Kapita Selekta Sejarah Internet di Indonesia

Posted on

Sejarah Internet di Indonesia –¬†Sejarah Internet di Indonesia gaungnya sendiri telah lama dimulai semenjak tahun 2000-an, dimulai dengan boomingnya pembuatan homepage-homepage (halaaman website dari perusahaan-perusahaan teknogi luar negeri. Misalnya dengan hadirnya perusahaan email Yahoo!, Hotmail dan juga microsoft serta sederet homepage-homepage email lainnya yang turut masuk bergema di Indonesia.

Kala itu, hompage atau halaman muka website hanya diperkenalkan sebagai alamat (pengganti alamat fisik) untuk mereka yang akan mencari sebuah perusahaan, sehingga tanpa harus mendatangi kantor perusahaan, seseorang dapat membaca profil perusahaan di website (hompage) kantor tujuannya.

Selain itu juga, booming penggunaan email di perkantoran juga memacu lajunya sejarah perkembangan internet di negara kita menjadi semakin cepat, misalnya jika sebelumnya hanya membuat hompage, maka juga diserta email (surat elektronik) untuk berkomunikasi.

Pertumbuhan email ini sekaligus menandai era baru sejarah internet di Indonesia dan mulai menggeser popularitas kertas surat, era tahun 2000-an ini ditandai dengan rontoknya bisnis pos surat menyurat dan mulai digantikan email. Surat menyurat soal cinta hingga surat menyurat pekerjaan juga dilakukan melalui email (electronic mail).

Salah satu penanda kejayaan tahun 2000-an ini dalam sejarah internet di Indonesia adalah pemain lama bernama Telkom, masih ingatkah saat itu homepage telkom masih bernama telkom.net dan provider satunya lagi indosat.net. Ketika perusahaan seperti yahoo dan hotmail belum begitu popular, mereka yang mempunyai email hanyalah orang-orang kantoan yang berlangganan provider telkom atau indosat.

Langganan melalui kantor inilah yang membuat orang-orang menggunaan email dengan esktension seperti: yuda@telkom.net atau yuda@indosat.net. Kemudian baru marak masuknya email yahoo, hotmal dan email-email sejenisnya. Sampai kemudian Telkom meluncurkan plasa.com sebagai situs berita, situs email dan situs jual beli untuk menyamai masuknya yahoo dan hotmail (yang sama-sama juga menjadi situs berita, situs email dan situs mesin pencari).

Baca Juga:  Kursus Desain Grafis Serpong Paling Mutakhir

Era sejarah internet di Indonesia kemudian mulai perlahan-lahan cerah setelah ditemukan jaringan internet 3g, dan juga 4g (lte) dan juga pemasangan kabel serat optik serta satelit telekomunikasi Indonesia yang bisa menjangkau seluruh nusantara. Era sejarah perkembangan internet di tanah air ini ditandai dengan melambungnya penggunaan blog dari provider google bernama blogspot, kemudian disusul wordpress dan baru kemudian bermunculan twitter, facebook dan juga jejaring sosial baru baru ini seperti instagram.

Kapita selekta sejarah internet di Indonesia semakin berkembang pesat saat provider-provider internet yang masuk ke Indonesia semakin banyak, tidak hanya dominasi telkom (telkomsel), dan indosat, tetapi juga adanya axis, xl axiata dan juga Three. Kemunculan provider provider ini memicu persaingan penyediaan akses data secara murah dan efektif efisen.

Alasan inilah yang membuat banyak perusahaan telekomunikasi berlomba-lomba membangun infrastruktur internet secara massif, dibuktikan dengan banyaknya pendirian menara-menara seluler. Pembangunan yang begitu massif ini juga didukung penemuan baru hp dengan jenis baru (bernama smartphone) android.

Kemunculan teknologi-teknologi terbaru ini kemudian membawa sejarah internet di indonesia memasuki babak baru, yaitu adanya toko online di berbagai kanal. Yang sebelumnya hanya toko online berbasis blog saja, kini sudah merambah ke toko online di facebook, instagram, twitter dan juga aplikasi pesan singkat seperti whatsapp dan juga line.

Kapita selekta sejarah internet di Indonesia ini akan ditutup dengan semakin massifnya penggunaan internet di Indonesia ditandai dengan kemunculan marketplace seperti olx, bukalapak, tokopedia dan shopee dan aplikasi berbasis internet seperti grab dan juga gojek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *