universitas terbaik di dunia

Deretan 15 Universitas Terbaik di Dunia

Posted on

Universitas terbaik di dunia – Apakah kalian sedang berencana untuk melanjutkan studi ke luar negeri? Tapi masih bingung untuk memilih universitas yang cocok? Saat ini, banyak sekali pilihan universitas terbaik di dunia. Jadi kalian tidak perlu khawatir lagi, sebab kalian bisa memilih salah satu dari universitas terbaik di dunia.

Sebelum memilih universitas, kalian harus memastikan kategori-kategori yang membuat universitas tersebut menjadi universitas terbaik. Dengan kata lain, kalian harus mengetahui keunggulan dari universitas tersebut.

Baca juga : Mau Melanjutkan S2 Beda Jurusan? Tentu Saja Bisa, Simak Cara-Cara Berikut Ini

Adapun yang harus kalian perhatikan, adalah bagaimana reputasi akademiknya, reputasi lulusanya, kualitas staf pengajarnya hingga rasio pelajar internasionalnya. Untuk lebih jelasnya, simak informasi tentang 15 urutan universitas terbaik di dunia menurut QS World University berikut ini.

Urutan Universitas Terbaik di Dunia

1. Massachusetts Institute of Thechnology (MIT)

Di urutan pertama, MITs merupakan universitas terbaik di dunia. Kampus MIT terletak di Amerika Serikat, tepatnya di kota Boston dekat dengan Sungai Charles. Seperti namanya, universitas ini terdiri dari beberapa fakultas teknik seperti, MIT EECS (Teknik Elektro), MIT Aerospace Engineering, Harvard-MIT Health Science dan Technology (Kesehatan dan Kedokteran), MIT School of Humanities, Arts, and Social Sciences (Kemanusiaan, seni dan kemasyarakatan), School of Sciences, School of Engineering, School of Architecture and Planning, Sloan of Management, dan lainnya.

Layaknya universitas terbaik sedunia dengan peringkat nomor satu, MIT sudah meraih banyak penghargaan diantaranya adalah 93 orang pemenang Noble, 25 pemenang Turing Awards, 39 Astronot dan banyak alumni berprestasi lainnya yang telah memperoleh prestasi. Oleh karena itu, tak jarang pemerintah federal sering merekrut calon karyawan dari universitas ini. Biasanya alumni lulusan MIT yang direkrut di pemerintahan federal menduduki departemen Kesehatan dan Pelayanan Manusia, Departemen Pertahanan, Departemen energi, National Science Foundation sampai NASA.

2. Stanford University

Urutan universitas terbaik di dunia yang ke dua adalah Stanford University. Kampus yang didirikan pada tahun 1891 ini terletak di California, Amerika Serikat. Stanford University merupakan kampus swasta, yang disebut sebagai kampus peternakan karena tanah yang dipergunakan untuk membangun kampus ini berasal dari bekas perternakan.

Namun, hal tersebut tidak mengahalangi Stanford University menjadi universitas terbaik di dunia. Seperti universitas lainnya, Stanford University memiliki beberapa fakultas unggulan diantaranya adalah Businnes, Earth Energy & Environmental Sciences, Education, Engineering, Humanities & Sciences, Law, Medicine, dan masih banyak lagi.

Jika kalian memutuskan untuk melanjutkan studi di Stanford University dengan memilih salah satu fakultas di atas, kalian akan mendapatkan fasilitas terbaik berupa, komunikasi berbasis IT, sumber daya manusia yang berkualitas, fasilitas kesehatan yang lengkap, serta ruangan konferensi yang bagus bagi mahasiswanya.

Tentunya, dengan fasilitas terbaik yang ditawarkan oleh Stanford University bisa menghasilkan alumni yang berkualitas pula. Beberapa Alumni Stanford telah mendirikan berbagai perusahaan terkenal seperti Google, Yahoo!, Nike, LinkedIn, dan masih banyak lagi. Selain itu, alumni Stanford juga telah meraih 58 Hadiah Nobel, 18 Turing Award, dan menjadi 30 miliarder serta 17 astronot.

3. Harvard University

Di urutan ke tiga Harvard University dinobatkan sebagai salah satu university terbaik di dunia. Harvard University merupakan universitas swasta yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat yang juga merupakan anggota Ivy League.

Universitas yang sudah ada sejak tahun 1636 ini memiliki keunggulan dalam bidang pengajaran, pembelajaran dan penelitian. Harvard University memiliki 9 fakultas ini, 11 unit fakultas akademik utama erta 10 fakultas dan Radcliffe Institute for Advanced Study.

Adapun beberapa fakultas tersebut diantaranya adalah Harvard Faculty of Arts and Sciences, Harvard Faculty of Arts and Sciences, Harvard Division of Continuing Education, Harvard Medical School, Harvard School of Dental Medicine, Harvard Law School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Public Health, dan lainnya.

Baca Juga:  TOEFL IBT, Tes TOEFL Online Yang Berlaku Internasional

Kalian tidak perlu ragu lagi jika ingin melanjutkan di Harvard University karena kampus ini sudah memiliki 2.300 lebih staf akademik yang sudah tentu sangat berkualitas. Selain itu, memiliki pendaftaran lebih dari 20 ribu kandidat, termasuk sarjana, pascasarjana, dan mahasiswa profesional. Harvard juga memiliki lebih dari 360 ribu alumni di seluruh dunia.

4. University Of Oxford

Urutan universitas terbaik di dunia yang ke empat ditempati oleh University of Oxford. Sebelum dikalahkan dengan alamamater lain, University of Oxford selalu menduduki posisi pertama sebagai universitas terbaik di dunia selama sebelas tahun berturut-turut.

universitas terbaik di dunia

Berbeda dengan universitas sebelumnya, University of Oxford terletak di kota Oxford, Britania Raya atau Inggris. Universitas Oxford memiliki moto dominus illuminatio mea, yang berarti tuhanku, cahayaku. Universitas Oxford memiliki kurang lebih 38 program studi yang terbagi dalam empat divisi, yaitu humaniora, ilmu kedokteran, ilmu sosial dan ilmu eksak.

5. California Institutes of Technology (Caltech)

Selanjutnya universitas terbaik yang ke lima jatuh kepada California Institutes of Technology atau sering disebut dengan Caltech.

Sesuai dengan namanya, universitas ini didirikan pada tahun 1891 di Pasadena California, Amerika Serikat. Pada awal dibentuk Caltech memiliki nama Throop University, yang kemudian diganti menjadi seperti sekarang. California Institutes of Technology merupakan universitas yang berfokus pada bidang ilmu alam dan teknik.

Selain itu, Caltech juga terkenal dalam bidang penelitian dan riset. Adapun program yang ditawarkan oleh Caltech diantaranya adalah Biology and Biological Engineering (BBE), Chemistry and Chemical Engineering (CCE), Enggineering and Applied Science, Geological and Planetary Sciences (GPS), Physics, Mathematics and Astronomy (PMA) dan Humanities and Sciences (HSS).

Walaupun namanya masih terdengar asing di telinga beberapa orang, Caltech tetap menghasilkan berbagai penghargaan dan profil kelulusan yang baik. Salah satunya adalah pada tahun 1934, Caltech terpilih menjadi anggota Asosiasi Universitas Amerika dan menjadi pendahulu Jet Propulsion Laboratory NASA.

6. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Thecnology

Pada urutan universitas terbaik di dunia nomor ke 6 yakni ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology. Kampus kelas dunia di Eropa tak hanya dimiliki oleh Inggris. Swiss juga memiliki perguruan tinggi yang masuk ke dalam jajaran 10 besar dunia, yakni ETH Zurich atau sering disebut juga Swiss Federal Institute of Technology.

Perguruan tinggi di negara yang terkenal dengan produk jam tangannya ini merupakan perguruan tinggi terbaik ke-4 di Eropa dan terbaik ke-6 di dunia. Dengan memiliki 19.800 siswa, termasuk 4.000 mahasiswa doktoral, dari lebih dari 120 negara.

Adapun jurusan yang dimiliki oleh ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Thecnology diantaranya seperti arsitektur, teknik, sains, matematika, manajemen, dan sosial. ETH Zurich merupakan kampus yang telah mencetak tokoh-tokoh ternama di dunia ilmu pengetahuan, khususnya sains.

Salah satu nama yang pastinya tak asing terdengar adalah Albert Einstein. Einstein merupakan salah seorang alumni ETH Zurich, sekaligus peraih nobel di bidang fisika. Sampai sekarang, kecerdasan dan kisah-kisah inspiratifnya terus dikenang sepanjang masa.

7. University Of Cambridge

Urutan universitas terbaik di dunia yang ke tujuh jatuh kepada University Of Cambridge yang terletak di kota Cambridge yang dekat dengan kota London. University Of Cambridge merupakan pecahan dari Universitas of Oxford yang kabur setelah terjadi keributan pada tahun 1209.

Baca Juga:  9 Cara Belajar Berbahasa Inggris Dengan Mudah

University Of Cambridge memiliki 35 fakultas dan 60 jurusan dari enam divisi pendidikan yakni, seni dan humaniora, sastra dan ilmu sosial, ilmu biologi, ilmu fisika, obat klinis, dan teknologi. Dalam penyelenggaraan pendidikan University Of Cambridge tidak main-main. Berbagai penghargaan telah diraih oeh staf dan dosen dari universitas ini.

Kurang lebih sebanyak 80 penghargaan Nobel diraih oleh universitas ini. Dari 80 pemenang, 70 diantaranya merupakan mahasiswa sarjana dan pascasarjana. Universitas Cambridge merupakan anggota dari Grup Russell yang merupakan sebuah grup dengan jaringan yang berorientasi pada riset.

8. University College London

Di urutan ke delapan, masih berasal dari Eropa yakni University College London. Kampus yang terletak di daerah Bloomsbury ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia yang menempati posisi setelah University of Cambridge.

Tidak hanya itu, UCL juga merupakan universitas multidisiplin dengan reputasi internasional untuk kualitas pengajaran dan penelitian di seluruh spektrum akademik. Oleh karena itu, UCL ini disusun menjadi 10 Fakultas Konstituen, di mana terdapat lebih dari 100 departemen, lembaga dan pusat penelitian.

Dengan jumlah fakultas yang banyak itu, tentunya diimbangi dengan jumlah mahasiswa sebanyak 26.700 dan 11.025 staf. Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, UCL memiliki banyak penghargaan diantaranya adalah hadiah Nobel telah diberikan kepada 28 orang yang sedang atau masih mahasiswa atau akademisi di UCL.

9. Imperial College London

Imperial College London merupakan peringkat 9 dari universitas terbaik di dunia. Kampus yang berada di Kota London Inggris ini, berfokus pada bidang Ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran dan bisnis. Di Inggris, Imperial College London ini menempati urutan ke-5 sebagai universitas terbaik di Inggris.

Motto yang dipegang oleh ICL adalah Scientia imperii decus et tutamen yang berarti pengetahuan adalah perhiasan dan perlindungan dari Kekaisaran. Imperial College London tersusun dari 4 fakultas inti yang terdiri dari Teknik, Ilmu Pengetahuan Alam dan Kedokteran, Imperial College Business School, dan Pusat Studi Co-Kurikuler, memiliki lebih dari 40 departemen, lembaga dan pusat penelitian.

Jumlah mahasiswa di Imperial College London ini berjumlah sekitar 15.000 lebih dengan 3.330 jumlah akademisi dan staff penelitian. Tak heran jika saat ini Imperial College London memiliki 15 pemenang Hadiah Nobel dan 2 bidang peraih medali yang berasal dari para alumni Imperial College London.

10. University of Chicago

Selanjutnya, di urutan ke 10 University Of Chicago menjadi universitas terbaik di dunia. University Of Chicago didirikan pada tahun 1892 dimana kelas pertamanya dibuka di Chicago, Illinois.

Universitas ini terdiri dari Kolese, berbagai program pascasarjana, lima divisi penelitian akademik dan tujuh sekolah profesional, yang mencakup Pritzker Sekolah Kedokteran, Sekolah Bisnis Booth, Sekolah Hukum, Sekolah Administrasi Layanan Sosial, Sekolah Harris untuk Studi Kebijakan Publik, Sekolah Divinity dan Sekolah Graham untuk Studi Liberal dan Profesional yang Berkelanjutan.

Selama 128 tahun beridiri universitas ini telah menghasilkan banyak alumni terkemuka diantaranya adalah Satya Nadella CEO Microsoft, Peter G. Peterson salah satu pendiri Grup Blackstone, Jon Corzine mantan Gubernur New Jersey, Larry Ellison pendiri Oracle Corporation dan orang terkaya ketiga di Amerika, Larry Ellison pendiri Oracle Corporation dan orang terkaya ketiga di Amerika, dan masih banyak lagi lainnya.

11. Nanyang Technological University, Singapore (NTU)

Diurutan ke 11, universitas terbaik di dunia jatuh kepada Nanyang Technological University (NUT) yang berada di Singapore. Universitas ini mulai beroperasi sejak tahun 1991, yang merupakan hasil dari gabungan 15 sekolah diberbagai bidang seperti, NIE, Nanyang Bussines School, Sekolah Teknik, NIE dan Nanyang Technological Institute.

Baca Juga:  Contoh Conditional Sentences, Kalimat Pengandaian Bahasa Inggris

Nanyang Technological University memiliki 5 sekolah yang menerapkan disiplin ilmu yang berbeda-beda. Sekolah yang ada di Nanyang Technological University terdiri dari: The College of Science yang terdiri dari 2 sekolah, dan The College of Humanities, Arts, and Social Sciences terdiri dari 3 sekolah.

Dimana sekolah ini dibagi lagi menjadi beberapa fakultas. Nanyang Technological University memiliki sarjana sejumlah 23.500 orang yang terbagi menjadi 80% mahasiswanya adalah warga negara Singapura atau penduduk tetap, dan 20% sisanya adalah mahasiswa internasional yang sebagian besar berasal dari negara-negara anggota ASEAN, Cina, dan India. Sejauh ini Nanyang Technological University telah menghasilkan lulusan terbaik dengan prestasi yang gemilang.

12. Nanyang University of Singapore (NUS)

Berbeda dengan universitas sebelumnya yang berasal dari Eropa dan Amerika. Nanyang University of Singapore (NUS) berasal dari negeri seberang Singapore. Nanyang University of Singapore merupakan gabungan dari dua universitas yang didirikan pada tahun 1905, yakni Nanyang University dan University of Singapore.

Nanyang University of Singapore memiliki 16 fakultas diantaranya Arts and Social Sciences, Business School, Computing, Dentistry, Design and Environment, Engineering, Law, Yong Loo Lin School of Medicine, Duke-NUS Graduate Medical School Singapore, Science, dan Kuan Yew School of Public Policy.

13. Princeton University

Princeton University merupakan salah satu universitas bergengsi di Amerika Serikat. Universitas yang didirikan sejak tahun 1746 ini terletak di kota tua Princeton.

Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, Princeton University selalu memberikan perhatian yang lebih kepada metode pengajaran program sarjana serta menjadi universitas riset yang unggul. Keunggulan lainnya dari Princeton University adalah telah menjalin kerjama dengan beberapa perusahaan seperti AT&T Research Laboratory, Siemens, Sarnoff, Bristol-Myers Squibb, NEC, The Gallup Organization, dan Educational Testing Service guna menunjang kegiatan riset.

14. Cornell University

Urutan universitas terbaik di dunia yang selanjutnya adalah Cornell University. Universitas ini didirikan pada tahun 1865 dan terletak di New York City. Cornell University termasuk universitas tertua yang ada di Amerika Serikat.

Walaupun Cornell University merupakan universitas yang tertua di Amerika, kampus ini tetap memiliki fasilitas yang luar biasa untuk menunjang kegiatan setiap mahasiswanya. Diantaranya adalah fasilitas untuk konservasi dan ekologi.

Tidak hanya fasilitas Cornell University juga telah menorehkan banyak penghargaan diantaranya adalah peringkat A dari College Sustainability Report Card pada tahun 2011, dan sejumlah Nobel yang diterima oleh beberapa lulusannya.

15. University of Pennsylvania

Diurutan yang ke 15, University of Pennsylvania termasuk universitas terbaik di dunia. Universitas yang biasa disebut Upenn ini merupakan kampus swasta yang terletak di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat.

University of Pennsylvania memiliki lembaga akademis yang mengikuti model multidisiplin pada bidang teologi, klasik dan obat-obatan. Tidak heran jika, universitas ini memiliki aktivitas penelitan yang sangat tinggi. Adapun penemuan yang berhasil ditemukan di University of Pennsylvania adalah aksin Rubella dan Hepatitis B, Retin-A, terapi kognitif, dan lain-lain.

Nah, itu dia 15 daftar urutan universitas terbaik di dunia tahun 2020 menurut QS World University. Jika kalian ingin melanjutkan keluar negeri sangat disarankan untuk memilih beberapa universitas di atas. Untuk bisa kuliah di luar negeri, tidak melulu harus mengeluarkan banyak biaya kok. Kalian bisa mencoba beberapa beasiswa yang ditawarkan oleh universitas masing-masing. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *