Kenali Syarat syarat bekerja di jerman, jangan sampai terkena deportasi!

Posted on

syarat bekerja di jerman –¬†Walaupun berita mengenai deportasi pekerja ilegal di negara Jerman jarang kita dengar, tetapi satu hal yang mesti anda perhatikan adalah bahwa bekerja di jerman harus memenuhi syarat syarat yang diatur oleh kementerian tenaga kerja jerman. Jerman termasuk negara eropa barat yang ketat dalam soal syarat syarat bekerja di jerman, tetapi juga sangat memudahkan bagi warga asing (imigran) yang ingin bekerja di jerman.

Kemudahan-kemudahan untuk bekerja di jerman tidak lepas dari asas demokrasi liberal yang dianut jerman, dimana setiap orang punya hak untuk mengembangkan kemampuannya masing-masing selama mengikuti aturan aturan yang diterapkan oleh pemerintah. Itulah mengapa yang menjadi alasan berita deportasi dari jerman ke Indonesia jarang kita dengar, karena syarat syarat untuk bekerja di jerman sangat mudah.

Bandingkan dengan berita deportasi pekerja ilegal dari negara seperti malaysia dan arab saudi terhadap tenaga kerja Indonesia? Maka tentu kita akan sering mendengarnya bukan? Nah ini adalah sebuah contoh perbandingan yang mesti anda perhatikan dengan lebih teliti. Kemudahan-kemudahan syarat bekerja di jerman bisa kita penuhi jauh sebelum berangkat ke jerman yang nantinya akan mempermudah cara kita bekerja di jerman untuk jangka waktu yang lama.

Bekerja di jerman dapat diawali dengan hal yang paling mudah adalah dengan bergabung dengan program ausbildung atau program pemagangan dunia kerja industri. Ini adalah syarat bekerja di jerman paling mudah dari jalur industri, ketimbang bekerja di jerman dari jalur-jalur lain. Selain itu syarat bekerja di jerman melalui ausbildung juga tidaklah terlalu rumit.

Bekerja di jerman melalui ausbildung langkah-langkah mudahnya seperti ini:

  • Pertama, anda hanya mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar program ausbildung atau pemagangan di industri jerman. Biasanya syarat administratifnya adalah ijazah terakhir, bisa sma atau sarjana, serta syarat wajibnya adalah kemampuan berbahasa jerman yang ditunjukkan dengan sertifikat bahasa jerman.
  • Kedua, mendaftar program ausbildung melalui konsultan pendidikan yang ada di Indonesia atau melalui kedutaabn besar Jerman di Indonesia. Biasanya konsultan pendidikan jauh lebih berpengalaman, mengingat urusan kedutaan besar biasanya jauh lebih banyak jadi mereka akan lebih fokus pada urusan diplomatik ketimbang urusan ketenagakerjaan.
  • Ketiga, rancangan pekerjaan ausbildung selama di jerman yang perlu anda ketahui. Bahwa bekerja magang di ausbildung terdapat dua sektor yang bisa anda pilih, yang pertama adalah sektor industri seperti perusahaan dan industri alat berat. Sementara sektor kedua adalah industri jasa dan pelayanan seperti panti jompo, pelayanan sosial dan lain-lain.
  • Keempat, program ausbildung mengenal dua sistem pemagangan. Sistem pertama adalah anda belajar teori dan praktek di sebuah industri di jerman dengan porsi teori lebih sedikit dan praktek lebih banyak, dengan tentunya di bawah supervisor para senior di industri yang anda pilih. Kabar baiknya adalah sistem yang pertama ini anda akan mendapat gaji/tunjangan walaupun tidak terlalu besar. Sistem kedua adalah anda akan belajar banyak teori lebih besar dan praktek lebih sedikit, mirip seperti sistem kuliah, dan kebanyakan berada di industri jasa dan pelayanan. Kabar tidak baiknya adalah anda harus membayar terlebih dahulu untuk mengikuti sistem ausbildung yang kedua ini.
  • Kelima, pada tahap selanjutnya setelah anda selesai program pemagangan sebagai syarat bekerja di jerman. Anda akan mendapat semacam rapot atau penilaian dari atasan anda, dan juga dari kantor ausbildung di negara bagian yang anda. Hasil penilaian inilah yang menjadi syarat bekerja di jerman untuk mengajukan visa kerja.
  • Keenam, anda bisa melamar bekerja di perusahaan lain dengan modal hasil magang dari ausbildung tadi dan kemudian mengajukan visa kerja di kantor ketenagakerjaan jerman dan memulai untuk berhitung dengan gaji kerja di jerman, kira kira berapa ya?
Baca Juga:  Raih Masa Depan Cerah Dengan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

Gaji kerja di jerman untuk standar ekspatriat (orang asing) pada tahap standar berada di kisaran angka 40 juta hingga 50 juta per bulan (sekitar 3.610 euro), ini adalah pendapatan gaji kerja di jerman secara kotor, karena nantinya akan terkena potongan pajak dari pemerintah jerman sebesar 40% jadi hanya akan mendapat gaji kerja di jerman bersih sebesar 39 juta.

Kira-kira gaji kerja di jerman sebesar 39 juta jika dibandingkan dengan gaji kerja di Indonesia apakah sama? Sejatinya sama saja. Karena ternyata biaya hidup di jerman dan Indonesia kurang lebih sama. Pada beberapa kondisi jerman sangat sosialis dibanding Indonesia, jerman menerapkan banyak potongan pajak untuk memberikan subsidi kesehatan, pendidikan, anak anak dan bahkan orang miskin.

Selain itu, biaya hidup di jerman untuk orang dengan gaji kerja di jerman sekitar 39 juta amat sangat cukup. Biaya hidup di jerman tidak jauh beda dengan di Indonesia, dan apabila pendapatan bekerja di jerman anda kurang dari 30 juta, maka pemerintah jerman akan memberikan subsidi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *