Search engine adalah mesin pencari internet membantu anda mencari kata kunci yang diinginkan

Posted on

Search engine adalah  – Ada banyak orang yang belum bisa membedakan apa itu search engine dan apa itu web browser. Kelihatannya dalam terjemahan bahasa inggris memiliki arti yang kurang lebih sama bukan? Padahal nyata nyatanya keduanya memiliki hal yang berbeda satu sama lain. Misalnya dalam terjemahan bebas bahasa indonesia search engine adalah mesin pencari yang otomatis akan bertugas mencari. Sementara web browser adalah pencari website. Jadi sebenarnya keduanya merupakan hal yang berbeda.

Pengertian search engine terletak pada kata kuncinya sebagai mesin pencari di internet, jadi berbeda dengan web browser yang membantu orang untuk mengakses website di internet, karena web browser ini berbentuk software misalnya seperti google chrome dan mozilla firefox akan disebut web browser karena membantu akses website di internet, sementara search engine adalah mesin pencari yang berada di internet langsung (tidak memerlukan instalasi software) dan bertugas membantu kita mencari kata kunci yang diinginkan.

Pengertian search engine secara spesifik adalah sebuah mesin pencari di internet yang akan mengindeks kata kunci yang kita ketikkan di halaman pencarian. Fungsi search engine paling sederhana sebenarnya telah ditunjukkan ketika kita mengakses folder di dalam komputer kita, karena mungkin dokumen dan folder kita terlalu banyak lalu kita mencari opsi pencarian dengan mengetikkan di halaman search dengan kata kunci bukan?

Misalnya di dalam folder dokumen anda akan mencari “tugas fisika”, maka tinggal mengetikkan kata kunci tersebut lalu komputer akan mengindeks mana dokumen yang cocok dengan kata kunci yang telah anda ketikkan, dan voila dokumen yang dicari akan ketemu. Nah, itulah cara kerja search engine secara sederhana di dalam komputer. Kemudian search engine serupa diaplikasikan di internet.

Fungsi search engine di internet adalah mengindeks ratusan hingga ribuan website untuk mencari kata kunci yang anda inginkan. Misalnya anda mengetikkan sebuah kata kunci di search engine (mesin pencari) dengan kata kunci “hasil liga inggris tadi malam”, maka mesin pencari akan menelusuri ratusan hingga ribuan website yang berhubungan dengan kata kunci “hasil liga inggris tadi malam”, search engine akan menempatkan urutan 10 hingga 20 website teratas yang paling banyak dikunjungi.

Baca Juga:  Contoh Algoritma Instagram dan Contoh Flowchart Cara Kerjanya

Fungsi search engine sendiri sekarang lebih luas, selain kata kunci yang bersifat umum search engine juga bisa mencari kata kunci yang bersifat spesifik dan bahkan berbentuk dokumen. Misalnya anda sedang mencari “soal-soal ujian nasional tahun 2017”, maka fungsi search engine akan memilih soal soal ujian nasional hanya pada tahun 2017 saja, selain itu fungsi search engine juga bisa dipakai mencari data dengan ekstensi tertentu misalnya anda butuh file pdf, word atau ppt, maka tinggal ketikkan saja “soal-soal ujian nasional tahun 2017: pdf”, maka secara instan mesin pencari hanya akan menampilkan data berbentuk file pdf saja, mudah kan?

Sampai dengan penjelasan ini apakah anda sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan search engine? Selanjutnya jika sudah paham akan memasuki pembahasan contoh-contoh search engine yang sering digunakan oleh masyarakat dunia dan masyarakat indonesia. Search engine pada awalnya dipopulerkan oleh perusahaan-perusahaan raksasa seperti yahoo dan juga microsoft seperti hotmail, beberapa memang berbasis email. Jadi ketika dahulu anda mengakses website yahoo dan microsoft hotmail, maka di tampilan awal akan disajikan halaman muka log in email, berita dan juga search engine.

Pada perkembangan selanjutnya, search engine Amerika seperti Aol.com, ask.com juga bermunculan, bahkan website-website jual beli online seperti ebay.com dan amazon.com juga memasang search engine di website mereka untuk melakukan pencarian barang-barang yang diinginkan oleh pelanggan mereka secara mudah. Ini adalah geneasi awal search engine selain google yang paling banyak digunakan masyarakat internasional saat itu.

Nah, dengan kemunculan google, maka satu per satu mulai tersaingin hal ini karena google sedari awal memfokuskan diri untuk bertarung secara mati-matian untuk merebut pasar search engine dunia, bahkan fungsi search engine yang awalnya hanya digunakan untuk mencari kata kunci umum, oleh google kemudian dimodifikasi dengan secara spesifik dan bahkan menjadi bisnis data yang menggiurkan, kini google bahkan bisa merekam aktivitas pencarian anda dalam kurun waktu setahun terakhir dan menyajikan iklan yang sesuai dengan preferensi pencarian anda.

Baca Juga:  Cara Kerja Web Browser di Internet

Fungsi search engine di tangan google perlahan-lahan berubah dan membuat pasar perebutan search engine semakin sengit. Dahulu para mesin pencari ini akan memenuhi halaman muka websitenya dengan iklan, pemberitahuan, email dan bahkan hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan konteks apa yang dimaksud dengan search engine. Tetapi di tangan google semuanya berubah, anda sudah sering melihat kan tampilan halaman muka google yang bersih? Nah itulah kenapa google hanya berfokus pada mesin pencarian saja, dan baru setelah anda mengetikkan kata kunci google akan berbisnis data.

Walaupun demikian, tidak sepenuhnya google adalah raja mesin pencari yang paling banyak diandalkan masyarakat internasional dan indonesia. Selain karena beberapa orang merasa privasinya terancam dengan bisnis data google, beberapa yang lainnya karena kebijakan politik sebuah negara yang melarang kehadiran google di negaranya, misalnya adalah China. Jika anda merasa bahwa privasi anda terancam dengan search engine seperti google, anda bisa mencoba beberapa search engine selain google yang sering digunakan masyarakat internasional:

Pertama, search engine selain google yang paling banyak digunakan di amerika selain google adalah aol.com. Aol ini termasuk generasi awal mesin pencari yang masih mempunyai daya tarik di masyarakat amerika, cara penggunaannya pun mudah dan bisa diakses di semua negara.

Kedua, search engine selain google yang kedua paling banyak digunakan di amerika adalah ask.com. Ini juga menjadi opsi alternatif ketika google terlalu bermain dengan privasi anda. Apalagi ask.com menyajikan pola pencarian yang berbeda ketimbang dengan google.

Ketiga, search engine selain google yang populer di China karena kebijakan pemerintah China melarang masuknya Google, yaitu Baidu. Tampilan awalnya mungkin banyak aksara-aksara China Mandarin, tetapi anda bia menggunakan fitur bahasa inggris sehingga memudahkan anda untuk menggunakan fungsi search engine Baidu ini.

Baca Juga:  Tiga Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Ponsel Android

Keempat, search engine selain google yang bisa menjadi alternatif selanjutnya adalah DuckDuckGo yang memiliki fitur pencarian berbeda jika dibandingkan dengan google. Hal ini mungkin disebabkan karena logaritma yang digunakan google berbeda dengan logaritma atau algoritma yang digunakan DuckDuckGo.

Keempat search engine selain google di atas bisa anda gunakan ketika anda merasa google tidak lagi aman, ketika google terkena peretasan atau mungkin ada kebijakan pemerintah Indonesia yang memblokir google atau facebook baru baru ini. Fungsi search engine di atas sama dengan google dan bahkan memiliki fitur pencarian yang bisa jadi lebih baik ketimbang mesin pencarian google itu sendiri.

Dengan mengenal empat fungsi search engine di atas, kita akan membebaskan diri dari pengertian search engine atau apa yang dimaksud search engine dari dominasi google. Karena jika berpatokan pada google maka search engine akan lebih berorientasi kepada bisnis data, sementara fungsi search engine awalnya hanyalah mesin pencari yang melakukan indeksasi di internet sesuai dengan kata kunci yang telah kita ketikkan.

Jika anda masih ingin tertarik mencari mesin pencari selain google, sebenarnya ada banyak puluhan mesin pencari selain google yang bisa anda gunakan untuk mencari hasil pencarian yang lebih banyak. Apalagi anda mengetikkan sebuah kata kunci yang sama, baik di google maupun di empat dan bahkan tujuh search engine selain google, maka bisa dijamin anda akan mendapat hasil pencarian yang berbeda dan lebih banyak ketimbang hanya berfokus pada google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *