumur 25 tahun, profesi saya sebelumnya adalah seorang guru. Hobi saya bermusik dan sudah menciptakan beberapa lagu. Rencananya saya akan tinggal di Berlin selama dua tahun ke depan untuk melanjutkan kuliah pasca sarjana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *