Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Posted on

Sejarah Komputer  – Manusia hari ini adalah manusia milenial yang tidak bisa dilepaskan dari lahirnya sejarah komputer. Karena dengan lahirnya komputer, sejarah komputer juga mengubah sejarah manusia. Manusia yang hidup dalam zaman primitif konvensional kemudian beralih menjadi manusia modern yang saling terkoneksi satu sama lain tanpa harus bertemu secara fisik.

Secara spesifik, apa itu komputer? Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang merupakan gabungan dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), dimana perangkat keras terdiri atas cpu (sebagai otak), monitor (sebagai penampil data dari otak), sambungan tambahan seperti mouse (tetikus), dan juga jaringan internet.

Namun, jika ditilik secara modern, pengertian apa itu komputer telah berubah luas seiring dengan perkembangan zaman. Komputer sudah bukan lagi dimaknai hanya sebatas gabungan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) tetapi sudah menjadi seperangkat alat elektronik yang mentransmisikan pesan dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Perkembangan ini disebabkan lahirnya intranet, internet dan hub (penghubung) antara jaringan komputer yang mendasari lahirnya internet.

Semenjak ditemukannya internet oleh departemen pertahanan Amerika, maka sejarah komputer mengalami lonjakan, komputer yang awalnya berbadan bongsor, kemudian dimodifikasii diperkecil, termasuk ukuran memori (RAM) dan juga memori data diperkecil. Saat Bill Gates masih bersekolah di Universitas Harvard saja, komputer yang digunakan adalah sebesar lemari baju. Bayangkan betapa berubahnya sejarah komputer hingga hari ini?

Sejarah komputer melonjak maju semenjak internet menyatukan jaringan komputer, mempromosikan intranet (jaringan antar kantor, jaringan ini berbeda dengan jaringan internet), sementara jaringan internet kemudian merubah sejarah komputer menjadi pengubah kehidupan manusia. Karena dengan internet, manusia menggantungkan hidupnya pada komputer.

Pada pertengahan tahun 2000-an, saat komputer masih didominasi komputer tabung dengan badan CPU yang besar, maka hampir bisa dipastikan ratusan kantor menggunakan komputer jenis ini untuk mengetik, mengirim surat elektronik, rapat melalui webcam, dan bahkan bertransaksi elektronik. Kini sejarah komputer berubah, semenjak ditemukan komputer layar datar (yang menginspirasi lahirnya smartphone), komputer menjadi gantungan kehidupan sehari-hari: lahirnya mobile banking, rapat via online, jualan online hingga evolusi sistem operasi dalam komputer.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Laptop Lemot

Berbicara sistem operasi dalam sejarah komputer, maka anda harus mengetahui bagaimana evolusi sistem operasi ini juga mengubah sejarah komputer itu sendiri. Misalnya saat pertama kali komputer beroperasi, sistem operasi yang digunaka masih berbasis BIOS. Pernahkah punya bayangan sistem operasi BIOS seperti apa? BIOS adalah sistem operasi yang diketik menggunakan manual logaritma (bahasa komputer) seperti mengotak-atik HTML/XML blog wordpress kita, nah kira-kira sama seperti itu. Agak ribet ya?

Nah, kemudian sistem operasi ini berkembang sejak munculnya windows, apple (sistem operasi close source/berbayar) dan juga kelahiran linux, ubuntu, knoppix (sistem operasi yang berbasis open source). apa perbedaan keduanya dalam sejarah komputer? Sistem operasi close source dikembangkan perusahaan teknologi secara terbatas dan dijual untuk mendapatkan profit. Sementara sistem operasi open source dijual bebas dan bebas juga untuk dikembangkan.

Dari pengembangan open source inilah kemudian yang menciptakan android dan ikut mengubah sejarah komputer dan juga jenis-jenis komputer. Jika android tidak ditemukan maka jenis-jenis komputer hanya akan berbentuk tabung dengan cpu besar. Komputer mengalami pengecilan (menjadi smartphone), walauapun sebenarnya berbeda, tetapi cara kinerja smartphone adalah benar-benar meniru komputer.

Jadi insinyur-insinyur teknologi memodifikasi smartphone menjadi lebih mirip komputer semenjak ditemukan android. Jika dahulu anda mengetik, menulis email, mendengarkan lagu dan video melalui komputer kan? Nah sekarang semuanya bisa dikerjakan menggunakan smartphone, nah itu yang digunakan perubahan sejarah komputer dari generasi ke generasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *