Sejarah Perkembangan Komputer dari Amerika ke Indonesia

Posted on

Sejarah Perkembangan Komputer –¬†Sejarah perkembangan komputer di dunia modern ini tidak bisa dipisahkan dari sejarah perkembangan komputer yang terjadi di amerika serikat pada dahulu kala di awal tahun 1990-an. Kala itu, sejarah perkembangan komputer di amerika justru tidak lahir dari dunia teknologi informasi, tetapi dari dunia militer.

Sejarah perkembangan komputer di amerika serikat dimulai dengan ditemukannya jaringan internet oleh departemen pertahanan amerika serikat. Saat itu departemen pertahanan berusaha membuat jaringan antar komputer yang bisa terhubung satu sama lain ketika berbagi data dan ketika berkomunikasi satu sama lain antara departemen ke departemen di sebuah gedung-gedung perkantoran.

Saat internet ditemukan, produksi komputer sendiri saat itu masih banyak diproduksi oleh perusahaan IBM, perusahaan komputer yang memproduksi komputer dengan bentuk sebesar lemari dan micokomputer sebesar lemari es. Kala itu sebuah kantor yang memiliki komputer hanyalah kantor kantor yang termasuk golongan kelas menengah ke atas, salah satunya kantor departemen pertahanan amerika.

Penemuan internet dan proses produksi IBM juga mengubah sejarah perkembangan komputer di amerika serikat. Internet membuat komputer menjadi semakin mudah disederhanakan menjadi lebih kecil, dan sistem operasi yang awalnya berbentuk BIOS (masih harus ketik mengetik seperti menggunakna fitur HTML dan XHMTL), berubah menjadi sistem operasi yang kita kenal sekarang seperti windows, apple atau open source.

Sejarah perkembangan komputer memasuki babak baru ketika Microsoft memperkenalkan windows untuk pertama kalinya dan bekerjasama dengan produsen komputer IBM untuk dimasukkan ke dalam komputer-komputer produksi IBM. Sejak saat itu komputer tidak lepas dari image microsoft windows. Itulah mengapa sejarah perkembangan komputer di amerika juga tidak bisa dilepaskan dari kejayaan windows.

Baca Juga:  Lima Langkah Cara Membuat Email

Sejarah perkembangan komputer kemudian memasuki babak baru ketika IBM, perusahaan komputer yang tadi memproduksi komputer komputer tabung model lama kemudian menggantinya dengan model baru yang lebih simple, CPU dengan prosesor terbaru dan dengan dukungan windows terbaru. Kemudian langkah ini ditiru perusahaan-perusahaan besar dengan memproduksi laptop (atau notebook) untuk pertama kalinya.

Sejurus kemudian sejarah komputer di amerika serikat memasuki babak baru dengan lahirnya laptop atau notebook. Perubahan ini juga turut memicu perkembangan komputer di Indonesia yang tidak jauh dari sejarah perkembangan komputer di amerika serikat.

Sejarah perkembangan komputer di Indonesia sendiri bermula dari komputer-komputer IBM yang diimpor ke Indonesia untuk kebutuhan perkantoran. Misalnya kantor-kantor pemerintahan di Jakarta adalah importir utama yang menggunakan komputer generasi pertama yang sebesar lemari dan menggunakan micoprosessor sebesar lemari es.

Selanjutnya baru kantor-kantor di jakarta menggunakan komputer generasi pertama yang berbentuk tabung dan juga cpu terpisah yang terus menerus dipakai hingga hari ini. Selanjutnya sejarah perkembangan komputer bisa ditebak dengan masuknya laptop dan notebook ke dalam jajaran perkembangan teknologi Indonesia.

Selain itu, hal yang tidak bisa dipisahkan dari kelahiran sejarah perkembangan komputer di Indonesia adalah adanya ruang pertumbuhan sistem operasi berbayar milik microsoft yang kita kenal sebagai windows, dan juga sistem operasi tidak berbayar berbasis open source. Mayoritas kala itu hanya kantor-kantor saja yang menggunakan sistem berbayar seperti windows (saat itu jarang sekali orang bisa mendapatkan versi bajakan).

Kebanyakan masyarakat mengembangkan sistem jaringan operasi terbuka bernama open source, salah satunya adalah dengan menggunakan linux, knoppix dan juga turunannya seperti menggunakan open office dan word-word tidak berbayar. Kelebihan dengan adanya open source adalah mudah mengembangkan untuk aplikasi dan mendesain sistem operasi terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *