universitas di jerman

7 Daftar Universitas di Jerman Terbaik Ini Perlu Diketahui

Posted on

Universitas di Jerman Terbaik – Jerman memiliki banyak universitas – universitas yang berkualitas sehingga banyak calon mahasiswa internasional yang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya di negara Jerman.

Jika kamu tertarik untuk kuliah di Jerman, tetapi masih bingung menentukan kampus tujuanmu, simak universitas Jerman terbaik berikut ini.

7 Daftar Universitas di Jerman Terbaik Ini Perlu Diketahui

Berikut ini beberapa universitas di Jerman terbaik yang masuk dalam QS World University Ranking 2018, diantaranya adalah sebagai berikut:

universitas terbaik di jerman

1. Technische Universität München (TUM)

Universitas yang berdiri pada tahun 1946 ini termasuk universitas teknik favorit yang memiliki beragam jurusan teknik, kedokteran, ilmu alam serta ekonomi. Universitas di Jerman ini menawarkan program S1, S2, dan S3 untuk berbagai program studi.

Dari data QS World University Ranking 2018, TUM menempati posisi ke-61. Lebih dari 10 alumni TUM mendapatkan penghargaan nobel. TUM menjadi universitas yang banyak diminati oleh mahasiswa Jerman dan mahasiswa internasional.

Baca Juga:  4 Universitas Di Jerman Yang Gratis Uang Kuliah yang Perlu Diketahui

2. Ludwig-Maximilians-Universität München

Universitas Ludwig-Maximilians-Universität München atau dikenal dengan nama LMU merupakan salah satu universitas riset tertua di Jerman. Universitas ini menjadi ‘universitas Elit’ dan salah satu universitas terbaik di Jerman.

Diantara mahasiswa dan profesor di universitas ini yang menjadi penerima nobel yaitu: Otto Han, Wilhelm Rontgen, Werner Heisenberg, Thomas Man dan Max Planck. Itu sebabnya LMU menjadi universitas terbesar kedua di Jerman yang menempati posisi ke-62 QS Worlds Rankings.

3. Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg

Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg atau sering disebut Universitas Heidelberg merupakan universitas tertua di Jerman yang dibangun pada tahun 1386. Banyak peraih nobel dari universitas terbaik Jerman ini. Jurusan kedokteran menjadi jurusan unggulan di Universitas Heidelberg. Universitas Jerman ini menempati peringkat ke-64 di QS World Rankings.

4. Karlsruhe Institute of Technology

KIT merupakan universitas di Jerman yang memiliki predikat Excellent di bidang teknologi khususnya teknik mesin. Universitas yang terletak di kota Karlsruhe, Baden-Württemberg ini didirikan tahun 1825. Pada tahun 2009, dilakukan penggabungan dari Universitas Karlsruhe dan Karlsruhe Research Center (KRC) menjadi Karlsruhe Institute of Technology (KIT).

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Jerman yang Menarik Untuk Dikunjungi

Tokoh – tokoh yang lahir dari Universitas Karlsruhe diantaranya, Karl Friedrich Benz, Ferdinand Braun, Fritz Haber, dan Herman Straudinger. KIT menepati urutan ke-116 dalam QS World University Rankings.

5. Universitas Humboldt Berlin

Universitas Humboldt Berlin atau Humboldt-Universität zu Berlin merupakan salah satu universitas tertua di Jerman yang berdiri pada tahun 1810. Pada saat awal didirikan, universitas ini dinamakan Universitas Berlin, namun kemudian pada tahun 1949 berubah nama menjadi Universitas Humboldt. Perubahan nama ini dilakukan untuk menghormati para pendiri universitas ini.

Universitas Humboldt Berlin ini menjadi salah satu universitas yang bergengsi di Eropa karena melahirkan beberapa peraih nobel . Universitas Humboldt Berlin menduduki peringkat 121 dalam QS World University Rankings.

6. RWTH Aachen University

RWTH Aachen University merupakan salah satu universitas terbaik di Jerman yang berdiri pada tahun 1870. Berdasarkan data dari QS World University Ranking tahun 2018, RWTH Aachen University menempati peringkat ke 141.

Jurusan yang populer di universitas Jerman ini yaitu teknik mesin, elektroteknika, ilmu komputer, arsitektur, dan ekonomi. Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di kampus ini sekitar 3000 mahasiswa.

Baca Juga:  5 Universitas Kedokteran di Jerman Terbaik yang Perlu Diketahui

7. Universität Hamburg

Universität Hamburg atau University of Hamburg didirikan pada tahun 1919. Universitas ini menawarkan program S1, S2, dan S3 di berbagai program studi dan menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan seperti perpustakaan, fasilitas olahraga, bahkan menawarkan pertukaran mahasiswa ke luar negeri. Universitas di Jerman ini menempati urutan ke-223 QS World University Rankings.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar universitas di Jerman, kamu bisa konsultasi dengan Virtu Education berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan, kunjungi websitenya www.virtueducation.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *