Jurusan Universitas Durham di Inggris hingga Persiapan Masuk

Posted on

Universitas Durham – Perguruan tinggi Durham yang terkenal di dunia berada di Inggris. Universitas ini tertua ketiga di Inggris dan selalu masuk ke sepuluh besar sekolah terbaik. Termasuk dalam Russel group sama dengan beberapa universitas internasional lainnya dan sering menjadi alternatif lain dari Cambridge dan Oxford.

Terletak di jantung kota Durham yaitu di bagian timur laut Inggris kampus dibagi menjadi kampus utama Durham and Queens campus dekat dengan Stockton. Diikuti oleh lebih dari 17.000 mahasiswa yang belajar dimana 1.900 diantaranya adalah mahasiswa internasional yang berasal dari 150 negara.

Banyak sekali pelayanan yang diberikan dari universitas khususnya bagi mahasiswa asing yang belajar. Mulai dari dukungan keuangan, layanan penasihat karir hingga layanan untuk mahasiswa disabilitas.

Fasilitas umum yang bisa didapatkan seperti perpustakaan yang buka setiap hari. Layanan teknologi juga disediakan dengan lebih dari 1.200 komputer pribadi di ruang kelas hingga akses terbuka.

Sekolah yang telah dibangun sejak 1832 ini telah disetujui oleh King William IV dan berkembang hingga saat ini. Kampus ini terbentang di area 227 hektar lahan dan menjadi rumah bagi situs warisan dunia UNESCO.

Dilihat dari bangunan yang memiliki arsitektur menarik tidak heran jika bangunan kampus menjadi situs warisan dunia. Banyak hal lainnya yang membuat universitas Durham menarik banyak perhatian.

Bagi Anda yang tertarik untuk masuk ke universitas ini sebaiknya kenali apa saja jurusan yang tersedia dan persiapan yang harus dilakukan dari sekarang.

Macam-Macam Jurusan di University Durham yang Diminati

Universitas ini terdiri dari tiga fakultas utama yaitu seni dan sastra, sains dan ilmu sosial dan yang ketiga adalah kesehatan. Lebih dari 16 jurusan dan 25 departemen yang menawarkan lebih dari 200 program sarjana dan 130 pascasarjana.

Baca Juga:  5 Universitas Terbaik di Inggris yang Harus Masuk Daftar Pilih

Banyaknya ilmu yang dikolaborasikan membuat banyak pilihan yang sering membingungkan. Disisi lain olahraga menjadi aspek kunci kehidupan mahasiswa di Durham. Mayoritas mahasiswa selalu teratur berpartisipasi dalam satu atau dua jenis olahraga sebagai kegiatan ekstra.

Bisnis, Marketing dan Manajemen

Jurusan yang paling populer di kalangan mahasiswa internasional. Mengapa? Jika Anda memilih jurusan ini di Durham maka kesempatan kerja selama satu tahun di bidang ekonomi, akuntansi dan manajemen bisa dipilih.

Selain itu kesempatan untuk mengikuti program pertukaran pelajar juga tersedia. Dasar-dasar marketing dan manajemen juga akan dipelajari selama masa perkuliahan.

Ekonomi

Berbagai macam materi ekonomi disampaikan dengan sangat luas pada jurusan ini. Memulai dari ekonomi dan manajemen, filsafat, politik dan ekonomi, ekonomi dan matematika, hingga ekonomi dan psikologi. Ilmu gabungan ini lah yang tidak akan ditemukan di universitas lainnya.

Masih sama, di jurusan ekonomi ini Anda juga bisa memilih untuk mengikuti praktek kerja selama satu tahun dan juga mengikuti pertukaran pelajar ke luar negara.

Arkeologi

Tidak disangka bahwa jurusan arkeologi juga banyak diminati oleh banyak mahasiswa baik di luar Eropa maupun di uni Eropa. Jurusan ini memberikan lebih banyak pandangan kepada mahasiswa karena ilmu yang diberikan lebih luas.

Mulai dari sejarah, antropologi, sejarah dunia, dan juga dasar-dasar arkeologi.

Ilmu komputer

Mahasiswa yang mempelajari ilmukomputer di sini lebih pada perangkat keras dan juga perangkat lunak. mempelajari mengenai pengembangan sistem yang menggunakan teknologi generasi terbaru. Tidak hanya itu saja mahasiswa juga akan diajarkan untuk mengemabngkan keterampilan secra profesional.

Tentu saja langkah tersebut diambil untuk memberikan kemampuan berkomunikasi secara efektif sehingga nantinya memberikan kontribusi yang besar di tempat kerja. Tambahan materi bisnis dan matematika akan membantu mahasiswa untuk bekerja lebih mandiri.

Baca Juga:  TOEFL IBT, Tes TOEFL Online Yang Berlaku Internasional

Bahasa dan budaya

Berbagai macam bahasa akan dipelajari selama Anda mengikuti perkuliahan di universitas Durham. Mendapatkan kesempatan ini, Anda akan mempelajari tentang bahasa China dan Jepang serta kesempatan mengikuti pertukaran pelajar selama satu tahun.

Bagian menarik lainnya adalah mempelajari berbagai bahasa di Eropa. Ditambah dengan film dan visual art menjadi bagian budaya yang akan Anda ketahui nantinya.

Alasan Memilih Universitas Durham Inggris

Mengapa harus memilih universitas Durham sebagai tujuan belajar? Jika dilihat dari profil universitas hingga jurusan yang banyak diminati pasti sudah dapat ditebak alasan apa saja untuk Anda masuk ke dalam sekolah ini.
Pengajaran yang berkualitas

Semua mata pelajaran yang ditawarkan masuk dalam peringkat sepuluh besar dalam The Complete University Guide. 83% materi yang disampaikan adalah tentang penelitian yang terdepan di dunia dan berkualitas luar biasa secara internasional.

Memiliki sejarah panjang

Sejarah Durham sangat beragam dan penuh warna. Manusia telah menduduki wilayah tersebut sejak 2000 SM. Kota ini telah menjadi pusat pembelajaran global. Kastil Durham dan Katedral Durham diberi nama sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1986.

Bahasa Inggris klasik

Kesempatan mempelajari bahasa Inggris yang luas khususnya untuk bahasa Inggris klasik akan Anda dapatkan di Durham. Dapat dilihat dari banyaknya kastil yang masih bertahan artinya kebudayaan masyarakat hingga bahasa yang digunakan masih bertahan dari zaman ke zaman. Inilah yang membuat bahasa Inggris klasik masih bertahan dan bisa Anda belajar sampai sekarang.

Persiapan Masuk Universitas Durham di Inggris

Berencana mengikuti perkuliahan di luar negeri artinya persiapan yang panjang harus segera dimulai. Tidak hanya dua atau tiga bulan saja namun Anda harus mempersiapkan diri setidaknya enam bulan sebelumnya.

Baca Juga:  Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Paling Recomanded

Persiapan ini meliputi dari skill dan dokumen sebagai syarat untuk masuk. Anda tentunya juga akan mengikuti ujian masuk dan memenuhi standar yang dibutuhkan. Setelah diterima maka Anda akan mengurus dokumen penting lain untuk keberangkatan.

Sesampainya disana Anda harus mempersiapkan diri secara mandiri untuk kebutuhan akomodasi dan lainnya. Bagi Anda yang ingin mengikuti perkuliahan di universitas Durham, berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Bahasa

Bahasa adalah syarat utama yang harus dimiliki dan termasuk dalam skill. Kemampuan ini akan dibuktikan dalam bentuk dokumen yaitu IELTS. Jika saat ini Anda belum menguasai bahasa Inggris maka segeralah mengikuti kursus khusus persiapan test IELTS atau belajar bahasa Inggris dari dasar.

Bahasa yang dimiliki harus mahir khususnya pada bidang akademik yang diminati. Hasil dari test IELTS setidaknya adalah 5.0 dalam menulis. Sedangkan untuk program pascasarjana adalah 5.5 untuk semua bidang.

Umur dan nilai akademik

Bagi Anda yang ingin melanjutkan ke sarjana strata 1 (S1) setidaknya harus berumur 17 tahun. Program pascasarjana dapat diikuti oleh Anda yang berumur 20 tahun. Untuk nilai masing-masing negara memiliki standar berbeda.

Khusus untuk Indonesia yang akan melanjutkan ke tingkat S1 harus memiliki nilai minimal 7 kelas 3 SMA dan nilai 8 untuk kelas 2 SMA. Syarat untuk pascasarjana dalam nilai akademik adalah D3 dengan nilai A-4 excellent dan S1 dengan nilai B-3 good.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *