Ingin Belajar di Universitas Manchester? Ikuti Profil Lengkapnya

Posted on

Universitas Manchester – Mengapa memutuskan kuliah di Inggris? Kebanyakan orang memilih Inggris sebagai tempat melanjutkan studi karena dapat memberikan karir terbaik di dunia internasional. Namun tidak hanya sebatas itu saja, pengalaman hingga penelitian banyak dilakukan disana.

Banyak sekali universitas ternama yang bisa Anda jadikan pilihan salah satunya adalah universitas Manchester. Perguruan tinggi ini memiliki peranan yang sangat besar bagi mahasiswa internasional dimana lebih dari mahasiswanya berasal dari 160 negara.

Lingkungan belajar yang ramah, mudah untuk diakses dan multibudaya menjadikan basis yang tepat untuk belajar. Bagi mahasiswa internasional, layanan karir melalui universitas ini cukup tinggi. Dimana 94% dari lulusanya langsung terjun ke dunia kerja atau melakukan penelitian lebih lanjut.

Sebagai bagian dari Russell Group kualitas pendidikan dan pengajarannya telah diakui di seluruh dunia. Banyak sekali dukungan yang diberikan khususnya untuk mahasiswa internasional.

Seperti apakah universitas Mencehseter yang bisa menjadi pilihan utama ketika studi di Inggris? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Ringkasan tentang Universitas di Manchester

Universitas Manchester dibentuk dari penggabungan Victoria University of Manchester dan UMIST pada tahun 2004. Membuatnya sebagai universitas terbesar di Inggris. Lahirnya sebenarnya pada tahun 1824 dengan dibentuknya Lembaga Mekanika Manchester.

Lebih dari 40.000 mahasiswa melanjutkan studi di universitas terbesar di Inggris ini. Semua lembaga pendidikan digabungkan dan kota Manchester kini memiliki populasi siswa terbesar di Eropa. Salah satu daya tarik yang utamanya adalah lingkungan yang ramah bagi mahasiswa.

Pengajaran dalam universitas ini dibagi menjadi empat fakultas yaitu Ilmu Kehidupan, Sastra, Kedokteran dan Ilmu Manusia, serta terakhir Ilmu Fisika. Fasilitas yang paling banyak diminati adalah perpustakaan yang menampung lebih dari empat juta buku cetak dan manuskrip. Terdapat lebih dari 41 ribu jurnal elektronik dan 500 ribu buku elektronik.

Baca Juga:  Rumus dan Contoh Kalimat Simple Past Tense Positif Negatif Dan Tanya

Kesehatan mahasiswa juga dijamin, semua siswa akan mendapatkan kesehatan melalui dokter umum setempat begitu tiba di kampus. Layanan konseling spesialis juga akan membantu mahasiswa untuk mengatasi masalah pribadi, harga diri, hubungan, seksualitas, kesehatan mental dan kesejahteraan umum.

Layanan kesehatan mental tersebut menawarkan janji pribadi, gratis dan rahasia. Bagi siswa disabilitas akan mendapatkan bantuan dari Disabilitas Advisory dan layanan Dukungan agar mendapat akses dukungan yang dibutuhkan.

Biaya di Universitas Manchester dan Beasiswa

Berapakah biaya yang dibutuhkan untuk bisa menempuh pendidikan baik itu sarjana dan pasca sarjana? Biaya yang dibutuhkan untuk keduanya berbeda dan perbedaan ini juga diterapkan untuk mahasiswa non UE jika Anda berasal dari luar Uni Eropa.

Bagi mahasiswa UE sendiri biaya yang diterapkan mulai dari 10 ribu US dollar. Sedangkan untuk mahasiswa non UE adalah 20 ribu US dollar ke atas. Jumlah tersebut tentu saja sangat mahal jika Anda harus membayarnya sendiri.

Jangan khawatir terdapat pilihan beasiswa yang bisa Anda dapatkan di universitas Manchester. Berikut ini beberapa jenis beasiswa yang bisa didapatkan.

School of Mathematics Scholarship Award

Bagi Anda yang tertarik pada bidang matematika bisa memanfaatkan beasiswa ini. Beasiswa yang diberikan untuk para pascasarjana ini bisa diambil maksimal tiga tahun dan berlaku untuk siapa saja.
Research Impact Scholarships in Alliance Manchester Business School

Beasiswa yang diperuntukan fakultas sastra dan bisnis ini sejumlah 19 ribu euro dan akan diberikan selama tiga tahun. Bisa diperoleh siapa saja yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut di bidang tersebut.
Commonwealth Scholarships and Fellowships Plan (CSFP) General Scholarship

Beasiswa yang ketiga ini bisa digunakan untuk berbagai bidang studi dan diberikan untuk para sarjana yang ingin melanjutkan studinya.

Baca Juga:  Contoh Irregular Verb dan Artinya Unuk Kamu Pelajari

Lokasi Universitas Manchester Inggris dan Akomodasi yang Tersedia

Kampus yang sangat terkenal ini terletak di Oxford Road dimana terkenal sebagai kawasan terbesar pendidikan tinggi di Inggris. Berdiri di atas lahan seluas 270 hektar dengan 245 bangunan. Kampus dapat dicapai dengan berjalan kaki dari pusat kota dan dekat dengan Curry Mile.

Berada tiga jam dari kota London, Anda bisa datang menggunakan kereta api. Banyak sekali galeri seni, teater, museum yang memiliki arsitektur fantastis dan unik. Akomodasi berupa asrama untuk mahasiswa terdaftar sebanyak 8.000 kamar. Semua akomodasi berjarak 3 km dari kampus utama.

Asrama ini memiliki banyak fasilitas seperti aula utama, aula di setiap gedung, fasilitas bersama. Beberapa gedung juga dipersiapkan untuk mahasiswa pascasarjana yang memiliki keluarga. Kamar dan fasilitas yang difungsikan untuk disabilitas telah disesuaikan dengan kebutuhan.

Keamanan dari masing-masing gedung tetap terjaga dan setiap ruang memiliki sistem akses dengan kartu dan CCTV. Semua penghuni asrama juga memiliki tim keamanan yang berjaga selama 24 jam.

Biaya untuk asrama lebih murah yaitu sekitar 3 ribu euro per tahunnya. Bagi mahasiswa tempat tinggal di asrama dan suasana kota yang aman akan menjadi ruang belajar dan memperoleh pengalaman dengan lebih nyaman.

Cara Masuk Universitas Manchester Inggris

Persyaratan untuk bisa masuk ke dalam universitas Manchester tergantung pada nilai yang tinggi saat ujian masuk. Inilah alasan utama mengapa perguruan tinggi di Inggris memiliki pendidikan berkualitas tinggi bagi siswa yang memiliki prestasi luar biasa.

Selain itu juga mempertimbangkan informasi lain untuk mengidentifikasi siswa mulai dari potensi hingga latar belakang pendidikan. Seseorang yang ingin masuk ke universitas Manchester Inggris harus melalui UCAS yaitu organisasi Inggris yang ditunjuk untuk memproses aplikasi ke seluruh universitas di Inggris.

Baca Juga:  Mari Belajar Kata Kerja v1 v2 v3 Untuk Kamu Pelajari

Semua keputusan penerimaan di Universitas of Manchester dibuat di sekolah akademik dan dinilai melalui nilai sebelumnya bahan prediksi. Beberapa hal lainya adalah bukti pengetahuan akademik seperti IELTS dan nilai sebelumnya, serat komitmen pernyataan pribadi dalam bentuk surat motivasi.

Pada ujian masuk biasanya akan dilakukan wawancara, tes bakat dan seleksi dokumen melalui portofolio yang telah dikirimkan. Keadaan lain juga akan menjadi pertimbangan seperti kemampuan ekonomi yang dibutuhkan untuk membayar semua kebutuhan hidup dan sekolah untuk mahasiswa asing.

Universitas Manchester Jurusan yang Terkenal

Jika Anda memilih universitas Manchester untuk melanjutkan studi, apakah jurusan yang paling banyak diminati. Universitas ini menawarkan empat fakultas dan ratusan bidang studi. Namun terdapat tiga jurusan terkenal yang banyak diminati oleh mahasiswa yaitu bisnis, penelitian biologi, dan juga teknik sipil.

Ada beberapa jurusan lain yang juga diakui di dunia seperti kimia, teknik, bahasa, marketing, kedokteran, dan juga farmasi. Universitas Manchester menawarkan berbagai mata pelajaran yang sangat luas untuk studi sarjana dan pascasarjana.

Hal ini dikarenakan 83% yang diajarkan adalah penelitian dan kegiatan ini dinilai sebagai terdepan di dunia nomor empat. Dalam hal penelitian, universitas Manchester telah menduduki peringkat kelima.

Tidak heran jika universitas Manchester Inggris selalu masuk peringkat 10 besar dalam QS World University Rankings 2019. Bahkan tidak hanya itu, 25 pemenang hadiah Nobel telah didapatkan oleh staf dan mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *