Image: Nusabali

2 Syarat Pendaftaran CPNS yang Harus Dipersiapkan Sejak Dini

Posted on

Syarat Pendaftaran CPNS – Hampir setiap tahun pemerintah membuka penerimaan negeri sipil atau yang sering dikenal dengan tes CPNS. Pada saat inilah pemerintah membutuhkan tenaga kerja baru di berbagai Kementerian dan Pemerintah Daerah. Setelah pembukaan CPNS, akan banyak masyarakat Indonesia dari berbagai daerah untuk mengikutinya.

Mengingat banyak sekali alasan untuk menjadi PNS seperti gaji dan tunjangan yang lumayan dimana karir masa depan pun sudah jelas. Maka tidak heran berbondong-bondong orang dari segala daerah untuk mengikuti tes dan berharap bisa menempati posisi yang diinginkan.

Banyak prosedur yang harus dilakukan untuk bisa mendaftar, salah satunya adalah memenuhi syarat pendaftaran CPNS. Ada begitu banyak syarat yang harus dipenuhi dalam waktu singkat. Karena ada begitu banyak orang yang ingin mendaftar, maka pemerintah pun kini menyelenggarakan sistem seleksi secara online di awal.

Para peserta tes harus melengkapi semua persyaratan berupa berkas yang akan menjadi seleksi administrasi di awal melalui sscn.bkn.go.id. Kemudian jika berhasil lolos akan lanjut ke tes Seleksi Kompetensi dasar (SKD) kemudian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Apabila berhasil dari semua tes tersebut, maka peserta akan dinyatakan lolos.

Syarat Pendaftaran CPNS baik Umum dan Khusus

syarat pendaftaran cpn
Image: Infopublik.id

Untuk mengawali semua proses pendaftaran, terlebih dahulu peserta harus memenuhi syarat CPNS baik umum maupun khusus. Syarat khusus tergantung dengan formasi yang dipilih. Apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut ini syarat-syaratnya.

1. Persyaratan Umum Peserta CPNS

Syarat pertama ini bukan dalam bentuk dokumen tetapi syarat umum untuk menentukan apakah kamu layak mendaftar dan mengikuti proses seleksi. Adapun persyaratan CPNS secara umum adalah sebagai berikut :

– Merupakan warga negara Indonesia

– Memiliki kelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan sesuai dengan putusan pengadilan.

– Tidak pernah diberhentikan dari PNS, TNI atau Polri, BUMN dan BUMD atau pegawai swasta dengan tidak hormat.

– Tidak memiliki status sebagai CPNS atau PNS

– Bersedia ditempatkan dimana saja dalam wilayah NKRI atau negara lain sesuai dengan kebutuhan.

– Bebas narkoba dan psikotropika dan zat adiktif lainnya.

– Tidak memiliki tato dan tindik baik pelamar pria dan wanita.

2. Persyaratan Khusus Peserta CPNS

syarat cpns
Image: info-pns1.blogspot.com

Persyaratan khusus adalah syarat yang harus dilengkapi dan bisa dibuktikan dalam dokumen. Berikut ini syarat pendaftaran CPNS secara khusus yang harus dipenuhi.

A. Persyaratan Usia

Usia menjadi syarat khusus pertama yang akan dibuktikan melalui KTP. Syarat usia ini sesuai dengan tingkat pendidikan yang diampu. Bagi lulusan SMK dan D3 usia yang dibutuhkan adalah 18-30 tahun. Sedangkan lulusan S1 dan S2 adalah 18-35 tahun. Bagi penyandang disabilitas umur yang ditentukan adalah 18-35 tahun.

B. Persyaratan Nilai

Nilai dibutuhkan sesuai dengan tingkat pendidikan akan dibuktikan melalui transkrip nilai. Bagi lulusan D3 dan S1 nilai yang dibutuhkan adalah IPK minimal 2.75. Sedangkan lulusan S2 minimal IPK adalah 3.50. Bagi lulusan SMK nilai dalam transkrip minimal adalah 7.

C. Lulusan Cumloude

Bagi peserta yang merupakan lulusan terbaik atau cumloude dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A juga program studi terakreditasi A, maka harus membuktikannya dengan surat keterangan lulus dengan pujian atau Comloude.

D. Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri

Bagi peserta yang lulus dari institusi di luar negeri, maka harus menyerahkan dokumen penyetaraan ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri. Dokumen ini dikeluarkan oleh Kementerian Riset, teknologi dan Pendidikan Tinggi. Ditambah dengan dokumen yang berisi konversi IPK ke dalam skala 4 seperti yang diterapkan di Indonesia.

E. Kemampuan Berbahasa Inggris

Peserta harus membuktikan kemampuan bahasa Inggris dengan dokumen tes TOEFL dalam dua tahun terakhir. Nilai minimal yang dimiliki adalah 450 untuk tes TOEFL ITP, 133 untuk TOEFL CBT, 45 untuk TOEFL iBT, 405 untuk TOEIC dan 5.5 untuk IELTS).

Baca Juga:  Kursus TOEFL Jakarta yang Sesuai Dengan Pilihanmu

Kelima syarat daftar CPNS secara khusus ini diberlakukan untuk semua instansi pemerintah, namun masih ada syarat khusus lainnya sesuai dengan formasi yang dibuka. Misalnya saja untuk formasi jabatan guru, maka perlu menyertakan juga sertifikasi pendidikan yang dikeluarkan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedangkan untuk pelamar bidang harus menyertakan dokumen Surat Tanda Registrasi (STN) yang masih berlaku. Setiap persyaratan khusus ini bisa diakses dengan mudah melalui situs dari masing-masing Kementerian.

Tips Supaya Berhasil Mendaftar CPNS di SSCN BKN

syarat daftar cpns
Langkah awal yang harus dilakukan semua peserta adalah mendaftar melalui situs sscn, namun banyak yang mengalami kegagalan saat mendaftar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kegagalan seperti jaringan buruk serta dokumen yang tidak lengkap.

Pada awal pendaftaran di situs sscn, kamu harus melengkapi dokumen yaitu foto diri, scan ijazah, scan transkrip nilai, scan KTP dan scan Kartu Keluarga. Dokumen nantinya akan diupload ke akun yang sudah dibuat di sscn.

Nah, supaya kamu bisa berhasil dalam sekali mendaftar, ada beberapa tips yang bisa diikuti sebagai berikut:

1. Jangan Menggunakan Ponsel

Para peserta yang hendak melamar dihimbau untuk tidak melakukan pendaftaran melalui ponsel. Tujuannya adalah untuk menghindari data crash atau terjadi kesalahan input data yang membuat data tidak lengkap.

Kamu bisa mendaftar menggunakan komputer atau laptop, apabila muncul kendala maka clear cache dan coba kembali. Pastikan juga jaringan internet yang dimiliki stabil.

2. Baca, Pahami dan Ikuti Tata Cara Pendaftaran

Alur pendaftaran yang benar sudah diinformasikan melalui situs sscn bkn. Kamu harus mendownloadnya buku panduan ini terlebih dahulu dan membacanya secara seksama. Jika kamu memahami dengan benar, maka akan lebih teliti dalam mengisi formulir, menginput data dan proses yang harus dilakukan selanjutnya. Pendaftaran harus dilakukan secara mandiri supaya data pribadi tetap terlindungi.

Apabila terjadi permasalahan seperti NIK dan nomor KK tidak ditemukan atau NIK sudah menjadi milik orang lain maka peserta bisa menghubungi admin helpdesk. melalui situs yang sama, peserta dapat dilihat status permasalahan apabila telah dijawab oleh admin.

3. Pilih Jam Longgar untuk Mendaftar

Situs sscn bkn akan sangat padat dan membuat server sering down karena diakses oleh jutaan orang dalam satu waktu. Oleh karena itu kamu harus pandai dalam memilih waktu untuk mendaftar. Waktu dua minggu diberikan untuk mendaftar dan pilih minggu pertama untuk melakukan pendaftaran.

Hindari minggu kedua atau mendaftar di waktu terakhir karena akan banyak yang mendaftar di waktu tersebut. Oleh karena itu lengkapi semua syarat pendaftaran CPNS sejak awal agar tidak terburu-buru saat melengkapi data di situs sscn bkn.

4. Jangan Lupa Kompres Dokumen

Hal ini terlihat kecil namun sangat berdampak besar. Berkas-berkas dalam bentuk digital baik itu foto maupun scan dokumen harus dikompres terlebih dahulu. Pastikan kamu menggunakan dokumen yang ukurannya kecil supaya proses kompres bisa dilakukan dengan mudah. Sebelum semua dokumen dikompres, cek kembali kelengkapannya supaya tidak ada yang tertinggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *