Universitas di Norwegia Peringkat Terbaik

Posted on

Universitas di Norwegia – Pernah mendengar negara Norwegia? Atau baru pertama kali mendengar nama negara yang terdengar asing ini? Eits jangan salah, Norwegia adalah salah satu negara maju di eropa bagian utara, tepatnya di semenanjung Skandinavia.

Dinamakan semenanjung Skandinavia, karena Norwegia berbatasan dengan negara-negara yang masih mempunyai kekerabatan suku nordic yaitu negara Swedia, Finlandia dan berbatasan dengan negara Rusia. Selain itu Norwegia juga berbatasan laut dengan Islandia dan juga berbatasan laut dengan negara negara eropa tengah misalnya austria, perancis dan juga belanda.

Norwegia, bersamaan dengan Swedia dan Finlandia amat sangat terkenal dengan pendidikan tinggi yang berkualitas, itulah mengapa menjadi sebab universitas di norwegia menjadi rujukan banyak orang untuk melanjutkan studi disana. Perkembangan universitas di norwegia juga didukung sistem politik dan ekonomi di Semenanjung Balkan yang mayoritas sangat stabil.

Sistem politik di semenanjung Skandinavia rata rata stabil karena tingkat kesejahteraan penduduknya tinggi, jumlah kekerasan kecil (bahkan polisi di Skandinavia hanya menemukan kasus sebulan satu kali kriminalitas) dan penduduknya hidup damai dalam sistem politik yang cukup rapih, selain itu juga didukung sistem ekonomi sosialis yang dianut rata rata penduduk Skandinavia juga membuat tingkat persaingan menurun.

Kenapa ada keterkaitan antara universitas di norwegia dengan sistem ekonomi sosialis yang dianut negara negara Skandinavia? Negara negara ini biasananya menerapkan pajak tinggi pada sektor sektor konsumsi, sehingga hasilnya pajaknya banyak disubsidikan ke sektor-sektor pelayanan, misalnya sektor jasa, sektor pendidikan dan sektor pelayanan sosial orang tua dan panti asuhan.

Keterkaitan itulah yang membuat universitas-universitas di Norwegia mempunyai subsidi besar dari negara, mempunyai otonomi khusus dari negara dan mampu bersaing dengan universitas-universitas lain di negara negara Skandinavia dan bahkan universitas di belahan negara negara eropa lainnya.

Baca Juga:  Ibu kota Norwegia di Semenanjung Skandinavia

Negara norwegia beribukota di Oslo ini, ternyata memiliki universitas di norwegia yang masuk ke dalam jajaran kelas dunia. Artikel ini akan lebih mengulas mendalam lima universitas di Norwegia yang masuk ke dalam peringkat terbaik di Norwegia dan juga di negara-negara eropa lainnya.

Pertama, universitas di norwegia yang termasuk peringkat terbaik utama adalah universitas Oslo. Universitas ini menawarkan banyak jurusan menarik mulai dari ilmu sosial, humaniora, teknologi dan teknik, mipa, sains, lingkungan seni dan lain-lain, setiap tahun setidaknya menerima dua puluh ribu mahasiswa baru. Universitas Oslo ini bertengger sebagai universitas terbaik di Norwegia, dan masuk ke dalam 90 universitas terbaik di dunia versi US News World Report dan 120 versi Times Higher Education Ranking.

Kedua, universitas di Norwegia yang termasuk ke dalam peringkat terbaik selanjutnya adalah universitas Bergen (university of Bergen). universitas ini masuk ke dalam peringkat 170 versi US News World Report dan 197 versi Times Higher Education Ranking tahun 2019.

Ketiga, universitas di norwegia selanjutnya yang masuk ke dalam jajaran terbaik adalah Norwegian University of Science and Technology (NTNU) adalah kampus pusat riset di bidang sains dan teknologi. Kampus ini menempati jajaran 200 besar dunia versi US News World Report Ranking dan juga 300 besar dunia versi Times Higher Education Ranking (2019).

Keempat, universitas di Norwegia yang terbaik keeempat adalah UIT the Artic university of Norway dengan posisi di 400 besar dunia versi US News World Report dan 400 besar versi Times Higher Education Ranking.

Kelima, universitas di norwegia yang masuk ke dalam lima besar adalah Norwegian University of Life Science (NMBU), universitas ini menempati posisi 500 besar dunia versi US News World Repot dan 500 dalam laporan Times Higher Education Ranking.

Baca Juga:  Destinasi Wisata Norwegia Paling Terkenal

Jika dibandingkan dengan kampus-kampus di Indonesia seperti UI, ITB dan UGM, Maka ketiga kampus ini masih menduduki ranking 500 besar dunia. Jadi jika dibandingkan dengan universitas di Norwegia yang masuk dalam lima terbaik tadi maka universitas di Norwegia masih terbaik dibandingkan dengan universitas di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *