Memahami Tata Bahasa Inggris Dasar

Posted on

Tata Bahasa Inggris – Belajar bahasa inggris tingkat dasar adalah proses awal dalam memahami tata bahasa inggris yang baik dan benar. Pada proses ini, belajar bahasa inggris dasar dapat diawali dengan memahami kosakata-kosakata tingkat dasar (vocab) sebagai bekal awal untuk menggunakan tata bahasa inggris pada kegiatan sehari-hari. Jadi ketika anda sudah mempunyai kosakata bahasa inggris yang banyak, maka menggunakan tata bahasa inggris dalam pembicaraan sehari hari tentunya akan mudah bukan?

Bagaimana jika dibalik? Jika anda sudah menguasai tata bahasa inggris tetapi tidak mempunyai kosakata (vocab) yang banyak, tentunya akan kesulitan dalam menyampaikan pesan dan maksud anda bukan? Nah, itulah fungsinya menguasai kosakata (vocab) yang baik dahulu sebanyak-banyaknya baru kemudian mempelajari tata bahasa inggris pada tingkat dasar.

Penguasaan kosakata bahasa inggris akan sangat berpengaruh dalam penggunaan kata kerja, kata benda dan juga kata ganti untuk menyatakan waktu, tempat dan juga ruang yang sedang dibicaraka. Jadi semahir apapun anda menguasai tata bahasa inggris, tetapi tidak bisa menempatkan kosakata dalam kondisi yang benar, maka yang terjadi adalah kerancuan dan kebingungan dalam menyampaikan pesan ke orang lain.

Kenapa menguasai kata kerja, kata benda dan kata ganti ini penting dalam usaha mempelajari tata bahasa inggris? Karena biasanya tata bahasa inggris tingkat dasar akan membagi tiga cara dalam menjelaskan kondisi peristiwa, yaitu masa kini, masa lalu dan juga masa yang sedang berjalan dari masa lalu hingga masa sekarang.

Misalnya dalam kosakata (vocab) kata kerja beraturan yang disebut dengan reguler verb, menyebut kata bekerja “work”, jika dijelaskan dalam kondisi sekarang maka akan menjadi “working”, sementara ketika menjelaskan pada masa lalu, maka akan berubah menjadi “worked”, sementara jika dijelaskan dalam kurun waktu tertentu, entah masa lampau sampai sekarang, atau masa depan yang diinginkan maka akan mendapatkan tambahan “have/has been worked” atau “would have been worked” dan lain-lain.

Baca Juga:  Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Misalnya saja dalam tata bahasa inggris dasar dalam menjelaskan kondisi anda saat ini yang sedang bekerja di sebuah perusahaan farmasi misalnya, maka anda menjelaskan dengan kondisi tata bahasa inggris dalam kondisi sekarang yaitu: “I am working at farmacy company”, bandingkan jika anda menjelaskan kondisi saat anda berpuluh puluh tahun sebelumnya bekerja di dunia pendidikan misalnya menjadi guru. Maka penjelasan akan berubah menjadi “I have worked at education” atau “I have worked as as teacher”

Sementara tata bahasa inggris akan berubah ketika anda menjelaskan pekerjaan anda sebagai guru dalam kurun waktu tertentu, misalnya dari tahun 2005 hingga 2010, berarti selama lima tahun. Maka penjelasan dalam bahasa inggrisnya adalah “I have been working as a teacher for 5 years” atau “I have been working as a teacher from 2005 until 2010”.

Nah, selain penjelasan-penjelasan di atas, terdapat beberapa tata bahasa inggris dasar yang wajib anda kuasai setelah tentunya memperdalam kosakata (vocab) secara lebih mendalam. Karena kekuatan tata bahasa inggris tidak terletak dimana kita menguasai strukturnya, justru terletak pada kemampuan kita mengeksplorasi kosakata (vocab) yang telah kita kuasai untuk disampaikan kepada publik.

Tata bahasa inggris yang paling dasar adalah simple present tense, simple present tense adalah tata bahasa inggris dalam menjelaskan kondisi sehari hari paling gampang dan paling sederhana. Misalnya saat anda menjelaskan mengenai daly routines atau hal hal yang normal dalam hukum sains dan kondisi sehari-hari.

Misalnya penggunaan tata bahasa inggris berbentuk simple present tense adalah “Rina gets up ever morning at 05.00 o’clock”, sementara anda juga menjelaskan hal hal lain seperti “Edi do a sport at 06.00 o’clock”.

Baca Juga:  Contoh kalimat present tense dalam simple present tense

Tata bahasa inggris paling dasar selanjutnya adalah simple past tense, simple past tense sesuai namanya menjelaskan kejadian masa lalu dalam konteks yang sederhana, seperti menjelaskan saya kemarin ke bogor naik kereta, menjadi “yesterday, I went to bogor by train”.