Program Aupair Jerman

Posted on

Program Aupair Jerman – Jerman adalah salah satu negara yang sangat terbuka dengan perbedaan dan toleransi. Walauapun ada juga beberapa kawasan dan etnis di Jerman yang masih terkadang rasis dan menyerukan jerman bebas dari imigrasi (biasanya didalangi oleh mereka kaum neo-nazi). Tetapi pada umumnya adalah, jerman memiliki kebijakan politik terbuka terhadap imigran-imigran dari luar Jerman. Seperti yang pernah dilakukan oleh Kanselir Jerman Angela Merkel bersama kolega-koleganya di Uni Eropa untuk membuka perbatasan terahadap imigran dari Timur Tengah yang mengungsi akibat perang.

Jerman juga berusaha menghilangkan phobia rasisme setelah sebelumnya banyak yang menganggap Nazi adalah bagian dari rasisme. Jika anda melihat sejarah Nazi Jerman. Terlebih dengan tokohnya Hitler. Maka anda bisa memahami bahwa Nazi Jerman dan Hitler sangat rasis. Karena Hitler dan Partai Nazinya memaksakan ideologi bahwa ras arya yang berada di Jerman adalah ras terbaik. Kemudian Hitler dan Nazi berusaha menghapus ras Yahudi dari seluruh Jerman.

Usaha menghilangkan phobia rasisme inilah yang mendasari politik dalam negeri jerman untuk menerima perbedaan. Menekankan pada toleransi dan juga kesepakatan publik untuk menghormati satu sama lain. Jerman juga memiliki sistem hukum yang bagus dan kuat. Jaminan sosial yang terjaga sehingga membuat beberapa orang tua memilih untuk pensiun dari pekerjaan. Karena adanya jaminan sosial bagi mereka. Beberapa juga masih ada yang bekerja.

Untuk jenjang pendidikan sendiri. Jerman sangat terkenal dengan kebijakan menggratiskan biaya SPP di universitas negeri pada tingkat sarjana. Kebijakan ini merupakan kebijakan jerman dalam mengontrol kualitas universitas negeri merata dan sama di satu daerah dengan daerah lain. Sehingga satu negara memiliki banyak universitas negeri yang setara, sama-sama baik dan memiliki prospektif yang baik bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jerman.

Baca Juga:  3 pilihan Kerja di Jerman

Namun, jika anda ingin melanjutkan studi jenjang sarjana di jerman. Anda harus cermati bahwa jerman menganut sistem penyetaraan bagi mereka yang lulus SMA dari non-negara jerman. Sehingga anda yang lulusan SMA indonesia akan menjalani program penyetaraan selama satu tahun di jerman sebelum resmi memasuki perkuliahan sarjana. Program penyetaraan ini disebut dengan studienkolleg. Tentu saja, proses penyetaraan studienkolleg ini menggunakan bahasa pengantar jerman. Sehinga bagi anda yang belum bisa berbahasa jerman dengan baik. Akan lebih baik mengikuti kursus dan tes terlebih dahulu selama beberapa bulan.

Kebijakan universitas jerman pun terbuka terhadap semua ras dan mahasiswa asing internasional. Itu artinya anda dan seluruh dunia dipersilakan melanjutkan studi di jerman. Jangan kaget jika kemudian nanti kuliah disana anda bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa internasional yang sama-sama kuliah di program perkuliahan anda.

Selain kebijakan perkuliahan yang terbuka. Jerman memiliki sistem homestay bagi masyarakat internasional lulusan SMA yang ingin tinggal di jerman. Sistem homestay ini disebut dengan aupair jerman. Aupair lebih mirip program gabungan magang dan homestay. Karena anda di Jerman sana akan tinggal di sebuah keluarga jerman dan memiliki pekerjaan-pekerjaan rumah tangga yang harus anda selesaikan.

Tidak perlu khawatir dengan steorotip bahwa aupair tak ubahnya seperti pembantu rumah tangga. Karena aupair sendiri bukan program seperti TKI/TKW. Aupair sendiri hanya menempatkan anda di keluarga jerman agar bahasa jerman anda terlatih dengan baik. Anda akan mendapat gaji yang setara tetapi diberikan pekerjaan rumah tangga yang setara juga. Pekerjaan rumah tangga yang dikerjakan pun jauh lebih sedikit jam kerjanya. Karena au pair bukanlah program kerja.

Di program au pair, keluarga jerman biasanya meminta anda mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan alat-alat elektronik dalam 4 jam sehari. Serta mngantar jemput anak mereka di sekolah-sekolah di jerman. Memang akan terlihat seperti pembantu rumah tangga dan nanny. Tetapi ini berbeda, karena banyak keluarga jerman menganggap anda sebagai keluarga sendiri. Anda akan diajakn berlibur selama musim panas. Dikenalkan dengan tetangga-tetangga mereka dan bahkan ada yang baik hati diberikan kesempatan libur pulang ke Indonesia.

Baca Juga:  Inilah 8 Merek Mobil Asal Jerman Yang Paling Mendunia

Lalu bagaimana caranya melamar program aupair? Atau mencari host aupair jerman yang siap menerima anda. Aupair Jerman bisa anda ikuti melalui sebuah saluran bernama aupair world. Tempat anda mengakses keluarga-keuarga homestay jerman yang siap menampung anda disana. Proses ini tidak mudah karena membutuhkan waktu berbulan-bulan sampai anda merasa cocok dengan calon keluarga yang akan anda tinggali disana.

Jika anda kesulitan, anda bisa menghubungi konsultan pendidikan seperti Virtu Education untuk dibantu dalam proses pendaftaran aupair jerman. Seperti biasanya, jika anda ingin keluar negeri. Akan lebih baik anda telah memiliki passpor dan juga kemampuan bahasa jerman yang cukup dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *