Universitas di Inggris

Universitas di Inggris: Beasiswa, Tips & Biayanya

Posted on

Universitas di Inggris – Bagi beberapa masyarakat Indonesia, bisa melanjutkan kuliah di Inggris adalah prestise sendiri.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Selain bisa memberikan rasa gengsi dan percaya diri yang besar, universitas di inggris juga dikenal karena reputasi bagusnya yang masuk ke dalam jajaran 500 besar dunia, atau bahkan 100 besar dunia.

Universitas-universitas di Inggris menjadi jujukan masyarakat Indonesia biasanya untuk melanjutkan studi pascasarjana karena sedang booming beasiswa pemerintah Indonesia bernama LPDP Kementerian Keuangan RI.

Mengenal Beasiswa Di Inggris

Mengenal Beasiswa Di Inggris

Selain itu juga pemerintah Inggris mempunyai beasiswa bergengsi bernama Chevening Scholarship yang dikhususkan bagi warga negara asing.

Baik LPDP maupun Chevening Scholarship banyak diburu masyarakat Indonesia karena sifat prestisenya juga mampu mengcover seluruh biaya kuliah di Inggris.

Apakah kuliah di Inggris harus menggunakan beasiswa? Tentu saja tidak, tetapi anda harus memahami kenapa biaya kuliah di inggris sebaiknya menggunakan beasiswa, karena untuk biaya kuliah di Inggris terutama di pusat kota London misalnya bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat biaya kuliah di Jakarta.

Sebelum berbicara mengenai biaya kuliah di Inggris, ada baiknya bagi anda yang berminat melanjutkan kuliah di Inggris baik di tingkat pascasarjana maupun sarjana untuk memahami peringkat universitas di Inggris dan juga sistem pendidikan di Inggris.

Baca Juga:  6 Tempat Kursus Bahasa Jerman di Jakarta Selatan

Untuk peringkat universitas di Inggris, predikat universitas tertua di Inggris tetap dipegang oleh Universitas Oxford. Akan tetapi untuk predikat universitas di Inggris sangat bergantung dengan lembaga pemeringkat yang anda gunakan sebagia indikatornya.

Sejauh ini ada sekitar tiga lembaga pemeringkat akademik internasional yang sering digunakan sebagai rujukan untuk memilih universitas di Inggris terbaik.

Tentu saja bagi anda yang ingin kuliah di Inggris bisa menggunakan pemeringkatan ini atau tidak terserah anda, akan tetapi satu hal yang mesti anda pahami lembaga ranking ini bersifat independen dan sudah menjadi rujukan banyak pihak dalam mendistribusikan mahasiswanya dan juga memilih jurusan.

3 Tips Mencari Universitas di Inggris Terbaik

warcik university

Bagi pemerintah Indonesia, lembaga peringkat ini sering digunakan Kementerian Keuangan LPDP untuk merujuk 50 besar universitas besar dunia, termasuk universitas di Inggris dan berikut di bawah ini adalah 3 hal yang perlu diperhatian saat mencari universitas terbaik di Inggris:

1. QS World University Ranking

Pertama, lembaga pemeringkat universitas di dunia yang paling banyak di rujuk adalah QS World University Ranking. Anda bisa mengunjungi websitenya di Topuniversities.com atau mengetikkan kata kunci di mesin pencarian “qs world university rankng 2019 atau 2020”.

QS University Ranking membagi ranking universitas berdasarkan reputasi akademik seperti publikasi, jaringan dan juga sumber daya manusianya. Anda bisa mengecek secara detail sampai ke bagian universitas terbaik di eropa, atau universitas terbaik di Inggris.

Bahkan untuk membandingkan dua universitas anda bisa menggunakan fasilitas QS University Ranking ini. Misalnya anda galau memilih Universitas Warwick atau Universitas Bristol.

Maka anda bisa membandingkannya reputasi akademik keduanya di website tersebut.

Pada pertengahan tahun ini, QS World University Ranking merilis daftar universtas terbaik di dunia dengan urutan pertama adalah universitas oxford yang notabene merupakan universitas terbaik di Inggris.

Ranking ini dipublikasikan bulan Juni 2019 dan berlaku hingga 2020. anda bisa mengecek secara rutin publikasi ini melalui websitenya di www.topuniversities.com.

Pada beberapa publikasi sebelumnya, universitas terbaik di Inggris masih juga diduduki universitas oxford, dimana beberapa universitas di inggris yang lain juga masuk ke dalam daftar sepuluh universitas terbaik di dunia.

2. Times Higher Education Supplement

Kedua, Times Higher Education Supplement, merupakan lembaga pemeringkat yang rutin mempublikasikan penilaiannya setiap tahun. Times Higher Education mengukur indikator universitas terbaik juga sama dengan QS University ranking dimana menggunakan penilaian sumber daya manusianya.

Misalnya berapa jumlah peneliti doktor dan profesornya, alumni di dunia kerja, jumlah mahasiswa internasional dan juga jumlah publikasinya.

Jika anda mencari universitas di Inggris ntuk berkuliah di Inggris, anda disarankan menggunakan menggunakan QS World University Ranking dan Times Higher Education.

3. Webometrics

Ketiga, adalah lembaga pemeringkat khusus untuk website website universitas dalam bidang publikasi bernama Webometrics. Pemeringkatan ini jarang digunakan oleh mahasiswa yang ingin mencari universitas di Inggris.

Karena biasanya mahasiswa yang ingin kuliah di Inggris sudah sering menggunakan QS University dan Times Higher Education.

Pemeringkatan ini banyak digunakan peneliti dan akademisi dalam melihat seberapa banyak publikasi di website universitas banyak disitasi (dikutip) oleh kampus kampus lain.

Jika anda ingin melihat jumlah kutipan sitasi kampus tujuan anda, bisa melihat secara detail di webometrics dan juga lembaga penerbit jurnal seperti scopus dan elshevier.

Lalu, dari ketiga lembaga pemeringkat di atas apakah efektif dalam memberikan jaminan dalam melihat kualitas universitas di Inggris? Tentu saja, terutama dua lembaga pemeringkat di awal banyak menjadi rujukan lembaga-lembaga internasional.

Tips dan Trik Saat Mencari Universitas di Inggris yang Terbaik

Tips dan Trik Saat Mencari Universitas di Inggris yang Terbaik

Tips dan trik bagi anda yang ingin mencari universitas di Inggris ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan. Mulai dari rangking univeritas, ranking jurursan (karena tiap universitas berbeda ranking jurusannya, ranking jurusan bisa dilihat di QS University ranking).

Serta publikasi dan juga jumlah alumni atau alumn yang berkarir di Indonesia. Untuk yang terakhir ini anda mesti pintar pintar dalam mencari informasi di internet.

Karena dengan mengetahui alumni yang berkarir di Indonesia bisa menambah motivasi anda untuk menyakinkan memilih universitas tersebut.

Jika anda merasa kesulitan dalam mencari alumni dari universitas di Inggris yang berkarir di Indonesia, anda bisa mencoba mencarinya dengan dua cara.

Cara pertama adalah dengan melihat langsung website universitas ujuan anda. Misalnya website universitas SOAS University of London

Disana ada link ke arah alumni yang bisa anda telusuri satu per satu atau mengetikkan kata kunci “indonesia”. biasanya beberapa website universitas mencantumkan beberapa alumni yang berkiprah menjadi orang penting di negara lain di dalam websitenya.

Atau biasanya nama alumni juga dicantumkan berdasarkan asal negara dan juga judul tesis atau disertasi yang pernah dikerjakan di universitas tersebut di Inggris.

Cara kedua adalah dengan melihat langsung di website Kedutaan Besar Inggris di Indonesia. Dalam beberapa kesempatan biasanya Kedutaan Inggris di Indonesia sering mengadakan temu alumni Inggris yang menghadirkan pembicara dari alumni yang pernah kuliah di Inggris

Temu alumni ini sering dilakukan bagi penerima beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris. Contoh lain yang juga sering diadakan adalah temu alumni beasiswa Fullbright dari Amerika yang dilakukan Kedutaan Besar Amerika.

Berapakah Biaya Kuliah Di Inggris?

Pada bagian akhir, yang perlu Anda perhatikan adalah Anda mesti melihat biaya kuliah di Inggris. Biaya kuliah di inggris pada prinsipnya bukan mengikuti universitas terbaik atau bukan.

Tetapi lokasi dimana anda tinggal, semakin metropolis kota tempat anda tinggal, maka biaya hidupnya akan semakin mahal. Misal anda studi di University of London dan tinggal di pusat kota maka akan sangat mahal.

Kecuali Anda kuliah di sana dan mencari lokasi tinggal di bagian perbatasan kota (sub urban), maka biaya hidupnya akan berkurang, tetapi resikonya anda mesti mempertimbangkan biaya transportasi ke kampusnya dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda yang sedang ingin kuliah di Inggris.

Dan bagi Anda yang ingin berminat untuk Kuliah di Inggris maka persiapkan dari sekarang juga dengan mengikuti berbagai macam preparation di West Wood Prep seperti preparation GMAT, SAT, Toefl, IELTS, sampai kursus bahasa Inggris untuk informasi lengkapnya bisa isi form diatas ini.