Sejarah Bahasa Inggris di Dunia Internasional

Posted on

 

Sejarah Bahasa Inggris di Dunia Internasional – Bahasa inggris yang merupakan bahasa pergaulan internasional, merupakan salah satu bahasa yang berkembang pesat di sekitar awal abad 19 hingga awal abad ke 20. perkembangan bahasa inggris ini tidak lepas dari pengaruh bangsa Inggris yang mempunyai peranan penting di dunia internasional. Saat ini bahasa inggris menduduki bahasa nomor dua (setelah bahasa mandarin) yang digunakan dalam bahasa pergaulan internasional di forum resmi persatuan bangsa-bangsa dan organisasi kerjasama tingkat dunia seperti NATO (North Atlantik Treaty organization) atau organisasi pertahanan atlantik utara, menjadi bahasa resmi beberapa negara di dalam koalisi persemakmuran Inggris. Serta menjadi bahasa kedua beberapa negara yang pernah menjadi negara jajahan Inggris seperti India dan Malaysia misalnya.

Sejarah bahasa inggris di dunia internasional dimulai semenjak awal abad 19 dimana Inggris mulai melakukan ekspansi kolonialisme ke beberapa negara di asia dan juga negara afrika. Inggris merupakan salah satu dari beberapa negara eropa yang kerapkali melakukan perdagangan dan penjelajahan ke beberapa benua (seperti asia, afrika dan juga amerika). pada saat mereka berdagang ke asia Inggris membentuk East Indies Company (EIC) yang menjadi tangan perpanjangan ratu Inggris di kawasan koloni perdagangan mereka di asia tenggara dan asia selatan. Pusat East Indies Company (EIC) berada di India dan menjadi batu loncatan dalam menguasai beberapa negara koloni seperti India dan Malaysia.

Jika anda melihat berapa jumlah negara-negara yang tergabung dalam negara persemakmuran (commonwealth inggris), maka anda akan terkejut. Negara-negara persemakmuran Inggris berjumlah lebih dari 30 negara yang merupakan bekas koloni Inggris di berbagai belahan dunia seperti benua australia, afrika, asia hingga amerika. Beberapa negara persemakmuran bahkan masih menganggap Ratu Inggris sebagai kepala negara mereka yang berarti menjadi satu kesatuan tidak terpisahkan. Misalnya Australia yang merupakan negara federal dipimpin perdana menteri dan seorang gubernur jenderal. Nah, gubernur jenderal australia ini ditunjuk oleh Ratu Inggris untuk mewakili dirinya di negara persemakmuran bernama australia.

Baca Juga:  7 Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Kids Zaman Now

Selain itu, ada juga negara negara yang hanya menjadi anggota persemakmuran tanpa meletakkan ratu inggris sebagai kepala negara, karena mereka sendiri berbentuk monarki konstitusional seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Malaysia sendiri berbentuk federal dipimpin perdana menteri dengan raja/sultan yang menjadi kepala negara. Sementara brunei darussalam yang berbentuk monarki konstitusional mempunyai sultan sebagai kepala negara merangkap kepala pemerintahan (perdana menteri).

Nah, penjelasan ini menjadi jawaban sejarah bahasa inggris di dunia internasional, serta menjawab pertanyaan mengapa hingga saat ini bahasa inggris digunakan dalam bahasa pergaulan. Jawaban utamanya faktor sejarah Inggris yang berhasil mendominasi dan menguasai koloni-koloni mereka di masa penjajahan. Indonesia sendiri pernah dijajah Inggris tetapi tidak lama dan kembali lagi dijajah Belanda. Jika sejarah bisa dibalik bahwa Inggris menjajah Indonesia, maka ada kemungkinan bahasa inggris menjadi bahasa nasional resmi di Indonesia.

Contoh kasus ini dapat dilihat di India dan Malaysia sebagai bahan perbandingan sejarah bahasa Inggris di dunia internasional. Di India dan Malaysia, yang merupakan negara bekas jajahan Inggris mempunyai dua bahasa nasional, bahasa nasional pertama adalah bahasa Hindia dan Bahasa Melayu, tetapi mereka juga meletakkan bahasa inggris sebagai bahasa nasional kedua. Itulah sebabnya jika anda pergi ke malayasia maka banyak orang malaysia yang sering mencampur kosakata melayu dengan inggris. Ini menjadi bukti bahasa sejarah bahasa Inggris tidak bisa dipisahkan dari dominasi masa lalu kejayaan Inggris raya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *