tips memilih tempat kursus bahasa Jerman

6 Tips Memilih Tempat Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

Posted on

Ada pepatah Bahasa Jerman mengatakan “Deutsche Sprache, Schwere Sprache” yang artinya bahasa Jerman, bahasa sulit. Pada kenyataannya mempelajari Bahasa Jerman memang menguras waktu, tenaga dan pikiran.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Akan tetapi dengan menguasai Bahasa Jerman,  berbagai peluang besar akan terbuka untukmu.

Banyak kesempatan yang bisa kamu dapatkan di Jerman seperti melanjutkan studi secara gratis, meniti karir, atau bahkan berdomisili di sana. Ditambah dengan kemajuan negara Jerman di bidang sains, teknologi, komunikasi dan industri pasti menjamin masa depanmu. 

Karena itulah, jerih payahmu mempelajari bahasa ini sebanding dengan keuntungan yang didapatkan.

Proses setiap orang dalam menguasai bahasa Jerman berbeda-beda. Salah satu cara mempercepat prosesnya bisa dengan mengikuti kursus Bahasa Jerman. Tapi sebelumnya kita harus memilih kursus yang sesuai dan berkualitas supaya  kemajuan belajar kita bisa optimal.

6 Tips Memilih Tempat Kursus Bahasa Jerman di Jakarta Terbaik

Tips Memilih Tempat Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

Karena itulah, sebelum mendaftar kamu perlu mengikuti tips-tips memilih tempat kursus Bahasa Jerman supaya tidak menyesal nantinya. Berikut yang perlu kamu ketahui.

1. Pilih kursus dengan silabus yang sesuai dengan level bahasa kita

Dalam memilih kursus bahasa, kita harus mencari kelas yang  sesuai dengan level bahasa kita. Janganlah mengikuti kelas yang levelnya lebih tinggi, jangan pula lebih rendah supaya proses belajar kita bisa optimal dan efisien.

Biasanya kursus bahasa menyediakan tes penempatan atau placement test untuk mengukur tingkat kemahiran bahasa pendaftarnya. Salah satu tempat yang menyediakan tes ini adalah Studiva dan Virtueducation di Jakarta dan Bandung.

Keuntungan lainnya kamu bisa memprediksi kelulusanmu dari tingkat bahasa yang kamu capai ketika mengikuti tes kompetensi Bahasa Jerman seperti TestDaf, Zertifikat Deutsch, atau Großes Sprachdiplom. 

2. Cari lokasi yang strategis

Lokasi menjadi faktor yang perlu kamu pertimbangkan. Apakah tempat kursus mu mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum? Apakah letaknya dekat dengan rumah atau kampusmu? Alangkah baiknya jika kamu mengunjungi lembaga kursus tersebut sebelum menentukan pilihan.  

3. Cek fasilitas yang disediakan

 Ketika kamu melakukan survei tempat kursus, jangan lupa untuk mengecek fasilitas dan bagaimana kualitasnya.  kamu bisa mengunjungi ruangan kelas dan menilai kelayakannya sebagai tempat belajar seperti kelengkapan fasilitas, dan apakah kondisi ruangannya kondusif untuk belajar.

Selain itu kamu bisa mencari tahu fasilitas lain seperti perpustakaan, ruang diskusi, pusat informasi untuk pelajar, atau bahkan tempat parkir. Dengan mengetahui kualitas dan kelengkapan fasilitasnya kamu bisa menentukan apakah harga yang kamu bayar sesuai dengan apa yang kamu dapatkan.     

4. Cari testimoni dari teman atau internet

Kalau kamu masih ragu dan bingung menentukan tempat kursus yang cocok, kamu bisa minta pendapat dengan teman yang sebelumnya sudah mengikuti kursus. Kamu bisa bertanya bagaimana kompetensi pengajarnya dan apakah pengajarannya mudah dicerna. 

Apakah program belajarnya sesuai dengan gaya belajarmu dan apa kelebihan dan kekurangan dari tempat kursus tersebut menurut mereka. Selain dari teman kamu juga bisa membaca ulasan di internet sebagai bahan  pertimbangan.   

Baca Juga:  4 Cara Memilih Tempat Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

5. Pentingnya sesi belajar di luar kelas

Poin ini menjadi saran yang bisa berguna untuk kamu karena dalam belajar bahasa, kamu juga perlu mengasahnya di luar jam kursus.

Oleh karena itu tips memilih tempat kursus bahasa Jerman secara mandiri juga penting dan ada baiknya jika kamu memilih tempat kursus yang menyediakan sesi bertanya di luar jam kelas tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membantu proses belajar kamu supaya semakin cepat mahir berbahasa Jerman.

6. Jangan hanya sekedar kursus, ayo cari program yang berpeluang

Tips memilih tempat kursus bahasa Jerman yang terakhir adalah sudah saatnya kamu belajar Bahasa Jerman bukan hanya sekedar untuk mendapat sertifikat atau meningkatkan nilai mu di sekolah atau kampus. Seperti yang di sebutkan di atas, dengan menguasai bahasa Jerman kamu bisa mengikuti program-program yang menjanjikan.

Ada program pertukaran budaya bernama Au Pair di mana kamu akan mendapatkan pengalaman hidup di Jerman bersama keluarga asuh.

Lalu program Ausbildung Jerman yang mana kamu akan mendapatkan pelatihan baik secara praktek maupun teori selama dua sampai tiga tahun di sana. Jika kamu masih seorang pelajar, kamu bisa mencari program beasiswa studi di Jerman yang sepenuhnya gratis, lho.

Salah satu lembaga yang dapat membantumu mengikuti program-program di atas adalah Studiva dan Virtueducation. Dengan mendaftar di dua tempat tersebut, kamu tidak hanya diajarkan Bahasa Jerman, tapi kamu juga akan dibimbing oleh konsultan profesional dan berpengalaman untuk memenuhi syarat dan kebutuhan untuk bisa masuk ke program-program tersebut.

Nah itu dia 6 tips memilih tempat kursus Bahasa Jerman yang wajib kamu tahu. Bagaimana, sudah tertarik untuk mulai belajar Bahasa Jerman? yuk daftar di Virtueducation dengan mengklik banner diatas ini.