Pentingnya Mengikuti Tes Toefl Jakarta dan Tips Menghadapinya

Posted on

Tes Toefl Jakarta – Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu persyaratan untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah ke luar negeri adalah dengan memiliki skor tes toefl yang mumpuni dan sebelum Anda memiliki skor toefl maka Anda perlu melakukan tes Toefl Jakarta atau di tempat lainnya.

Tes toefl Jakarta sendiri sebenarnya merupakan salah satu bentuk tes yang umum dipergunakan saat ini untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris seseorang.

Baca Juga:  Latihan Tes Toefl Yang Benar Untuk Skor Yang Maksimal

Bahkan seiring dengan berjalannya waktu penggunaan tes toefl bukan hanya sebagai syarat melanjutkan pendidikan saja tetapi sebagai syarat kelulusan pada jenjang pendidikan diploma atau strata I.

Persyaratan tersebut saat ini sudah diterapkan di berbagai universitas di beberapa negara yang bahkan tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional seperti misalnya Indonesia.


Pentingnya Mengikuti Tes Toefl Jakarta Yang Perlu Anda Ketahui

Selain itu hasil tes Toefl Jakarta juga dipergunakan untuk keperluan pekerjaan seperti melamar pekerjaan atau kenaikan jabatan. Oleh karena itu saat ini animo masyarakat untuk mengikuti kursus toefl Jakarta semakin besar mengingat pentingnya hasil tes toefl ini.

Tes toefl sendiri merupakan singkatan dari Test of English As A Foreign Language yang memang sejak dahulu sudah dipergunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang.

Bentuk Tes Toefl

Pada dasarnya tes toefl sendiri terbagi ke dalam tiga jenis utama yaitu International Toefl Test, Institutional Toefl Test, dan Toefl Like-Test. Perbedaan dari ketiga jenis tes toefl tersebut pada dasarnya hanya dibedakan dari soal yang dipergunakan saja.

Pada International Toefl Test soal yang dipergunakan pada setiap tes selalu baru dan tidak pernah sama dengan soal pada tahun-tahun sebelumnya.

Hasil tes toefl jenis ini juga berlaku selama dua tahun dan bisa dipergunakan untuk keperluan pendaftaran pendidikan di seluruh universitas di dunia. Kemudian Institutional Toefl Test masih menggunakan acuan soal yang lama untuk membuat soal yang baru sehingga ada kemiripan dalam bentuk soal.

Baca Juga:  Pentingnya Menjalani Tes Toefl IBT Jakarta

Hasil tes toefl jenis ini juga hanya berlaku selama enam bulan dan tidak bisa dipergunakan secara global. Kemudian untuk Toefl Test-Liked hanya dipergunakan sebagai syarat kelulusan universitas seperti misalnya di Indonesia.

Sebab soal yang dipergunakan sebenarnya jauh dibawah standar tes toefl yang sebenarnya. Tetapi tidak ada salahnya jika anda mengikuti kursus toefl Jakarta untuk mendapatkan pemahaman akan konsep-konsep soal yang dipergunakan pada tes ini.

Tips Mengikuti Tes Toefl Jakarta

Selain mengikuti kursus toefl Jakarta sebenarnya anda juga bisa mulai melakukan persiapan mandiri sebelum menjalani tes toefl dan berikut di bawah ini adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum mengikuti tes Toefl Jakarta, diantaranya:

– Perbanyak Kosakata

Tips pertama yang bisa anda terapkan adalah dengan memperbanyak kosa kata bahasa Inggris dengan mendengarkan musik atau menonton film berbahasa Inggris. Sebab hal tersebut akan membantu anda untuk memahami setiap soal yang ditanyakan.

– Menghafal Kosakata

Selain menghafal kosa kata maka Anda juga perlu mengingat dengan benar cara pengucapan dan penulisan setiap kata. Sebab hal tersebut akan sangat membantu anda menyelesaikan bagian Listening dan Writing pada tes toefl.

– Pelajari Konsep Dasar Dalam Bahasa Inggris

Kemudian pastikan juga Anda mempelajari konsep-konsep dasar dalam bahasa Inggris seperti struktur kalimat, sifat setiap kosa kata seperti kata kerja, kata benda atau kata sifat, dan juga grammar dalam bahasa Inggris.

Jika anda mengkuti kursus toefl Jakarta maka anda dapat lebih mudah mempelajari keseluruhan materi tersebut. Sebab anda akan mendapatkan arahan dari tutor atau pengajar dan juga penjelasan yang lebih jelas mengenai setiap konsepnya.

Baca Juga:  Perbedaan Toefl Dan Ielts Ini Jarang Diketahui

Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi anda untuk segera mendaftarkan diri pada lembaga kursus bahasa Inggris yang menyediakan program persiapan tes toefl dan salah satunya ada di Westwoodprep.

Di Indonesia sendiri khususnya di Jakarta setiap tahunnya pasti diadakan pelakasaan tes toefl secara rutin. Pelaksanaan tes toefl Jakarta diadakan di beberapa institusi baik universitas maupun non universitas.

Sehingga hal tersebut tentunya memudahkan setiap orang baik pelajar maupun umum yang hendak mengikuti tes ini. Untuk biaya tes toefl mungkin saja bisa berbeda-beda.

Oleh karena itu anda tidak perlu ragu lagi untuk segera mempersiapkan diri dan mendaftarkan diri pada jadwal tes toefl yang akan datang dan jika misalkan Anda berminat untuk mengikuti kursus Toefl maka Anda bisa datang ke Westwoodprep di Mega Kuningan Barat Kav. E4, Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27 atau hubungi Kami dengan mengklik baner di bawah ini.