Tips Menghadapi Ujian TOEIC

Posted on

Tips Menghadapi Ujian TOEIC – Dengan semakin terbukanya negara – negara di dunia dalam segala aspek (ekonomi, teknologi, sosial & budaya) sudah tentu peran bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar internasional menjadi hal wajib dikuasai.

Tanpa bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris akan membuat kita tertinggal dalam berbagai hal penting. Atas dasar kebutuhan tersebut dibentuk suatu standar kecakapan komunikasi baik secara lisan maupun tulisan oleh ETS (The Educational Testing Service) lembaga yang bergerak dibidang standar pengujian di Amerika.

Standarisasi yang dibentuk oleh ETS pada dekade 1970 yang disebut dengan TOEIC (Test of English for International Communication) pada akhirnya mampu mengukur kualitas individu yang bukan asli penutur bahasa Inggris dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Dengan pengelompokan hasil tes sebagai berikut.

Hasil Test :

  • Skor 10 – 250   :  Pemula
  • Skor 255 – 400 :  Kemampuan dasar
  • Skor 405 – 600 :  Kemampuan menengah
  • Skor 605 – 780 :  Kemampuan dasar bekerja menggunakan bahasa Inggris
  • Skor 785 – 900 :  Mahir
  • Skor 905 – 990 :  Profesional

Apa anda kesulitan menguasai bahasa inggris? silahkan simak artikel berikut : Kesulitan menguasai bahasa inggris coba ikuti tips mudah bahasa inggris berikut

Dari hasil latihan tes TOEIC tersebut dapat dilihat sampai sejauh mana kecakapan seseorang dalam menggunakan bahasa Inggris sehari – hari. Pengujian TOEIC berbeda dengan pola pengujian lainnya seperti TOEFL. TOEIC cenderung pada Percakapan ringan, surat – menyurat, sampai penggunaan e-mail , sedangkan TOEFL ditujukan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dengan nilai minimal sebanyak 500 poin.

Baca Juga:  Toefl IBT Adalah Format Tes TOEFL Berbasis Internet

TOEFL cenderung mengukur kemampuan bahasa Inggris pada bidang akademis, biasanya bersifat kurang universal jika dibandingkan dengan TOEIC.  Pengujian TOEIC terbagi menjadi dua bagian dengan waktu pengerjaan selama 120 menit (dua jam). Tips Menghadapi Ujian TOEIC Bagian pertama adalah mendengarkan (listening) sebanyak 100 soal dan bagian kedua membaca (reading) sebanyak 100 soal dengan total keseluruhan 200 soal.

 

Sebelum memulai ujian peserta akan dipersilahkan untuk menyelesaikan kebutuhan pribadi seperti  menggunakan toilet dan diminta meletakan barang di loker yang telah disediakan. Segala alat tulis umumnya telah dipersiapkan oleh pihak penyelenggara untuk menghindari kecurangan yang akan terjadi. Bahkan beberapa lembaga mempersiapkan metal detector untuk memperketat kegiatan ujian.

Setelah dipersilahkan memasuki ruangan peserta akan dibagikan lembar jawaban komputer yang hanya boleh diisi menggunakan pensil khusus dan soal ujian yang masih disegel. Hindari membuka segel soal sebelum diberikan izin oleh pengawas karena akan diperiksa ulang satu persatu sebelum ujian di mulai. Dengarkan arahan pengawas dengan cermat ketika pengisian informasi diri pada lembar komputer untuk menghindari kesalahan pengisian.

Setelah persiapan selesai pengawas akan menyalakan perangkat yang berisi rekaman percakapan dan memeriksa kualitas suara rekaman. Jangan ragu untuk meminta menaikan volume suara jika kurang jelas untuk di dengar karena hal inilah yang juga akan menentukan berapa nilai (skor) kita nantinya.

Tips Menghadapi Ujian TOEIC

Bagian pertama (Listening)

Tips Menghadapi Ujian TOEIC bagian pertama, peserta ujian akan diperdengarkan rekaman percakapan dalam bahasa inggris dengan pola yang berbeda di tiap percakapan. Sepuluh soal awal adalah percakapan yang singkat dengan penjelasan berupa gambar – gambar, pada bagian inilah peserta ujian diharapkan memperoleh nilai yang tinggi, tiga puluh soal kedua berisi percakapan lebih padat dari percakapan bagian awal, tiga puluh  soal ketiga memasuki multi percakapan yang mana bisa saja lebih dari 2 orang.

Baca Juga:  Perbedaan Toefl Dan Ielts Ini Jarang Diketahui

Tiga puluh soal terakhir berisi multi percakapan kemudian ditambahkan dengan beberapa kosa kata yang sedikit sulit.  peserta ujian disarankan untuk latihan mendengarkan film atau musik berbahasa inggris tanpa melihat teks terjemahan. Lakukan secara berulang sampai akhirnya mulai terbiasa mendengar percakapan dalam bahasa Inggris.

Apabila terjadi keraguan dalam menjawab ketika ujian berlangsung hindari untuk berpikir panjang karena rekaman terus berjalan yang berakibat hilangnya konsentrasi. Tak perlu dipikirkan lagi apa yang sudah terlanjur dijawab, lanjutkan pada soal berikutnya dan berjanjilah untuk menjawab lebih baik lagi.

Bagian kedua (Reading)

Tips Menghadapi Ujian TOEIC selanjutnya ialah reading. Bagi yang terbiasa surat–menyurat menggunakan bahasa Inggris tentu akan lancar mengerjakan soal-soal. Bagi yang belum pernah melakukan kegiatan surat–menyurat dalam bahasa Inggris biasakanlah untuk membaca artikel berbahasa Inggris terlebih dahulu kemudian garis bawahi kata–kata yang tidak mengerti lalu terjemahkan. Selain itu pelajari pula gramatikal bahasa Inggris yang sudah tentu akan banyak soal menggunakan grammar.

Soal terdiri dari tiga bagian, pertama berisi dengan kalimat yang tidak sempurna dan peserta ujian wajib melengkapi. Bagian kedua berisi tentang percakapan dalam surat elektronik (email), surat penawaran produk sampai dengan surat lamaran kerja.

Baca Juga:  5 Fakta Unik Bahasa Inggris Ini Jarang Diketahui Banyak Orang

Bagian terakhir biasanya menampilkan artikel majalah yang lumayan panjang dengan beberapa pertanyaan saja. Hindari pemborosan waktu dengan membaca habis seluruh artikel, langsung lihat apa yang ditanyakan pada soal kemudian cari paragraf yang membahas permasalahan sesuai dengan pertanyaan.

Bekerjalah dengan kemampuan sendiri tanpa melakukan kecurangan. Sebab nilai yang dihasilkan merupakan cerminan dari kualitas diri. Apabila masih belum mencapai nilai yang diharapkan berusahalah sebaik mungkin dan terus gali potensi sampai hasil yang diinginkan dalam genggaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *