sertifikat toefl

Kegunaan Seertifikat TOEFL Untuk Studi Luar dan Dalam Negeri

Posted on

Sertifikat TOEFL– Jika anda sedang merencanakan mengikuti test TOEFL. Anda mesti mengidentifikasikan kebutuhan anda terlebih dahulu. Mengapa perlu identifikasi? Karena agar anda tidak salah test, jenis TOEFL dan juga rencana penggunaannya.

sertifikat toefl

Nah, Jenis test TOEFL sendiri yang berada di lisensi ETS Amerika. Terdiri atas dua jenis, jenis pertama adalah TOEFL Internet based test yang menggunakan komputer sebagai sarana ujiannya. Sementara TOEFL Paper based test atau biasa disebut ITP (institusional testing program) menggunakan kertas sebagai media ujiannya.

Baca Juga:  Apa Itu TOEFL ITP? Dan Ada Berapakah Jenis Soal-Soalnya?

Kedua jenis tes ini berbeda secara biaya, materi yang diujikan dan juga keperluan anda kedepannya. Termasuk jenis sertifikat TOEFL yang anda dapatkan juga berbeda.

Kenapa bisa berbeda? Karena jenis paper based test dulunya diterbitkan untuk negara-negara berkembang yang belum memiliki akses internet kecepatan tinggi. Begitu era internet telah memasuki negara-negara berkembang. Maka secara cepat lembaga pendidika mengadopsi tes berbasis internet untuk ujian TOEFL.

Nah, jenis TOEFL Pertama bernama paper based test atau Institusional Testing Program mengujikan tiga bagian. Yaitu uji mendengarkan (listening), pemahaman struktur dan tata bahasa (grammar) dan terakhir adalah membaca artikel (reading). jenis tes ini berbiaya 500 ribuan.

Sertifikat TOEFL yang anda dapatkan bewarna putih seukuran A4 dengan keterangan skor dan tanda tangan cap stempel manager wilayah ETS. Akan tetapi sayangnya, hanya mereka yang mendapat skor 450 ke atas yang berhak mendapat sertifikat. Sisanya, 450 ke bawah hanya mendapat lembaran keterangan skor bewarna pink seukuran separuh kertas A5.

Jenis TOEFL ITP dan PBT memiliki sertifikat TOEFL dengan masa durasi dua tahun. Nah, sertifikat TOEFL PBT dan ITP ini penggunaannya terbatas. Biasanya hanya bisa digunakan di Indonesia, beberapa negara Asia tenggara seperti Brunai Darussalam, Malaysia, Kamboja, Thailand dan beberapa universitas di Singapura.

Singapura sendiri meniru negara-negara Eropa, Amerika dan Australia yang lebih memprioritaskan TOEFL Internet based test dan IELTS. Jadi, jika kebutuhan anda ke luar negeri terlebih ke eropa. Anda lebih baik mengambil jenis TOEFL Internet based test.

Jenis TOEFL Internet based test sendiri biaya test nya lebih mahal. Sekitar 2 sampai 3 juta rupiah. Nah, tes ini menguji empat kemampuan. Mendengarkan (listening), berbicara (speaking), menulis (writing) dan tentu saja membaca (reading).

Nah, menariknya dalam test ini uji structure dan grammar dihilangkan karena sudah masuk ke dalam writing dan speaking. Tentunya ketika anda menulis dan berbicara harus paham soal tata bahasa inggris bukan?

Baca Juga:  Pentingnya Mengikuti Tes Toefl Jakarta dan Tips Menghadapinya

Sertifikat TOEFL yang dikeluarkan TOEFL Internet based toefl sendiri masa berlakunya juga dua tahun. Sertifikatnya sama berbentuk kertas A4 tetapi dengan tulisan yang lebih detail soal kemampuan bahasa Inggris anda.

sertifikat toefl

Sertifikat TOEFL IBT juga ditandatangani direktur atau manager ETS. Nah, jenis sertifikat TOEFL Ibt ini berlaku untuk ke negara-negara eropa, australia dan Amerika.

Baca Juga:  Apa Itu TOEFL Preparation Jakarta? Berikut 4 Jenis Soalnya

Bagi anda yang ingin mencari lokasi test TOEFL terdekat, atau biaya test terkini. Anda bisa mengunjungi Westwoodprep. Anda bisa mengunjungi website resminya dahulu di Westwoodprepdisana anda bisa mengulik informasi mengenai TOEFL ITP dan IBT. Serta bisa bertanya-tanya mengenai studi ke luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *