Ini Dia Profil Universitas Cambridge Inggris

Posted on

Universitas Cambridge – Mendapat kesempatan kuliah di luar negeri pasti menyenangkan dan menjadi impian banyak siswa. Salah satu negara tujuan studi adalah Inggris. Karena mereka memiliki banyak universitas dengan reputasi internasional, salah satunya adalah universitas Cambridge.

Universitas Cambridge merupakan universitas tertua kedua di Inggris, setelah Oxford. Dengan usia lebih dari 800 tahun, universitas Cambridge menjadi yang tertua keempat di dunia. Tiap tahun universitas Cambridge melayani lebih dari 20 ribu mahasiswa baru dan hampir 4000 diantaranya merupakan mahasiswa asing yang berasal dari lebih dari 120 negara.

Sejarah

Sejarah universitas Cambridge tidak bisa lepas dari universitas Oxford. Yaitu saat terjadi kerusuhan antara beberapa sarjana Oxford dengan warga atau yang dikenal dengan istilah “town and gown” (“kota dan gaun”). Peristiwa yang terjadi pada tahun 1209 ini mengakibatkan para Sarjana tersebut kabur ke kota kecil atau town yang bernama Cambridge.

Pemerintah setempat di Cambridge mengizinkan mereka tinggal dan bahkan memberikan tempat tinggal. Di tempat tinggal yang disediakan penduduk Cambridge itulah pertama kali para Sarjana itu memberikan pengajaran, lalu mendirikan perguruan tinggi.

College pertama kali dibangun oleh Hugo de Balsham pada tahun 1284, dan diberi nama Peterhouse. Selang waktu berjalan, perguruan tinggi tersebut makin berkembang dengan memiliki 15 College. Merekapun mendapat pengakuan pada tahun 1318 yang ditandai dengan pemberian ceramah umum atau studium generale oleh Paus Yohanes XXII.

Letak universitas Cambridge

Universitas Cambridge terletak di kota tua Cambridgeshire yang berjarak sekitar 80 km di sebelah utara London. Dengan naik kereta api, universitas Cambridge London atau sebaliknya bisa ditempuh kurang dari satu jam perjalanan.

Cambridge merupakan kota yang sangat indah. Kalian bisa menikmati bangunan bersejarah dan sungai yang mengalir melalui tengah kota. Bahkan setiap tahun diadakan lomba dayung antara universitas Cambridge dan Oxford.

Baca Juga:  Berencana Kuliah di Luar Negeri Setelah SMA? Ikuti Tes SAT di Jakarta

Cambridge juga bukan kota besar. Sepeda menjadi alat transportasi paling terkenal di kalangan mahasiswa. Kalian bisa menjangkau tempat-tempat menarik di kota Cambridge hanya dengan bersepeda atau jalan kaki.

Syarat masuk

Universitas Cambridge merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Bahkan mereka ada di peringkat 6 dunia versi QS World University Rankings 2019. Kalian akan berkompetisi dengan ribuan siswa terbaik dari seluruh dunia. Nah agar kalian bisa mewujudkan impian masuk universitas Cambridge, persiapkan segala sesuatunya sedini mungkin.

Bagi kamu yang ingin mendaftar kuliah di universitas Cambridge Inggris, ada 2 jalur pendaftaran yaitu langsung mendaftar ke college atau lewat Colleges Admissions Service (UCAS) dengan alamat www.ucas.com.

Mahasiswa asing biasanya tidak cukup familiar dengan college yang ada di universitas Cambridge. Makanya mereka biasanya mendaftar lewat UCAS. Dari website UCAS mereka akan diarahkan untuk memilih college yang sesuai dengan jurusan yang dicari.

Untuk mendaftar, kalian bisa mengirimkan aplikasi via UCAS sebelum tanggal 15 Oktober. Kode UCAS untuk universitas Cambridge adalah CAM C05. Beberapa persyaratan yang diperlukan untuk aplikasi diantaranya,

•Curriculum vitae
•Ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir
•Personal statement jurusan yang dipilih beserta alasannya
•Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS atau TOEFL)
•Paspor

Informasi lengkap mengenai syarat masuk universitas Cambridge bisa dilihat di website resmi mereka https://www.undergraduate.study.cam.ac.uk/applying. Setiap jurusan di universitas Cambridge biasanya akan memberikan persyaratan yang berbeda-beda. Agar lebih jelas, ada baiknya juga kalian melihat ke website jurusan atau bahkan mengirim email ke jurusan terkait.

Selama proses aplikasi berjalan, kalian juga bisa mengecek progresnya secara online melalui UCAS track di alamat https://www.ucas.com/students.

Saat aplikasi kalian telah diterima College, kalian akan diberi tautan dan diminta mengisi kuesioner tambahan. Periksa terus email kalian karena universitas bisa menghubungi sewaktu-waktu apabila ada dokumen yang kurang atau data yang harus diisi.

Baca Juga:  Tiga Penyedia Jasa Les Privat IGCSE Jakarta

Selain harus memenuhi persyaratan kelengkapan dokumen, ada beberapa tahapn seleksi lain yang harus dijalani, diantaranya tes tertulis, written work, serta interview.

Sebagian besar pelamar akan menjalani tes tertulis. Lalu hanya peserta berprospek yang akan diundang untuk interview. Ada sekitar 75 persen peserta yang akan diundang untuk interview. Keputusan akhir mahasiswa yang berhasil lolos seleksi biasanya akan diumumkan sebelum akhir Januari.

Alumni

Universitas Cambridge telah melahirkan banyak orang hebat di berbagai bidang. Universitas dan afiliasinya telah memenangkan total 80 hadiah nobel. Sebanyak 70 diantaranya merupakan alumni universitas Cambridge. Dan ini menjadikan Cambridge sebagai penerima nobel terbanyak dibanding universitas manapun di dunia.

Di bidang Sains dan Matematikan, Cambridge telah melahirkan banyak ilmuwan terkenal dari zaman ke zaman diantaranya Sir Isaac Newton (penemu teori gravitasi), Ernest Rutherford (penemu model atom), James Clerk Maxwell (penemu hukum listrik magnet), J.J. Thomson (penemu elektron), Alan Turing (penemu komputasi modern), hingga Stephen Hawking (fisikawan dan ahli kosmologi).

Ilmuwan penting lain yang berasal dari Cambridge diantaranya Henry Cavendish, William Thomson (Lord Kelvin), Lord Rayleigh, Paul Dirac dll.

Dari Indonesia, ada Bapak Marty Natalegawa (mantan menteri luar negeri) yang lulus Master dalam bidang studi Hubungan Internasional. Selain itu masih banyak alumni Cambridge yang menjadi tokoh penting dalam dunia Ekonomi, filsuf, pengacara, humaniora, kepala negara, politisi, maupun penulis buku.

Jurusan

Dalam hal struktur organisasi, universitas Cambridge agak berbeda dengan universitas di Indonesia. Universitas terdiri dari 31 College yang otonom. Setiap College memiliki kewenangan untuk membuat peraturan sendiri. Termasuk diantaranya berhak menentukan biaya kuliah, merekrut staf, serta menentukan calon mahasiswa yang berhak masuk ke College tersebut.

Walaupun College punya hak otonom, tapi pengajaran tetap diselenggarakan bersama antara college dan universitas. Sedangkan gelar akademi mutlak hanya diberikan oleh universitas.

Baca Juga:  Mari Belajar Kata Kerja v1 v2 v3 Untuk Kamu Pelajari

Nah dari 31 College tersebut, akan terbagi lagi ke dalam lebih dari 150 fakultas, jurusan, serta program studi. Tapi seperti halnya universitas lainnya, ada beberapa jurusan di universitas Cambridge yang lebih menonjol dibanding lainnya.

Beberapa jurusan yang termasuk terbaik dunia di bidangnya diantaranya, Life Science and Medicine (peringkat 2 dunia), Natural Science (peringkat 2 dunia), Art and Humanities (peringkat 2 dunia), Engineering and Technology (peringkat 2 dunia), maupun Social Science and Management (peringkat 4 dunia).

Tips

Salah satu ciri penerimaan di universitas Cambridge adalah mereka menilai calon mahasiswa dari semua aspek. Bahkan sering terjadi mahasiswa yang IPK-nya biasa-biasa saja bisa lolos seleksi. Makanya, cantumkan semua potensi dan kemampuan yang kalian miliki pada curriculum vitae.

Personal statement menjadi kesempatan bagi kalian untuk memberi tahu universitas tentang bidang minat. Berikan alasan yang kuat bahwa kalian memiliki minat dan motivasi tinggi pada bidang tersebut.

Kalau sudah dipanggil interview, artinya kalian termasuk yang berpeluang besar diterima. Saat interview, tunjukkan antusiasme dan komitmen pada bidang studi yang dipilih. Jelaskan juga seberapa keras usaha kalian mempelajari bidang studi tersebut di luar jam kuliah.

Tips terakhir, kalian bisa mencantumkan referensi dari perusahaan, sekolah atau universitas sebelumnya. Referensi bisa menjadi bagian penting dari aplikasi kalian. Coba cari dosen, guru, atau atasan yang bisa menceritakan profil akademik kalian serta kecocokan dengan jurusan yang kalian pilih.

Demikian tadi ulasan mengenai universitas Cambridge. Semoga bermanfaat dan semakin meningkatkan motivasi kalian untuk kuliah ke Inggris. Kesempatan bisa kuliah di negara maju akan bermanfaat, bukan saja bagi diri pribadi, tapi juga bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *