Tiga Tips Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Singkat

Posted on

Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris Singkat – Perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat adalah salah satu strategi yang mesti dimiliki bagi anda (kalangan pelajar dan mahasiswa) yang sering bertemu dengan mahasiswa asing, atau turut serta dalam kegiatan-kegiatan yang mempunyai tema kajian antar negara atau dihadiri oleh peserta dari lebih satu negara, walaupun itu negara negara asia tenggara misalnya seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Strategi ini mesti dikuasai, karena mau tidak mau anda akan berinteraksi dengan orang-orang asing dalam waktu yang tidak lama. Ketika anda duduk dalam satu meja saja, anda sudah bersalaman dan kemudian berkenalan singkat, belum lagi ketika anda berada dalam sesi yang serius misalnya diskusi formal, ceramah, workshop atau konferensi.

Perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat juga dibutuhkan ketika anda berusaha untuk menyapa seluruh delegasi dalam sekali waktu, yang dimaksud dalam sekali waktu adalah dalam satu sesi anda bisa berkenalan setidaknya lebih dari lima delegasi. Sehingga basa-basi dari satu delegasi ke delegasi lain tidaklah lama, bertele-tele, atau yang lebih parah adalah malah kehabisan topik untuk mengobrol sehingga membuat kita kikuk di depan mereka.

Jangan sampai anda kehabisan kata kata ketika berkenalan dengan peserta dari negara lain, begitu juga sebaliknya jangan sampai anda bertele-tele bertanya-tanya hal yang tidak penting (semisal datang jam berapa, berapa orang dalam rombongan), karena hal bertele-tele ini membosankan dan tidak menarik. Selain itu juga malah membuat sesi perkenalan anda jadi molor dan efektif, sehingga anda perlu belajar cara perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat.

Perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat juga akan melatih otak dan pikiran anda untuk berbicara point to point, ketimbang ngelantur kemana-mana tidak jelas. Point to point ini senantiasa akan terpatri di otak anda, begitu juga ketika anda berusaha bertanya kepada lawan bicara anda, maka yang akan anda tanyakan juga point ke point.

Baca Juga:  Tiga Panduan Bahasa Inggris untuk Pemula

Sesi perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat juga meminimalisir anda lupa menghafal nama nama dan asal peserta karena biasanya perkenalan yang bertele-tele ngalor ngidul tidak akan mudah diingat. Itulah mengapa dalam pembahasan ini akan diberikan tips perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat:

Tips pertama adalah, berikan kata pengantar pembuka perkenalan di depan dengan sopan misalnya: hai, hello, good morning, goof afternoon. Anda juga bisa membuka kata sapaan dengan menyebut asal mereka atau sekilas melihat tanda pengenalnya: halo, you are from Thailand, right? Hai, you are from University of Manila right? Nice to meet you.

Tips kedua adalah, straight to the point, langsung masuk ke dalam point-point perkenalan singkat. Misalnya setelah pembukaan: hai, good morning, my name is Lukas I am from Brawijaya University. Atau menyebut kota asal, My name is Lukas from Jakarta. You are from Jambi right? Atau where are you from.

Tips ketiga adalah gunakan kata sapaan panggilan orang untuk yang lebih tua. Misalnya dengan menggunakan kata mr (dibaca: mister), mrs (dibaca: misis) atau ms (dibaca: miss), untuk mereka yang lebih tua bisa juga menggunakan kata sapaa “sir”.

Berikut contoh perkenalan diri dalam bahasa inggris singkat dalam sesi seminar, konferensi atau workshop:

Halo, hai, you are from Thailand right? Yes, I’am and where are your from? My name Is Lukas, I am from Jakarta Indonesia. And what you’re name? My name is Thannakong. Mr Thannakong Nice to meet you. Hope you enjoy.

Berikut contoh perkenalan dalam bahasa inggris singkat untuk sesi perkenalan diri di depan podium, mimbar atau sesi konferensi:

Baca Juga:  Belajar Kata Benda Bahasa Inggris Untuk Usia Dini

Ladies and Gentlemen, let me introduce myself. My name is Lukas from Jakarta, Indonesia. I am graduated in Economic from University of Indonesia. I would like to present presentation talking about economic development problem in Jakarta. Nice to meet you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *