Singkatan SAT Adalah Scholastic Aptitude Test, Ini Tesnya

Posted on

Singkatan SAT – Mungkin masih banyak dari Kita yang belum mengetahui singkatan SAT padahal tidak ada salahnya Kita mengetahui singkatan SAT dan apa sajakah manfaatnya, lalu seperti apakah tesnya? Jika Anda penasaran maka berikut di bawah ini penjelasannya.

Sebelum membahas singkatan SAT, sebenarnya semua orang hatus memiliki jenjang pendidikan yang berkualitas guna untuk meningkatkan kesejahteraan hidup dan jarang siswa dan siswi dari Indonesia memiliki impian untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang perguruan tinggi di luar negeri.

Baca Juga:  Ujian SAT Test Adalah Terbagi Menjadi 2 Tipe, Apa Sajakah Itu?

Dan salah satu negara incaran para pelajar Indonesia yaitu Negeri Paman Sam atau Amerika Serikat atau negara eropa lainnya, dan tentunya hal tersebut sangat wajar karena Amerika sendiri memiliki beberapa perguruan tinggi ternama dengan kualitas paling baik di dunia

Namun untuk bisa mendapatkan kesempatan tersebut tentunya para pelajar harus benar-benar mempersiapkan diri dalam berbagai aspek terutama dalam kelancaran berbahasa Inggris.

Pentingnya Bahasa Inggris Untuk Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja

Seperti yang kita ketahui bahwa Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa internasional yang dipergunakan oleh semua negara, sehingga bahasa Inggris sangat penting untuk dunia pendidikan dan dunia kerja.

Karena bahasa Inggris sering digunakan baik pada situasi formal seperti kongres internasional maupun situasi informal misalnya ketika kita sedang bekerja yang menghatuskan Kita berkomunikasi dengan warga negara asing.

Begitu Pula halnya dengan melanjutkan pendidikan ke Negeri Paman Sam, sebab seluruh siswa diwajibkan untuk melalui sebuah tes yang dinamakan dengan SAT untuk dapat diterima pada perguruan tinggi di negara tersebut.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai tes SAT itu sendiri dan beberapa persiapan inti yang harus dilakukan sebelum menjalani tes.

Singkatan SAT Adalah Scholastic Aptitude Test, Seperti Apa Tesnya?

Menurut situs wikipedia singkatan SAT adalah scholastic Aptitude Test atau Scholastic Assessment Test) adalah sebuah tes standar untuk penerimaan mahasiswa atau mahasiswi baru di perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Dan penting untuk anda ketahui bahwa SAT dimiliki, diterbitkan, dan dikembangkan oleh Dewan Sekolah Tinggi, sebuah organisasi nirlaba di Amerika Serikat.

Selain itu hal pertama yang harus anda ketahui mengenai tes ini merupakan salah satu tes wajib yang harus dilalui sebelum masuk ke perguruan tinggi di Amerika atau di beberapa universitas ternama dunia.

Contohnya saja adalah seperti Harvard University, Cambridge University, dan Oxford University. Soal tes SAT sendiri merupakan gabungan dari dua mata pelajaran yang esensial yakni, lalu seperti apakah tes SAT?

Baca Juga:  Ujian Persiapan SAT Test Indonesia Wajib Anda Ikuti

Bahasa Inggris dan Matematika Dasar. Pada umumnya tes SAT yang berlaku saat ini terdiri dari lima komponen dasar yakni Evidence-based Reading and Writing, Reading Test, Writing and Language Test, Mathematics, dan Essay.

Salah satu kunci kesuksesan untuk dapat mengerjakan tes SAT dengan baik adalah pemahaman anda akan konsep dasar matematika dan juga penguasaan kosa kata Bahasa Inggris yang anda miliki.

Perlu anda ketahui bahwa skor total tes SAT adalah 2400 poin, dimana pada umumnya untuk dapat diterima pada perguruan tinggi terbaik dunia setidaknya anda harus memiliki skor sebanyak 2000 poin.

Oleh karena itu tentunya untuk dapat mengerjakan tes SAT dengan baik anda perlu melakukan beberapa persiapan penting dan biasanya waktu persiapan yang dibutuhkan rata-rata mulai dari dua bulan hingga enam bulan tergantung seberapa baik anda menguasai materi-materi dasar yang diberikan.

Tips Cerdas Saat Hendak Mengamil Tes SAT

Tips cerdas yang pertama yang wajib anda ambil ketika hendak mengambil tes SAT ini adalah mengikuti sebuah kursus baik kursus di lembaga-lembaga bahasa asing salah satunya adalah di English Bridge.

Karena, dengan mengikuti sebuah kursus yang berfokus pada pembahasan tes SAT yang didukung dengan guru Native maka pengetahuan anda mengenai model soal pada tes ini juga akan semakin bertambah.

Baca Juga:  Tempat Kursus SAT di Jakarta dan 6 Tips Menghadapinya

Selain itu anda akan memiliki konsep pembelajar yang lebih tertata agar anda bisa dengan cepat dan tepat memahami setiap komponen tes yang ada.

Sehingga, jika anda membutuhkan kursus SAT di Jakarta maka anda bisa menghubungi Kami di English Bridge yang merupakan salah satu premium provider of test preparation dengan mengklik tombol baner di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *