Beasiswa S2 di Jerman dan Cara Mendapatkannya

Posted on

S2 di Jerman – Memilih untuk sekolah ke luar negeri bisa menjadi pilihan yang sangat berat. Diantara banyaknya persyaratan, calon mahasiswa harus menggali banyak informasi mengenai beasiswa yang bagus untuk didapatkan.

Bagi mahasiswa internasional yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang beasiswa di Jerman maka artikel ini adalah pilihan yang tepat. Ada banyak sekali jenis beasiswa yang akan menolong Anda dalam hal biaya untuk bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Banyak sekali beasiswa S2 yang bisa dipilih. Beasiswa ini diselenggarakan oleh tiga jenis funding. Pertama adalah pemerintah, kedua swasta seperti yayasan dan ketiga adalah berasal dari universitas. Otomatis jika Anda mendapatkan beasiswa dari universitas, tempat untuk bersekolah adalah si penyelenggara beasiswa.

Berikut ini masing-masing beasiswa S2 di Jerman yang bisa Anda dapatkan.

Beasiswa DAAD untuk postgraduates

Beasiswa ini diberikan oleh ANda yang telah menyelesaikan pendidikan S1 dan memiliki pengalaman bekerja setidaknya dua tahun. Berbagai universitas Jerman menjadi peluang besar sebagai tempat untuk bersekolah tergantung jenis beasiswa yang dipilih atau jurusannya.

Biaya sekolah yang diberikan tergantung dengan level akademik. Biasanya untuk S2 akan mendapatkan 750 euro per bulannya dan S3 akan mendapatkan 1.000 euro per bulan. Anda akan dituntut untuk menyelesaikan perkuliahan dalam jangka waktu setidaknya dua tahun atau kurang.

Beasiswa Heinrich Boll

Universitas yang biasanya bekerja sama dengan beasiswa ini adalah universitas ternama dengan berbagai macam jurusan. Biaya yang akan didapatkan adalah 750 euro per bulannya dan masih ditambah dengan biaya lainnya. Misalnya saja biaya akomodasi.

Beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa internasional atau dalam wilayah Uni eropa. Hanya saja biaya yang didapatkan sedikit berbeda. Untuk mahasiswa Uni eropa akan mendapatkan 649 euro ditambah uang buku sebesar 300 euro.

Baca Juga:  Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Belajar Bahasa Jerman Dasar

Beasiswa Hessnatur

Beasiswa ini diberikan oleh ESMOD Berlin dimana Anda akan menjalani pendidikan di sana. Anda harus memberikan desain inovatif terkait dunia fashion. Jumlah beasiswa yang didapatkan adalah 5.500 euro.

Ide untuk bisa bersekolah di luar negeri sangat menyenangkan dan juga membuat sulit di waktu yang sama. perlu banyak informasi berguna untuk bisa mencapai keinginan melanjutkan S2 di Jerman.

Bagaimana cara Anda bisa meraih impian tersebut? Berikut langkah yang harus diperhatikan.

Mencari saran, cobalah untuk sering berbicara kepada keluarga atau teman yang memiliki pengalaman sekolah di luar negeri bahkan bagaimana mereka bisa melampau semua hal khususnya untuk bisa mendapatkan beasiswa. Terima dan cerna apa saja nasihat yang mereka berikan.

Cari berbagai informasi. Mencari beasiswa terbaik sebelum mendaftar sangatlah penting. Beasiswa yang berbeda akan memiliki syarat dan kriteria yang tidak sama. Misalnya universitas mana saja yang bisa diikuti setelah mendapatkan beasiswa. Informasi lainnya adalah syarat apa saja yang diberikan oleh universitas tersebut. Ingat syarat mendapatkan beasiswa dan masuk ke universitas akan berbeda.

Kunjungi website terkait. Menggali banyak informasi jarak jauh bisa dilakukan melalui portal atau website. Baik itu website dari perguruan tinggi atau penyelenggara beasiswa. Pastikan tidak ada detail yang terlewatkan ketika Anda sedang menggali informasi.

Berhati-hati. Ketika mendaftar berbagai jenis beasiswa Anda mungkin merasakan ingin cepat selesa. Namun terburu-buru bisa menjatuhkan Anda. Pastikan selalu membaca ulang persyaratan baik skill dan dokumen yang dibutuhkan berulang kali sehingga tidak ada yang tertinggal.

Ingat jadwal. Pastikan Anda menghafalkan dan mencatat tanggal penting untuk mengikuti beasiswa. Mulai dari waktu mengumpulkan dokumen hingga jadwal selanjutnya.

Baca Juga:  Percakapan Bahasa Jerman Tentang Hobi dan Terjemahannya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *