Sistem Sekolah Perancis dari TK hingga SMA dan SMK

Posted on

Sekolah Perancis – memiliki rencana untuk pindah ke Perancis? Jika Anda memiliki anak pastikan pengetahuan tentang sistem sekolah harus diketahui. Sama juga dengan Anda yang berencana untuk melanjutkan sekolah di Perancis sebagai penerima beasiswa. Anda harus mengenai bagaimana sistem pendidikan yang dijalankan oleh pemerintah Perancis.

Apakah sistem sekolah dan pendidikan di Perancis sama dengan Indonesia? Inilah yang harus dipelajari sejak awal. Mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Sistem yang dijalankan tidak jauh berbeda hanya saja istilah yang digunakan mungkin sedikit membingungkan.

Mari pelajari lebih lanjut bagaimana sistem sekolah Perancis yang terstruktur. Ada dua jenis sekolah yang tersedia yaitu pemerintah dan swasta. Siapa saja bisa masuk ke dalam sekolah tersebut asalkan lulus dari ujian masuk.

Selanjutnya adalah struktur sekolah yang harus diikuti oleh seorang anak. Ada 5 tingkatan sekolah yang harus diikuti secara berurutan sebagai wajib belajar. Berikut ini penjelasannya.

Ecole Maternelle dan creches

Ecole Maternelle adalah TK yang diikuti oleh anak usia 2 hingga 6 tahun. Pada tingkatan ini pelajaran yang diberikan lebih dari sekadar taman bermain. Kurikulumnya mencakup membaca dan menulis, berhitung dan kadang-kadang bahasa asing. kegiatan artistik juga diajarkan untuk bisa lebih kreatif.

Selain Ecole Maternelle terdapat pula crèch yang diselenggarakan oleh swasta. Tempat ini merupakan pusat penitipan anak untuk bayi umur 2 bulan hingga 3 tahun.

Ecole primaire/ Ecole élémentaire

Merupakan sekolah dasar dari lima kelas yaitu untuk usia 6 hingga 11 tahun. Kurikulum yang diajarkan sama dengan negara lain yaitu mengenal huruf, berhitung, bahasa Prancis, aritmatika, geografi, sejarah , seni dan bahasa asing.

Sekolah ini dijalani setiap Senin hingga Sabtu. Namun pada tahun 2008 anak-anak sudah tidak lagi belajar di kelas Sabtu pagi. Lima kelas dalam Ecole Primaire adalah CP (Cours préparatoire), CE1, CE2, CM1, dan CM2.
Collège

Baca Juga:  Tips Belajar Bahasa Perancis Untuk Pemula

Bukan perguruan tinggi melainkan sekolah menengah pertama yang diikuti anak berusia 11 hingga 15 tahun. Sekolah Perancis ini dirancang untuk memberikan pendidikan menangah yang mendasar. Anak-anak juga akan dikenalkan pada tingkat spesialisasi.

Program di tingkat sekolah ini adalah matematika, sejarah, geografi, pendidikan teknis, seni / musik, pendidikan jasmani, pendidikan kewarganegaraan, beberapa sains, dan setidaknya satu bahasa asing.

Lycée

Sama dengan sekolah menengah atas ditempuh selama tiga tahun. Ada dua jenis dalam tingkatan ini yaitu lycée général/ lycée classique, dan teknik lycée. Fungsi dari sekolah ini adalah mempersiapkan anak untuk bisa mengikuti ujian baccalauréat atau ujian kesetaraan level A.

Kurikulum yang diajarkan sama dengan tingkat collège hanya saja ada penambahan filsafat di tahun terakhir. Tiga kelas yaitu 10 hingga 12 dikenal sebagai seconde, première dan terminale

Lycée professionnel

Sama dengan sekolah menengah kejuruan jika di Indonesia. Sekolah ini memperkenalkan silabus tentang non akademis bagi kaum muda yang ingin segera bekerja dalam pekerjaan manual dan klerikal. Murid akan bekerja untuk mendapatkan baccalauréat professionnel dimana mereka akan mengambil kelas mata pelajaran utama juga.

Beberapa jenis lycée professionnel yang didirikan adalah lycée du bâtiment yang mempelajari tentang perdagangan bangunan. para siswa dengan spesialisasi perdagangan sektor bangunan dan konstruksi.

Ada pula lycées agricoles yang merupakan sekolah pertanian dan lycées horticolas yang mempelajari tentang pendidikan teknis hortikultura. Sekolah-sekolah ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan petani dan tukang kebun di masa depan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *