Kenali Dulu Profil Universitas Oxford Sebelum Mendaftar

Posted on

Universitas Oxford – Apa ada diantara kalian ada yang bercita-cita melanjutkan kuliah ke universitas Oxford? Pastinya tidak mudah bisa diterima sebagai mahasiswa universitas Oxford. Bersama Cambridge, kedua kampus ini merupakan universitas paling bergengsi dan terbaik di Inggris. Jadi kalian pasti akan bersaing dengan siswa terbaik dari berbagai negara. Tapi tidak perlu takut, siapkan diri kalian dari sekarang dengan persiapan matang.

Universitas Oxford juga disebut-sebut sebagai universitas berbahasa Inggris tertua di dunia. Meskipun tidak ada catatan tanggal pendiriannya, tapi sejarah mencatat universitas Oxford telah mulai pengajaran sejak tahun 1096. Selama ratusan tahun, mereka telah membagikan ilmunya pada siswa terbaik dari seluruh dunia.

Alumni Oxford telah tersebar di ke berbagai penjuru dunia dan telah memberikan banyak manfaat di bidangnya masing-masing. Nah bagi kalian yang sedang mencari kampus terbaik di luar negeri, ikuti ulasan mengenai universitas Oxford Inggris ini

Profil universitas Oxford

Universitas Oxford telah berusia lebih dari 900 tahun. Dan selama 9 abad itu pula mereka membangun reputasi sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Sebagai universitas terbaik sekaligus tertua, universitas Oxford telah menjadi merek global yang dikagumi, dihormati dan sangat terkenal di seluruh dunia.

Oxford merupakan universitas modern, berkelas dunia, dan sangat berorientasi pada penelitian. Oxford menempati peringkat 5 versi QS World University Rankings 2019 dan baru saja dinobatkan sebagai peringkat 1 dunia versi Times Higher Education (THE) World University Ranking 2019.

Letak universitas Oxford

Tahukah kalian dimana universitas Oxford berada? Apakah lokasi universitas Oxford di London?

Universitas Oxford berada di kota tua Oxford yang berjarak sekitar 97 km di sebelah barat laut London. Kalian bisa menempuh universitas Oxford London dalam satu jam perjalanan kereta. Saat ini universitas memiliki sekitar 240 gedung yang ada di 13 lokasi berbeda.

Nuansa internasional sangat terasa di universitas Oxford. Saat ini ada hampir 24 ribu mahasiswa dimana 40 persennya merupakan mahasiswa asing. Dengan jumlah penduduk kota Oxford yang hanya sekitar 150 ribu jiwa, otomatis mahasiswa universitas Oxford menyumbang 16% dari populasi kota.

Baca Juga:  Mari Belajar Kata Kerja v1 v2 v3 Untuk Kamu Pelajari

Mahasiswa dari berbagai negara akan dibuat nyaman belajar di Oxford. Karena kota Oxford merupakan kota impian dengan pemandangan kota sangat indah. Ada banyak bangunan kuno yang menjadi ikon kota diantaranya museum Ashmolean, gedung teater Sheldonian, perpustakaan Bodleian, maupun bangunan kampus itu sendiri.

Selain itu, kota Oxford juga dipenuhi ruang hijau, sungai di tengah kota, taman botani yang luas, serta taman kampus yang indah.

Walau bukan kota besar, kalian tidak akan merasa kesepian di sini. Di pusat kota Oxford, kalian bisa dengan mudah menemukan banyak kafe, toko, bioskop, maupun restoran. Jadi meskipun Oxford termasuk kota tua, banyaknya mahasiswa membuat kota ini selalu dinamis.

Alumni Oxford telah tersebar ke seluruh dunia dengan jumlah lebih dari 250 ribu. Berbagai prestasi besar yang telah diraih alumninya diantaranya 26 hadiah nobel, 120 medali olimpiade, dan lebih dari 30 alumni pernah menjadi pemimpin negara

Beberapa alumni yang terkenal diantaranya Bill Clinton, Tony Blair, Indira Ghandi, Hugh Grant, Stephen Hawking, dan Richard Dawkins. Bahkan sebanyak 26 Perdana Menteri Inggris menjadi bagian dari alumni universitas Oxford.

Universitas Oxford dan Jurusannya

Universitas Oxford terdiri dari 44 college yang masing-masing memiliki ciri khas dan keunikan. College bersifat otonom, sehingga mereka berhak menetapkan peraturannya sendiri. Tidak ada college yang menawarkan semua jurusan, jadi kalian harus memilih college yang mengajarkan jurusan yang kalian cari.

Secara akademik, fakultas dan jurusan ada di bawah divisi akademik. Ada empat divisi akademik di universitas Oxford, yaitu 1) Humaniora, 2) Matematika, Fisika dan Ilmu Hayati, 3) Ilmu kesehatan, dan 4) Ilmu Sosial. Berikut ini beberapa fakultas dan jurusan di universitas Oxford

Divisi Humaniora – www.humanities.ox.ac.uk

Institut Amerika
Seni
Klasik
Bahasa dan Sastra Inggris
Sejarah
Linguistik, Filologi & Fonetik
Bahasa Abad Pertengahan dan Modern
Musik
Studi Oriental
Filsafat
Teologi dan Agama

Baca Juga:  Jenis, Rumus, dan Contoh Past Tense

Divisi Matematika, Fisika & Ilmu Hayati – www.mpls.ox.ac.uk

Kimia
Ilmu Komputer
Ilmu Bumi
Ilmu Teknik
Material
Institut Matematika
Fisika
Ilmu Tumbuhan
Statistik
Zoologi

Divisi Ilmu Kesehatan – www.medsci.ox.ac.uk

Biokimia
Kedokteran Klinik
Neurosains Klinis
Psikologi Eksperimental
Kedokteran
Onkologi
Ilmu Ortopedi, Rematologi dan Muskuloskeletal
Pediatri
Patologi
Farmakologi
Fisiologi, Anatomi & Genetika
Kesehatan Penduduk
Ilmu Kesehatan Perawatan Primer
Psikiatri
Ilmu Bedah
Kesehatan Wanita & Reproduksi

Divisi Ilmu Sosial – www.socsci.ox.ac.uk

Antropologi
Arkeologi
Sekolah Bisnis
Ekonomi
Pendidikan
Geografi dan Lingkungan
Studi Global dan Area
Pemerintahan
Pengembangan Internasional
Hukum
Politik dan Hubungan Internasional
Kebijakan dan Intervensi Sosial
Sosiologi

Nah apakah jurusan yang akan kalian pilih ada di daftar di atas? Sekedar informasi saja bahwa universitas Oxford jurusan Filsafat, Bahasa modern, Geografi, serta bahasa Inggris dan Sastra menjadi unggulan karena memiliki peringkat tinggi dalam QS World University Rankings by subject.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai profil jurusan, silakan di lihat di official website universitas Oxford www.ox.ac.uk/about/divisions-and-departments.

Biaya

Seperti kebanyakan universitas di Inggris, biaya kuliah di universitas Oxford juga dibedakan dari kewarganegaraan. Mahasiswa dari UK, Uni Eropa, maupun non Uni Eropa akan diberlakukan biaya kuliah yang berbeda-beda. Mahasiswa asing akan dikenakan biaya kuliah antara 24.750 sampai 34.678 Poundsterling atau 445 sampai 625 juta Rupiah per tahun.

Biaya kuliah di Oxford dalam Rupiah memang terlihat sangat tinggi. Tapi Oxford adalah kampus terbaik, sehingga biayanya tidak bisa dibandingkan dengan universitas lainnya. Bahkan sebenarnya masih lebih mudah dibanding universitas di Amerika.

Biaya universitas Oxford yang tinggi jangan sampai menghalangi kalian meraih impian tertinggi. Karena ada beberapa beasiswa yang tersedia bagi pelajar Indonesia. Walaupun persaingan mendapatkan beasiswa universitas Oxford memang ketat, tapi jangan menyerah sebelum bertanding. Kalian tidak akan tahu kemampuan kalian sebelum mencoba.

Beberapa beasiswa universitas Oxford yang bisa kalian apply diantaranya beasiswa Chevening, Jardine Foundation, Reach Oxford Scholarship, maupun Simon and June Li Scholarship.

Baca Juga:  Materi Dasar Belajar Bahasa Inggris

Lalu bagaimana kalau tidak bisa meraih beasiswa?

Jumlah pendaftar beasiswa ke Inggris biasanya ekstrem dan sangat banyak. Kalaupun gagal mendapat beasiswa, tetap jangan menyerah! Kalian bisa bekerja sambil kerja. Banyak lowongan part time di Inggris yang terbuka untuk mahasiswa. Kerja part time akan membantu menutup kebutuhan hidup sehari-hari.

Cara masuk universitas Oxford Inggris

Fakta universitas Oxford sebagai kampus papan atas menarik minat mahasiswa dari mana saja. Tiap tahunnya, rata-rata universitas menerima lebih 20 ribu aplikasi untuk memperebutkan sekitar 3250 kursi mahasiswa.

Bagi kalian yang ingin kuliah di Oxford, kalian harus mendaftar secara online melalui www.ucas.com satu tahun sebelum perkuliahan. Aplikasi UCAS dibuka mulai bulan Juni dan ditutup pada 15 Oktober jam 18.00 waktu Inggris. Pada aplikasi UCAS, calon mahasiswa akan diminta memberikan data berikut ini

•Data pribadi
•Data riwayat pendidikan dan prestasi yang pernah diraih
•Personal statement program studi yang dipilih dan alasannya
•Referensi

Harus diketahui juga bahwa proses pendaftaran universitas Oxford melalui UCAS tidak gratis, kalian akan diminta membayar sejumlah biaya untuk menyelesaikan proses aplikasi. Setelah menyelesaikan aplikasi UCAS, kalian akan mendapat nomor entry atau nomor masuk sebagai peserta ujian.

Tahapan tes selanjutnya yang harus dijalani adalah ujian tertulis, written work, dan wawancara. Semua tes tersebut dirancang untuk mengetahui kemampuan akademik calon mahasiswa. Hasil akhir kandidat yang terpilih akan diumumkan pada pertengahan Januari. Universitas akan membuat keputusan berdasar hasil tes keseluruhan.

Itulah tadi informasi mengenai universitas Oxford yang harus diketahui, terutama buat kalian yang ingin meneruskan studi ke sana. Gimana, makin semangat kan? Good luck ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *