Mengenal Sistem Pendidikan di Prancis

Posted on

Sistem Pendidikan di Prancis –¬†Sebagai negara maju, Prancis memiliki sistem pendidikan yang tidak jauh beda dengan negara-negara maju eropa lainnya. Seperti Jerman, Belanda dan Inggris. Sistem pendidikan prancis didesain dari jenjang sekolah dasar, menengah hingga pendidikan tinggi seperti universitas. Pembedaan jenjang ini untuk memberikan kemampuan peserta didik tahap pembelajaran. Tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, karena sistem pendidikan di Indonesia kebanyakan mengadopsi dari kurikulum pendidikan di luar negeri.

Pembandingan sistem pendidikan di prancis dengan sistem pendidikan di Indonsia bisa menjadi jalan baik mengenal keunggulan sistem pendidikan di negara maju. Jika di Indonesia, pemerintah pusat hanya berkepentingan mengelola pendidikan tinggi saja melalui kemenristekdikti. Sementara urusan pendidikan nasional dipegang kemendiknas.

Pada beberapa sektor pengurusan jenjang sekolah menengah ke bawah mulai perlahan-lahan dikembalikan ke pemerintah daerah (pemprov dan pemkab/pemkot). sehingga secara otomatis beban jenjang sekolah menengah ke bawah bukan lagi dikelola pemerintah pusat, melainkan menjadi kewenangan pemerintah daerah. Sistem seperti ini disebut dengan sistem desentralisasi pendidikan

tempat les bahasa perancis di jakarta

Lalu bagaimana dengan perbandingan sistem pendidikan di prancis? Prancis sendiri menerapkan jenjang wajib belajar 16 tahun. Karena pemerintah prancis menetapkan sistem sekolah gratis bagi warga negara prancis di sekolah-sekolah negeri dan juga universitas negeri. Pemberian biaya gratis ini karena pemerintah prancis menerapkan aturan sistem pendidikan yang terpusat (sentralisasi). sehingga segala aturan dan sistem pendidikan yang diatur dari jenjang sekolah dasar hingga menengah dan atas bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Sistem pendidikan prancis tidak dimulai dari jejang taman kanak-kanak. Tetapi usia sekolah sejak dari pendidikan anak usia sekolah dini. Dari jenjang anak usia dini ini, tempat penitipan atau sekolah di prancis menerapkan sistem full day school. Sesuatu yang baru dan menggejala di Indonesia bukan?. sistem full day school di Prancis ini tidak disebut full day school. Tetapi sekolah biasa yang mengajarkan pendidikan dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Keseluruhan tidak hanya diisi materi pelajaran saja. Tetapi disertai makan pagi dan makan siang. Serta acara tidur siang.

Baca Juga:  Alasan Kenapa Anda Harus Memilih Kuliah Di Perancis

Panjangnya full day school di Prancis karena banyak orang tua pekerja di Prancis. Sehingga pemerintah prancis menerapkan sistem ini agar berjalan linier dengan jam kerja orang tua. Para orang tua mengantar anak ketika akan berangkat bekerja. Kemudian menjemput mereka ketika akan pulang kerja jam 16 sore. Sistem ini juga didukung gaji guru di negara maju seperti Prancis jauh berkali-kali lipat di bandingkan di Indonesia.

Tingginya gaji guru serta penerapan sekolah yang mirip full day school ini adalah bagian dari kontrol kualitas pemerintah prancis terhadap sistem pendidikan di negaranya. Apalagi dalam beberapa tingkatan, peserta didik yang akan melanjutkan ke sekolah selanjutnya juga dikontrol dengan sistem tes. Tidak jauh berbeda dengan sistem tes di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *