Ringkasan Singkat Sistem Pemerintah Jerman

Posted on

Sistem Pemerintah Jerman – Jerman adalah negara dengan republik demokratik yang terdiri dari 16 negara bagian (Länder atau Laender). Kekuasaan didistribusikan oleh pemerintah federal dan negara bagian.

Pada tingkat federal, konstitusi Jerman membagi kekuasaan antara cabang eksekutif, cabang legislatif dan cabang yudisial. Cabang eksekutif adalah bagian yang paling kuat dan dipimpin oleh kanselir federal yang merupakan kepala negara. Kanselir juga akan mengendalikan pemerintah federal serta menunjuk menteri federal.

Kanselir yang menjabat di Jerman saat ini adalah Angela Merkel. Ia merupakan bagian dari Parlemen dan memiliki mandat. Kanselir disebut sebagai Bundeskanzler yang akan dipilih oleh anggota parlemen dan bukan warga negara.

Bundsetag yang merupakan cabangd ari legislatif memiliki fungsi untuk mengendalikan Bundeskanzler yang akan menetapkan prinsip dasar kebijakan Jerman. Parlemen dapat memberhentikan kanselir secara berbeda.

Kanselir tidak hanya bagian dari parlemen namun juga kepala pemerintahan yang bukan kepala negara. Maka kanselir akan memilih menteri yang berbeda selama masa pemerintahannya. Jerman memiliki sistem multi partai yaitu kanselir harus mengikuti hasil dan rasio pemilihan saat menunjuk menteri.

Biasanya koalisi dua partai dan lebih harus dibuat untuk membentuk pemerintahan yang berfungsi. Jika tidak pemerintah tidak dapat memiliki mayoritas parlemen untuk memerintah negara dengan benar.

Selain kanselir, negara Jerman juga memiliki presiden yang memiliki kapasitas dalam upacara. Presiden hanya berfungsi sebagai representatif dan tidak terlalu memiliki banyak kekuatan. Alasan mengapa presiden hanya bertindak sebagai representatif adalah karena trauma seseorang yang memimpin dan terlalu memiliki kekuatan yang tinggi yaitu Hitler.

Maka sistem pemerintah Jerman dibentuk sedemikian rupa untuk mencegah adanya satu orang yang mendapatkan terlalu banyak pengaruh. Badan tertinggi kedua yang ada di cabang legislatif adalah Bundestag dan Bundesrat. Jerman tidak hanya federal namun juga republik.

Baca Juga:  Kenali Iklim di Jerman untuk Waktu Berlibur yang Tepat

Anggota Bundestag yang berjumlah 630 orang akan memberikan suara. Namun karena adanya sistem federal maka terdapat bagian lain dari legislatif yaitu Bundesrat. Bundesrat memiliki pengaruh dalam perubahan RUU.

Pada cabang yudisial, Jerman memilih pengadilan federal untuk menjalankannya. Ada dua pengadilan yang dipilih yaitu pengadilan Länder, dan Bundesverfassungsgericht (BverfG). Länder (pengadilan negara) adalah pengadilan yang memimpin banding di negara bagian awal.

Sedangkan BverfG terbagi menjadi dua panel dengan delapan hakim. Panel pertama untuk mengurus masalah kasus berkaitan dengan hak asasi manusia dan panel kedua untuk menyelesaikan masalah konstitusi.

Pengadilan federal merupakan pengadilan banding dan berada di kepala lima hierarki hukum yaitu sebagai berikut:

Bundesgerichtshof (Pengadilan Federal)
Bundesverwaltungsgericht (Pengadilan Administratif Federal)
Bundes Arbeitsgericht (Pengadilan Buruh Federal)
Bundes Sosial Gericht (Pengadilan Sosial Federal
Bundesfinanzhof ( Pengadilan Pajak Federal)

Inilah sekilas mengenai sistem pemerintahan Jerman yang hingga saat ini masih berlaku. Jika ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang negara Jerman, kunjungi virtueducation.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *