Program Pertukaran Pelajar

Program Pertukaran Pelajar Ini Akan Membawamu ke Luar Negeri

Posted on

Program Pertukaran Pelajar – Program pertukaran mahasiswa, pelajar, maupun pemuda mulai populer di dunia sejak tahun 1960-an. Program ini awalnya dimaksudkan untuk mengenal budaya negara lain sekaligus meningkatkan toleransi.

Biasanya siswa sekolah menengah atau mahasiswa semester awal akan tinggal di luar negeri selama beberapa minggu, satu semester, dan ada juga yang setahun penuh. Para pemuda ini akan meninggalkan lingkungan mereka dan menjalani budaya yang sama sekali berbeda.

Baca juga : Persyaratan dan Cara Magang di Jerman

Beberapa siswa dan orang tua mungkin khawatir dengan shock culture. Tapi manfaat pengalaman tinggal sekaligus studi di negeri orang ternyata lebih banyak manfaat dibanding risikonya.

Bahkan sekarang ini semakin banyak yang menyadari pentingnya program pertukaran pelajar. Terutama bagi mahasiswa yang berencana melanjutkan kuliah di luar negeri.

Program Pertukaran Pelajar

Nah bagi yang ingin merasakan pengalaman tak terlupakan, kalian bisa mencoba beberapa program pertukaran pelajar berikut ini.

1.Winter Japan Culture Camp

Seperti namanya, program yang disponsori ASEAN Youth Friendship Network (AYFN) ini memberikan kesempatan pada generasi muda Indonesia untuk ikut kamp musim dingin di Jepang .

Peserta program pertukaran pelajar akan mendapat kesempatan tinggal di Kyoto dan Tokyo selama 5 hari. Meski singkat, diharapkan bisa mengenal kebiasaan orang Jepang di musim dingin.

Banyak pengalaman yang dirasakan melalui program ini, seperti berkunjung ke tempat bersejarah, mencoba kuliner khas Jepang, naik moda transportasi Jepang, menjelajahi kota, dll.

Bagi yang lolos seleksi, semua itu bisa dinikmati secara gratis. Bagi yang ingin ikut program ini tanpa seleksi, tetap masih bisa bergabung dengan membayar 475 USD (anggota AYFN) atau 550 USD (non anggota).

2.YFU (Youth for Understanding)

Program pertukaran pelajar yang disponsori organisasi nirlaba YFU ini berupa pertukaran siswa ke beberapa negara tujuan seperti Austria, Belgia, Jerman, Belanda, Swiss, Italia, Finlandia, Jepang, Australia, dan Amerika Serikat.

Baca Juga:  9 Rahasia Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Peserta akan tinggal bersama keluarga angkat dan sekolah selama 1 tahun full di negara tujuan. Program ini sangat bermanfaat untuk mengenal budaya, karena peserta akan berinteraksi langsung dalam waktu lumayan lama.

Selain itu, tinggal dan belajar langsung di luar negeri akan meningkatkan kemandirian, leaderships, dan menambah wawasan.

Program ini juga terdiri dari 2 jenis, beasiswa dan non beasiswa. Untuk program beasiswa, sudah pasti kamu menjalani seleksi terlebih dulu. Nah kalau kamu masih pelajar usia 15 sampai 17 tahun, jangan ragu ikutan YFU.

3.The Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths (JENESYS Programme)

JENESYS Programme bertujuan mempromosikan semua hal tentang Jepang. Seperti budaya, teknologi, serta kehidupan masyarakatnya.

Tiap tahun ada ratusan pemuda dari luar Jepang yang berkesempatan berkunjung dan merasakan tinggal di negara Sakura. 

Program ini juga terbuka untuk pelajar sekolah menengah dan mahasiswa. Contohnya saja untuk JENESYS Programme 2019, ada 15 siswa sekolah menengah Papua yang dikirim ke Jepang.

Dengan berkunjung ke beberapa fasilitas canggih, siswa diharapkan semakin mengenal Jepang sekaligus mengetahui hubungan antara Jepang dan Indonesia.

4.Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study Program (YES)

Bagi siswa SMA yang ingin merasakan tinggal langsung di Amerika, kamu harus mendaftar program YES. Karena program yang sudah ada sejak 2002 ini tiap tahunnya memberi kesempatan pada puluhan siswa berusia 15 sampai 17 tahun untuk belajar selama 1 tahun pelajaran.

Nantinya kamu akan dititipkan dengan keluarga angkat di sana, menjalani sekolah SMA seperti biasanya, ikut pelatihan leaderships, serta ikut dalam berbagai aktivitas orang Amerika.

Selain menjadi ajang mengenal budaya Amerika secara langsung, kamu juga bisa mengenalkan budaya Indonesia lho. Dan program YES termasuk beasiswa full, sehingga kamu bisa menjalani semua ini tanpa membayar biaya sepeserpun.

Baca Juga:  Tiga Contoh Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari

5.Encompass Trust

Program Encompass tercetus setelah peristiwa Bom Bali tahun 2002. Program yang mempertemukan pemuda dari Israel, Palestina, Indonesia, Inggris, dan Amerika ini bertujuan untuk memberi pengertian dan saling percaya di antara remaja di dunia.

Selama 10 hari peserta program pertukaran pelajar akan tinggal di Inggris dan mengikuti berbagai kegiatan yang digagas Yayasan Encompass Truss. Seperti outbond, tinggal bersama, diskusi, serta makan bersama dalam suasana jauh dari kehidupan luar.

Program Pertukaran Pelajar

Uniknya, mereka harus berintegrasi satu dengan lainnya. Jadi remaja Palestine akan ditempatkan satu kamar dengan remaja Israel. Dengan saling mengenal, diharapkan bisa menghapus pandangan buruk tentang negara lain.

6.StuNed Short Course

Sebagai bukti kerjasama Belanda-Indonesia, tiap tahun pemerintah Belanda memberikan beasiswa dalam bentuk kursus singkat.

Selama 2 sampai 12 bulan, peserta akan menjalani pelatihan bersertifikat di universitas di Belanda. Ada beberapa bidang yang bisa dipelajari, seperti transportasi, perdagangan internasional, hukum, dan infrastruktur.

Program ini termasuk beasiswa penuh, sehingga semua keperluan peserta akan ditanggung sponsor. Yang unik, beasiswa ini tidak memandang usia.

Tapi bukan berarti tanpa syarat. Untuk mendaftar, kamu harus lulus minimal D4 atau S1. Selain itu, pengalaman kerja setidaknya 2 tahun, memiliki skor IELTS minimal 5,5 atau TOEFL IBT 68.

7.Rotary Youth Exchange Program (RYEP)

Program yang disponsori Rotary Club ini secara internasional sudah ada sejak 1905. Kalau kamu remaja berusia 15 hingga 19 tahun, tidak ada salahnya daftar program ini.

Kalau lolos seleksi, peserta akan tinggal selama 1 tahun bersama host parents di negara pilihan. Sehari-hari peserta akan dimasukkan ke salah satu sekolah dan mengikuti pelajaran seperti siswa lainnya.

Uang saku, biaya hidup, dan berbagai keperluan sehari-hari akan ditanggung Rotary Club. Kamu hanya perlu membayar tiket PP dan asuransi.

Tapi untuk ikut program ini seleksinya sangat ketat. Karena ada dua macam seleksi, yaitu di tingkat nasional dan internasional. Sehingga kamu juga harus bersaing dengan pelajar dari seluruh dunia.

Baca Juga:  Contoh Teks Narrative Dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

8.The Indonesian Youth Leadership Program (IYLP)

Setiap tahun ada sekitar 20 hingga 30 siswa Indonesia yang terpilih ikut IYLP. Mereka akan bertemu dengan siswa dari Amerika Serikat untuk berbagi pengalaman, saling memahami, belajar leaderships, serta bertukar budaya.

Dua minggu dihabiskan untuk tinggal bersama host family di Amerika, dan dua minggu lainnya digunakan dengan kegiatan berkemah bersama pemuda Amerika. Nah bagi kamu yang ingin mengunjungi Amerika, jangan lewatkan kesempatan ini ya!

9.Indonesia Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP)

Sebagai negara serumpun dan bertetangga, hubungan Indonesia dan Malaysia harus terus terjaga. Salah satu caranya, dengan mengadakan program IMYEP atau Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia yang telah dimulai sejak tahun 1979.

Selain untuk meningkatkan kerjasama dua negara, kegiatan yang berlangsung dua minggu ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pemuda. Peserta juga akan diberikan pemahaman budaya antara kedua negara.

Ada beberapa aktivitas yang dilakukan, diantaranya homestay, penampilan budaya, serta kunjungan ke tempat bersejarah yang ada di Malaysia maupun Indonesia.

Selain beberapa program pertukaran pemuda dan pelajar di atas, masih ada beberapa program yang diadakan pemerintah Indonesia dan negara lain. Diantaranya,

10.Indonesia – Korea Youth Exchange Program

11.Indonesia – China Youth Exchange Program (IChYEP)

12.Indonesia-Canada Youth Exchange Program (ICYEP)

13.Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP)

Wah ternyata banyak juga ya program pertukaran pelajar atau mahasiswa yang bisa kita apply. Daftar di atas hanya sebagian saja, masih banyak program lainnya. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk melihat dunia ya!!