Mengenal Sistem Pendidikan di Jerman Terbaru

Posted on

Sistem Pendidikan di Jerman – Sistem pendidikan di Jerman jika dilihat dari beberapa hal berbeda dari negara lainnya. Namun sistem itulah yang akhirnya menghasilkan siswa berprestasi. Mayoritas siswa di Jerman bersekolah di sekolah umum atau negeri.

Sistem yang diberlakukan termasuk universitas menggunakan bahasa Jerman. Beberapa sekolah swasta juga menjadi pilihan. Anak yang berusia tiga hingga enam tahun akan bersekolah di TK. Setelah itu mereka wajib mengikuti pendidikan sembilan atau sepuluh tahun.

Memulai dari kelas 1 hingga 4 di sekolah dasar (Grundschule) dengan mata pelajaran yang saa. Setelah kelas 4 akan dibedakan sesuai kemampuan akademik masing-masing dan keinginan keluarga.

Ada tiga jenis sekolah yang bisa diikuti yaitu Hauptschule untuk mencapai kelas 5-9, Realschule untuk mencapai kelas 5-10 dan Gymnasium untuk mencapai hingga kelas hingga diploma.

belajar bahasa jerman dasar

Masing-masing jenis kelas tersebut akan diikuti sesuai kemampuan anak. Tentu saja berhasil masuk ke kelas Gymnasium akan sangat menguntungkan artinya anak sudah siap masuk ke perguruan tinggi.

Pendidikan di Jerman Tingkat Perguruan Tinggi

Negara Jerman sangat terkenal dengan pendidikan di perguruan tinggi. Institusi pendidikan tinggi Jerman telah terakreditasi secara internasional. Menurut Academic Ranking of World Universities (ARWU) 6 universitas dari 100 university teratas terbaik berasal dari Jerman.

Jika berhasil belajar di Jerman artinya Anda akan mendapatkan universitas yang tertua, terbaru dan inovatif yang memiliki sistem pengajaran berbeda. Ada banyak jenis perguruan tinggi di Jerman yang bisa dipilih sesuai sistemnya.

Berikut ini sistem pendidikan di Jerman untuk tingkatan perguruan tinggi.

Universitas negeri dan swasta

Di Jerman ada 400 universitas negeri dengan 95% mahasiswa. Universitas negeri ini mendapat kan dana dari pemerintah sehingga mahasiswa tidak perlu membayar biaya kuliah. Biaya yang diperlukan untuk masuk kesini adalah administrasi setiap semesternya.

Baca Juga:  Kekurangan Dan Kelebihan Mengikuti Les Bahasa Jerman

Sedangkan untuk universitas swasta di jerman terdapat sekitar 120 kampus. Universitas swasta tidak menerima dana dari pemerintah sehingga mahasiswa harus membayar biaya pendidikan secara mandiri.

Sistem Bologna

Setiap university di Jerman saat ini menggunakan sistem terbaru yaitu ‘The Bologna system’. Dahulu sistem yang digunakan adalah one-tier long program yang artinya untuk bisa lulus dari perguruan tinggi dibutuhkan waktu yang sangat lama.

Saat ini sistem bologna yang diterapkan mengacu pada seluruh sistem pendidikan di Area Pendidikan Tinggi Eropa yaitu tiga system. Di Perguruan tinggi Anda bisa mengambil gelar Sarjana atau Pascasarjana yang menghasilkan Magister atau PhD.

Sistem ini dipilih untuk menyetarakan dengan universitas yang ada di negara lain. Sehingga memudahkan mahasiswa internasional untuk bisa melanjutkan pendidikan di Jerman sesuai dengan jurusannya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi mengenai sistem pendidikan di Jerman secara lengkap dapat mengunjungi virtueducation.org. Bahkan kesempatan kuliah di Jerman gratis terbuka lebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *