Keunggulan Tes Minat Bakat untuk Masa Depan

Posted on

Tes Minat Bakat – Pernahkah anda berpikir bahwa kemajuan teknologi hari ini ternyata jauh lebih cepat daripada perkiraan kita. Baik teknologi sains maupun teknologi yang dikembangkan oleh llmu-ilmu sosial humaniora. Jika sains mampu menciptakan penemuan-penemuan hebat sepanjang sejarah, maka begitu juga kemampuan ilmu sosial humaniora menemukan teori-teori baru untuk masa depan manusia, salah satunya adalah tes psikologi bakat.

Tes psikologi bakat ini dikembangkan oleh psikolog-psikolog dari ratusan percobaan, ratusan teori yang dikembangkan seperti teori perkembangan anak, teori perkembangan orang tua hingga kesehatan mental para pekerja yang kemudian dikerucutkan ke dalam te bakat atau biasa disebut dengan tes minat bakat.

Kini tes psikologi bakat jauh lebih terkenal di dalam dunia pendidikan, hal ini tidak terlepas dari kesadaran para orang tua dan pemangku kepentingan di dunia pendidikan untuk mendeteksi tes minat bakat pada anak-anak pada usia dini, sehingga mereka bisa mengarahkan potensi terbaik anak pada bidang terbaik yang bisa ditekuni.

Kenapa perhatian terhadap tes psikologi bakat cukup tinggi? Hal ini setidaknya berangkat dari berbagai alasan yang muncul akhir-akhir ini. Pertama, banyaknya kasus mismatch antara dunia industri dengan dunia kampus, banyak mahasiswa lulusan kampus tidak terserap dunia kerja karena softskill yang mereka miliki tidak terlatih. Apalagi dengan jurusan-jurusan tertentu yang mereka dalami tidak maksimal, atau hanya sekedar formalitas kuliah belaka.

Kedua, sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa nyaris hampir 50% para mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi merasa salah jurusan dan bingung mau ngapain setelah lulus. Ini menandakan bahwa potensi bakat seseorang belum tersalurkan dengan jalan yang tepat. Mereka masih meraba-raba dan membutuhkan pedoman yang tepat agar bisa menjadi mahasiswa yang sesuai dengan bakatnya. Akan tetapi sayangnya, memulai bakat di usia mahasiswa adalah keputusan yang telat, seharusnya bisa dimulai semenjak usia sekolah dasar atau sekolah menengah.

Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Karena berbagai alasan di atas, maka tes psikologi bakat ini mulai banyak diperkenalkan di sekolah-sekolah dasar dan sekolah menengah, terutama para psikolog dan bimbingan konseling yang setiap hari selalu menemui masalah-masalah pada anak anak didik dan tugas mereka untuk mengarahkan potensi akademik anak anak bianaannya.

Apa keunggulan tes minat bakat yang diselenggarakan sejak usia sekolah dasar dan sekolah menengah ketimbang di usia mahasiswa? Pada tingkatan sekolah menengah, tes psikologi bakat ini akan membantu seorang anak untuk menentukan kecenderungan seseorang untuk dimasukkan ke dalam jurusan sains, sosial atau bahasa. Biasanya ketika menginjak sekolah menengah atas akan dimasukkan k dalam jurusan ipa, ips hingga bahasa.

Bagaimana tes bakat ini bekerja? Seorang anak akan dideteksi kemampuan manajerialnya, kemampuan logis matematik dasar, kemampuan penalaran dasar, dan kemampuan interpersonal dasar, dimana para psikolog kemudian meramu dalam sebuah hitungan skala yang bisa menentukan kecenderungan seorang anak untuk diarahkan bakatnya. Ingat rumus tes bakat menggunakan kecenderungan, jadi masih terbuka lebar pintu untuk pengembangan.

Tes psikologi bakat untuk anak-anak usia sekolah dasar biasanya diberikan untuk mendeteksi kemampuan seorang anak sejak usia dini. Apakah anak-anak berada dalam kecenderungan kecerdasan musikal, kinetik, sastra atau kecenderungan kecerdasan motorik, sehingga bisa diberikan jalur yang tepat agar bisa dilatih pengembangan dirinya.

Misalnya begini, tes bakat akan mendeteksi jika seorang anak ternyata memiliki kecerdasan musikal yang jauh lebih tinggi ketimbang kecerdasan linguistik, maka si anak akan diarahkan untuk menyerap pelajaran berbasis musik, diberikan pendidikan seni musik atau diarahkan kepada orang tuanya untuk memberikan jalan menjadikan si anak sebagai seorang seniman (dengan mengikuti kursus musik atau sejak awal dilatih les vokal).

Baca Juga:  Mengenal Jurusan Aktuaria yang dibutuhkan dunia kerja

Tes psikologi bakat yang diberikan sejak usia sekolah dasar akan meminimalisir kesalahan softskill anak yang tidak terdeteksi, sehingga nantinya ketika anak tumbuh besar dan masuk jenjang perkuliahan tidak akan merasa salah jurusan. Karena kecenderungan kecerdasannya sejak usia dini telah diketahui dengan baik.

Apakah tes psikologi bakat melanggar hak asasi manusia? Karena kecenderungan untuk mengarahkan seseorang anak sesuai dengan hasil test nya? Justru malahan sebaliknya, tes bakat ini mendukung hak asasi manusia seorang anak untuk belajar dan berkarir sesuai dengan kecerdasannya.

Apakah anda pernah membayangkan bahwa seorang anak yang mempunyai kecenderungan kinestetik (olah tubuh) yang baik, ternyata terus menerus mendapat pendidikan berhitung yang membosankan? Padahal jika dilatih sejak dini, si anak kemungkinan besar ketika dewasa bisa menjadi seorang atlet yang baik. Inilah fungsi tes psikologi bakat untuk mengarahkan seseorang sesuai dengan bakatnya agar tidak mengalami madesu (masa depan suram).

Bagaimana mengadakan tes minat bakat? Anda cukup meminta sekolah-sekolah anak anda melalui psikolognya atau bimbingan konseling untuk mengadakan tes minat bakat mendeteksi kemampuan anak-anak di sekolah. Selain itu anda juga bisa mendatangi biro psikologi di kota anda untuk melakukan tes minat bakat pada anak anda. Biasanya biro-biro psikologi di kota-kota mempunyai tes psikologi bakat, baik tenaga psikologinya hingga alat ukur skalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *