7 Daftar Universitas di Australia Terbaik di Dunia

Posted on

Universitas di Australia – Mengikuti Amerika dan inggris, Asurtralia telah menjadi negara nomor tiga yang menjadi destinasi populer bagi mahasiswa internasional. Hanya dengan melihat dari berbagai universitas yang berdiri Anda akan dilihat program hebat dan kota yang nyaman untuk belajar.

Ditambah lagi dengan beberapa kategori terbaik perguruan tinggi di Australia menurut beberapa rangking universitas secara global. Kini Australia terkenal sebagai rumah university bergengsi dengan rangking tertinggi dan terbaik di seluruh dunia.

Memiliki peringkat terbaik artinya Anda akan memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan pengajaran dari profesor terhebat. Beberapa contoh seperti universitas Queensland, Universitas Adelaide, Charles Darwin Universitas harus masuk dalam daftar pilih Anda.

Apakah Anda sedang mencari universitas dengan jurusan hukum, bisnis hingga kedokteran? Semua terdapat di Australia. Langsung saja simak daftar tujuh besar universitas Australia yang terbaik di dunia.

Australian National University

Berada di peringkat pertama, universitas negeri di Australia ini memiliki peringkat nomor 24 di seluruh dunia pada tahun 2019. Jumlah mahasiswa yang belajar sekitar 20 ribu lebih dan bidang studi sastra adalah yang paling terkenal. Universitas ini telah dibangun pada akhir tahun 1944.

Penelitian yang banyak dilakukan di universitas ini berkaitan dengan bahasa, ilmu pengetahuan sosial, kesenian, biodiversity, alternatif energi dan ilmu tentang bumi. Mahasiswa dapat tinggal di asrama kampus yang telah dibangun sejak tahun 1961.

Universitas Melbourne

Mendapat peringkat ke 39 menuruti top universities, universitas ini juga mendapatkan reputasi terbaik nomor 20 di dunia. Mahasiswa yang belajar berjumlah lebih dari 50 ribu dengan 40% diantaranya berasal dari luar Australia. Dilihat dari jumlah mahasiswa asingnya maka tidak heran jika perguruan tinggi ini harus masuk ke dalam daftar pilih.

Baca Juga:  7 Alasan Kenapa Kalian Harus Kuliah di Australia

Universitas telah berdiri di tahun 1853 dan terkenal sebagai tempat penelitian. Kampus utama terletak di Grattan Street. Penelitian yang dilakukan mendapat urutan kedua setelah CSIRO. Beberapa penelitian yang dilakukan berhubungan dengan perubahan iklim, telekomunikasi, dan penelitian medis.

University of Sydney

Tinggal di Sydney menjadi kesempatan Anda untuk menempuh pendidikan terbaik. Masuk ke dalam peringkat Top Universities nomor 42 di dunia pada tahun 2019. Universitas telah dibangun sejak tahun 1850 oleh William Charle Wentworth yang meninginginkan kesempatan bagi anak dari setiap kelas untuk menjadi hebat dan berguna bagi negara.

Mahasiswa dapat belajar di perpustakaan Sydney yang terdiri dari 11 perpustakaan terpisah. Banyak sekali buku langka seperti Philosophiae Naturalis Principia Mathematica karya Isaac Newton. Servis kesehatan bagi mahasiswa juga disediakan untuk fisioterapi, optometri dan kedokteran gigi.

University of New South Wales

Berlokasi di Sydney universitas ini masuk ke dalam rangking 96 terbaik di dunia versi Times Higher Education Ranking tahun 2019. Perguruan tinggi ini merupakan anggota pendiri Group Eight yakni koalisi universitas intensif riset di Australia. Kampus ini didirikan Undang-Undang Parlemen New South Wales di Sydney pada tahun 1949.

Lebih dari 50 ribu mahasiswanya berasal dari 128 negara berbeda dan membuatnya sebagai university kosmopolitan di Australia. Lokasi bangunan kampus tersebar di seluruh kota yang bisa dijangkau dengan transportasi umum.

University of Queensland

Masuk dalam rangking 42 dalam U.S News & World Report Ranking tahun 2018 dan memiliki mahasiswa sebanyak 48 ribu lebih. Terkenal sebagai tempat riset dan inovasi dalam menemukan vaksin kanker serviks. Berdiri pada tahun 1909 dengan kampus terbesar adalah St Lucia, Gatton dan Herston.

Ada banyak sekali fasilitas kesehatan yang diberikan untuk mahasiswa yang mengalami masalah kesehatan. Mulai dari obat-obatan umum, kesehatan mental, kesehatan kulit, dan masalah dengan alkohol atau obat-obatan.

Baca Juga:  Merencanakan Biaya Kuliah di Australia dan Akomodasinya

Universitas Monash

Menurut Shanghai Jiao Tong University Ranking, Monash telah mencapai peringkat nomor 59 terbaik di dunia. Kampus pusatnya terdapat di Melbourne namun juga memiliki lima kampus yang tersebar di beberapa wilayah Victoria, Malaysia hingga Afrika Selatan. Berdiri sejak tahun 1958 setelah perang berakhir dengan populasi yang semakin meningkat.

Pengajaran kelas dunia akan Anda dapatkan di universitas ini dan pengakuan global membuat reputasi dari kemampuan setelah lulus akan diakui dimana saja. Pendidikan yang diajarkan di universitas Monash akan mempersiapkan Anda untuk bekerja meraih kesuksesan di masa depan.

University of Western Australia

Masuk dalam 81 besar versi U.S News & World Report Ranking tahun 2018 universitas ini terletak di Perth. Berdiri sejak tahun 1911 dan menjadi universitas negeri pertama di Australia. Fasilitas tempat penelitian sangat lengkap dan memiliki afiliasi di seluruh negara bagian. Bahkan juga menyediakan fasilitas untuk berlatih bagi para atlet olahraga.

Jumlah mahasiswanya sekitar 25 ribu lebih dengan jurusan yang lebih banyak dibandingkan universitas lainnya. Bagi mereka yang telah lulus akan mendapatkan banyak tawaran pekerjaan di seluruh dunia.

Beasiswa Universitas di Australia

Memilih universitas di Australia dan jurusannya sesuai dengan rangking di atas tidaklah sulit. Bagian tersulit adalah mencari dukungan dana untuk bisa tetap masuk ke salah satu universitas tersebut. Bagi Anda yang memiliki bakat dan tekad bulat untuk berkuliah di Australia, kesempatan tersebut bisa diambil melalui beasiswa.

Ada banyak beasiswa yang dibuka setiap tahunnya. Berikut ini beberapa beasiswa universitas di Australia yang bisa Anda dapatkan.

Beasiswa pascasarjana universitas Melbourne

Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke S2 dan S3 bisa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini. Dibuka untuk mahasiswa internasional setiap tahunnya dan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa full sangat besar. Mendapatkan biaya hidup selama setahun sekitar 30.600 dolar serat asuransi kesehatan.

Baca Juga:  Biaya Hidup di Australia Untuk Mahasiswa Asing

Beasiswa internasional universitas Sydney

Beasiswa yang diberikan oleh universitas sydney diperuntukan mahasiswa internasional yang ingin mempelajari berbagai macam bidang di tingkat S2 dan S3. Durasi untuk mengikuti perkuliahan adalah tiga tahun dengan ekstensi satu semester. Semua biaya penelitian, kuliah dan hidup ditanggung oleh universitas.

Beasiswa internasional sarjana universitas Melbourne

Universitas Melbourne juga menyediakan beasiswa sarjana khusus untuk mahasiswa internasional. Beasiswa diberikan 10.000 dolar untuk tahun pertama dan 50% hingga 100% untuk masa perkuliahan tiga tahun. Jumlah beasiswa diberikan untuk 10 mahasiswa yang berhasil lolos proses seleksi.

Beasiswa internasional universitas Adelaide

Satu lagi beasiswa yang disediakan oleh universitas di Australia untuk program pascasarjana. Jumlah beasiswa yang diberikan adalah sekitar 27 ribu dolar lebih untuk biaya hidup dan biaya kuliah di Universitas Adelaide secara gratis. Syaratnya mahasiswa harus menyelesaikan perkuliahannya dalam jangka waktu dua tahun untuk S2 dan tiga tahun untuk S3.

Segera penuhi syarat dari masing-masing beasiswa. Jika Anda ingin memilih universitas di Australia yang berbeda maka sebaiknya pilih beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Beasiswa dari pemerintah Australia juga bisa diikuti oleh mahasiswa internasional Anda bisa menempuh pendidikan di berbagai universitas sesuai jurusan yang diminati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *