TOEFL IBT, Tes TOEFL Online Yang Berlaku Internasional

Posted on

Tes TOEFL Online –¬†Mengambil test TOEFL sangat penting dilakukan buat kamu yang hendak belajar di negara berbahasa Inggris. Pada artikel ini, kita akan berbicara lebih lanjut mengenai tes ini.

Tentang TOEFL test

TOEFL atau Test of English as Foreign Language diadakan oleh ETS (Educational Testing Service) dan diakui di seluruh dunia. Sekitar 10.000 perguruan tinggi, perusahaan, BUMN, dan berbagai lembaga yang ada di 130 negara menggunakan tes TOEFL sebagai salah satu syarat penerimaanya.

Tes ini mengukur kemampuan reading, writing, listening dan speaking dengan level kesulitan tingkat universitas. Jadi saat kamu memiliki nilai TOEFL yang memenuhi syarat, berarti kamu diakui mampu mengikuti perkuliahan di negara-negara berbahasa Inggris.

Jenis tes TOEFL

Banyak orang yang tahu bahwa TOEFL merupakan tes yang dirancang untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Namun masih banyak yang belum tahu tes TOEFL apa yang hendak diikuti. Banyak juga yang belum tahu apakah mereka mau ikut tes TOEFL IBT atau TOEFL ITP.

Karena sebenarnya ada beberapa jenis tes TOEFL, tapi yang paling banyak digunakan saat ini adalah TOEFL IBT dan TOEFL ITP. Jangan sampai kamu melakukan persiapan untuk TOEFL ITP, tapi ketika tes justru mendapatkan TOEFL IBT.

Tes TOEFL yang diakui secara internasional

Nah sekarang kita mulai bahas perbedaan keduanya.

IBT = Internet Based Test
ITP = International Testing Program

IBT merupakan tes TOEFL yang diselenggarakan oleh ETS, sehingga sertifikat TOEFL IBT diakui di seluruh dunia. Sedangkan TOEFL ITP biasanya diselenggarakan oleh kerjasama antara perguruan tinggi dalam negeri dan lembaga bahasa Inggris.

Karena itu, kalau kalian bercita-cita kuliah di luar negeri, syarat utamanya adalah TOEFL IBT. Karena lembaga atau universitas luar negeri lebih mengakui TOEFL IBT. Sedangkan TOEFL ITP memang tidak diakui secara internasional, tapi masih diakui dalam penerimaan BUMN, CPNS, maupun untuk mencari beasiswa dari lembaga dalam negeri.

Baca Juga:  Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Tes TOEFL online

Seperti namanya, TOEFL IBT merupakan tes TOEFL online yang dilakukan melalui media internet. Dan soal ujiannyapun datang langsung dari ETS yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Terdapat lebih dari 4500 lokasi tes TOEFL online IBT di seluruh dunia. Kalau tes TOEFL online tidak memungkinkan untuk dilakukan, biasanya panitia akan tes TOEFL tertulis atau PBT (Paper Based Test).

Karena formatnya berupa tes TOEFL online, maka keempat bagian tesnya (reading, listening, writing, speaking) dilakukan lewat internet. Bahkan pada tes speaking, peserta tidak akan bertemu penguji secara langsung. Tapi mereka akan merekam suara di komputer dan jawabannya akan dikirim ke tim penguji.

Karena IBT diadakan oleh ETS, maka pendaftarannya terpusat melalui alamat website resminya di www.ets.org. Usahakan mendaftar dari jauh-jauh hari, karena pendaftarnya dari seluruh dunia. Biasanya kamu bisa melaksanakan tes sekitar 1 sampai 2 bulan setelah mendaftar. Jadi memang harus sedikit sabar ya!!

Dan jangan percaya juga kalau ada lembaga yang menjanjikan bisa mengadakan tes TOEFL online IBT tanpa mendaftar via website ETS.

Jika TOEFL IBT dilakukan secara online, lain halnya dengan TOEFL ITP. Tes TOEFL yang banyak diadakan di tanah air ini diadakan secara tertulis. Dari sisi kemudahan dan fleksibilitas, TOEFL ITP memang lebih enak. Selain itu kamu tidak perlu menunggu lama untuk bisa menjalani tesnya. Antrian paling panjang hanya sekitar 1 bulan.

TOEFL ITP juga lebih banyak penyelenggaranya. Hampir semua Universitas besar bisa menyelenggarakan tes TOEFL ITP. Kamu bisa search di google, hanya dengan biaya sekitar Rp 500.000, kamu bisa segera mengikuti tes TOEFL ITP.

Nah itu tadi gambaran mengenai tes TOEFL di Indonesia. Silakan mulai mempersiapkan diri dan pilih tes TOEFL yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Semoga sukses ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *