Kuliah di Australia? Universitas Melbourne Bisa Jadi Pilihan

Posted on

Universitas Melbourne – Melanjutkan studi di luar negeri kini bukan hanya impian belaka, kamu bisa mewujudkannya dengan mudah. Sumber informasi lebih mudah didapatkan sehingga tidak perlu datang ke negara tujuan langsung. Siapa saja bisa memperoleh informasi yang akurat melalui internet.

Australia telah menjadi negara yang paling banyak dipilih bagi mahasiswa internasional. Walaupun universitas yang didirikan tidak setua universitas di Inggris, namun konsep pengajaran yang diberikan adalah yang terbaik.

Buktinya universitas di Australia selalu masuk ke dalam rangking dunia dan universitas Melbourne adalah salah satu diantaranya. Hingga kini, perguruan tinggi di kota Melbourne ini selalu masuk peringkat 10 besar universitas terbaik di dunia.

Bagaimana sejarah berdirinya dan jurusan apa saja yang banyak diminati? Hingga bantuan beasiswa untuk biaya kuliah mahasiswa internasional apa saja yang disediakan? Semuanya terangkum secara lengkap disini.

Latar Belakang Universitas Melbourne

University of Melbourne telah didirikan pada tahun 1853, pada saat itu baru berbentuk bangunan yang ada di taman besar pinggiran kota. Waktu itu baru ada empat profesor dan 16 mahasiswa yang mengadakan kegiatan belajar mengajar.

Saat ini bangunan universitas berada di jantung kota internasional dan berkembang secara konsisten. Bisa dikatakan perguruan tinggi ini telah menjadi universitas terkemuka di dunia dan nomor satu di Australia.

Jumlah staf yang bekerja lebih dari 8 ribu yang akan mendukung badan mahasiswa lebih dinamis lebih dari 48 ribu. Termasuk didalamnya adalah 13 ribu mahasiswa internasional dari lebih 130 negara.

Alumni dari universitas Melbourne telah menjadi empat perdana menteri Australia dan lima gubernur. Kota Melbourne sendiri memiliki julukan ibukota budaya Australia, karena telah memenangkan penghargaan Economist’s World’s Most Livable City sebanyak tujuh kali.

Melbourne juga merupakan kota sastra UNESCO dan tempat kelahiran olahraga sepakbola Australia. Setiap sudut kota dipenuhi dengan seni jalanan, musik dan teater. Bagi mahasiswa tidak hanya pembelajaran secara terstruktur yang didapatkan namun juga pengalaman luas.

Baca Juga:  Nama-Nama Kota di Australia yang Terkenal untuk Belajar

Kampus utamanya yaitu Parkville bisa dijangkau dengan transportasi umum. Selain itu dekat dengan kafe pusat perbelanjaan, galeri seni dan olahraga, serat akomodasi bagi mahasiswa yang tidak tinggal di asrama.

Lebih dari 200 klub tersedia di universitas yang berafiliasi dengan masyarakat. Mulai dari klub catur hingga sains khusus wanita bisa dipilih sesuai dengan hobi yang dimiliki. Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas olahraga seperti kolam renang indoor dengan pemanas yang memiliki enam jalur memiliki kedalaman 25 meter. Fasilitas olahraga lainnya adalah jalur atletik. lapangan olahraga dan juga gym.

Jurusan yang ada di Universitas of Melbourne

Jurusan menjadi salah satu alasan utama untuk memilih universitas Melbourne. Jika dijabarkan, universitas ini memiliki 11 jurusan yang dibagi lagi menjadi beberapa bidang studi. Masing-masing bidang studi akan melahirkan sarjana dan pascasarjana.

Berikut ini 11 bidang studi yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Ekonomi Bisnis

Pada jurusan ini kamu bisa memilih bidang ilmu seperti akuntansi dan keuangan, ekonomi dan ekonometrika, manajemen bisnis.

Teknik dan Teknologi

Jurusan ini terbagi menjadi beberapa bidang ilmu teknik listrik dan elektronik, teknik kimia, teknik mekanik dan dirgantara, teknik umum dan terakhir teknik sipil.

Ilmu klinis, pra klinis dan kesehatan

Jurusan ini akan dibagi menjadi bidang ilmu kedokteran dan kedokteran gigi, kesehatan lainnya.

Ilmu komputer

Seni dan sastra

Jurusan ini yang paling memiliki banyak bidang ilmu. Dimulai dari sejarah, filsafat dan teologi kemudian arkeologi, arsitektur, seni dan seni pertunjukan serta desain, bahasa, sastra dan linguistik.

Hukum
Psikologi
Ilmu Pendidikan
Ilmu Kehidupan

Pada jurusan ini banyak sekali penelitian yang dilakukan berhubungan dengan ilmu biologi, ilmu kedokteran hewan, pertanian dan kehutanan.

Baca Juga:  Syarat Pembuatan dan Biaya Visa Australia

Ilmu fisik

Jurusan ini yang paling terkenal dari universitas Melbourne dan bidang ilmu yang dipelajari dalam matematika dan statistik, fisika dan astronomi, kimia, ilmu geologi, lingkungan, bumi dan kelautan.

Ilmu sosial

Jurusan terakhir juga yang paling banyak diminati. Beberapa bidang ilmu diantaranya adalah politik dan studi internasional, sosiologi dan geografi.

Kurikulum yang kompetitif secara global menjadi model di universitas Melbourne. Berbagai ilmu ini membekali siswa dengan pengetahuan luas serta mendalam. 97% mahasiswa adalah sarjana dan 98% mahasiswa pascasarjana bekerja tiga hingga lima tahun setelah lulus.

Disediakan juga kurikulum khusus untuk memberi mahasiswi pemahaman lebih luas tentang dunia di luar gelar mereka. Keluasan dan kedalaman pengetahuan siswa ini membuat mereka akan siap membangun keterampilan untuk bisa beradaptasi ketika tingkat profesional berubah.

Biaya Kuliah di Universitas Melbourne

University of Melbourne telah mendapat peringkat nomor 32 versi World University Rankings tahun 2019. Hingga saat ini 48.000 mahasiswa bersekolah di sini untuk mendapatkan gelar sarjana dan pascasarjana.

Biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program sarjana adalah sekitar 15 ribu hingga 33 ribu dolar Australia atau setara dengan 160-350 juta tergantung jurusan. Sedangkan untuk program pascasarjana adalah 20 ribu hingga 37 ribu atau sekitar 215 juta hingga 400 juta.

Tidak semua mahasiswa mengikuti perkuliahan dengan biaya pribadi, sebagian besar mereka adalah penerima beasiswa. Baragam beasiswa disediakan oleh universitas Melbourne baik untuk mahasiswa dalam negeri dan internasional.

Bagi mahasiswa Indonesia, masih memiliki kesempatan besar mendapatkan beasiswa tersebut. Selain beasiswa dari universitas, pemerintah Australia juga menyediakan beasiswa untuk berbagai bidang jurusan.

Berikut ini beberapa jenis beasiswa yang bisa dipilih agar berhasil melanjutkan studi ke universitas Melbourne.

Baca Juga:  VFS Global : Layanan Mudah untuk Pergi ke Luar Negeri

Australia Awards Scholarships

Beasiswa ini diselenggarakan oleh pemerintah Australia dan terbuka untuk umum. Biaya yang dipenuhi melalui beasiswa ini adala biaya kuliah penuh sesuai gelar yang diambil. Selain itu juga memenuhi kebutuhan pulang pergi ke negara asal, biaya hidup, dan asuransi kesehatan.

Beasiswa bisa didapatkan mengikuti waktu sekolah minimum yang diselenggarakan oleh universitas. Karena diadakan oleh pemerintah, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai universitas baik Melbourne dan lainnya.

Undergraduate Scholarships University of Melbourne

Beasiswa ini diberikan oleh universitas melbourne kepada mahasiswa internasional dan jumlahnya adalah 50 per tahun. Kamu bisa mengikuti berbagai bidang sesuai minat dan semua biaya akan dipenuhi oleh universitas. Jumlah biaya 50 persen hingga 100 tergantung kemampuan.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti memiliki nilai minimal 43 pada International Baccalaureate, memiliki nilai A dari GCE A Levels.

Graduate Research Scholarship University of Melbourne

Masih beasiswa yang diselenggarakan oleh universitas, kali ini diperuntukan kepada mahasiswa internasional yang ingin meraih gelar pascasarjana. Jumlah beasiswa cukup banyak yaitu 600 per tahunnya di segala bidang. Beasiswa ini mencakup biaya hidup, kuliah, dan penelitian selama dua hingga tiga tahun sesuai bidang dan gelar yang diambil.

Siapa saja bisa mendaftar dengan memenuhi syarat yang diajukan. Pastikan kamu memiliki kriteria yang sesuai dengan syarat yang diberikan dari beasiswa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *