5 Universitas Tertua di Inggris dengan Sejarah Menarik

Posted on

Universitas Tertua di Inggris – Apakah Anda memiliki mimpi untuk belajar di sebuah universitas yang berbentuk kastil dengan sejarah panjang? Mirip dengan adegan kelas dalam film Harry Potter dengan halaman padang rumput hijau yang luas dan menjelajahi perpustakaan berisi buku tua.

Hal tersebut terdengar seperti fantasi saja namun pada faktanya banyak universitas menarik yang berbentuk kastil seperti kisah dalam dongeng. Suasana yang menyenangkan tentu akan membantu Anda untuk bisa berkonsentrasi lebih tinggi.

Dimanakah Anda bisa menemukan tempat tersebut? Mulailah dengan mencari universitas di Inggris. Sebenarnya dongeng yang terkenal banyak terinspirasi dari kastil yang berada di Inggris. Tentu saja universitas yang ada di Inggris tidak hanya terkenal di seluruh Eropa namun juga seluruh dunia.

Jika Anda ingin belajar dengan suasana seperti dalam dongeng, berikut ini 5 universitas tertua di Inggris yang memiliki sejarah menarik untuk dipelajari.

Universitas Cambridge

Siapa mahasiswa di dunia yang tidak mengenal universitas ini? Sebagai universitas tertua, kampus ini telah dibangun sejak tahun 1209 dan mendapatkan rangking ke 9 dari QS World University Rankings 2019.

Bangunan yang sangat unik dan megah dibangun untuk memenuhi kebutuhan kegiatan mahasiswa untuk belajar mulai dari S1 hingga S3. Jadi tidak hanya sebagai universitas tertua, namun dilihat dari segi akademik hingga fasilitas sangat memadai untuk menuntut ilmu yang terbaik.

Universitas Oxford

Perguruan tinggi yang lebih tua lagi adalah Oxford karena dibangun pada tahun 1096 dan saat ini menempati peringkat kelima di dunia. Banyak sekali orang berpengaruh yang dulunya menempuh pendidikan di universitas Oxford. Sehingga sekolah ini memiliki koneksi mencengakkan dengan 69 pemenang Nobel.

Bangunan yang sangat terkenal adalah Radcliffe Camera yang merupakan perpustakaan simbol akademik di seluruh dunia. Bahkan beberapa adegan film Harry Potter dilakukan di universitas ini.

Baca Juga:  Les Bahasa Inggris Untuk Persiapan Study Keluar Negeri

Universitas Glasgow

Terletak lebih ke utara dari kota Durham, universitas ini terkenal dengan sebutan ‘ancient universities of Scotland’. letaknya berada di samping Aberdeen, Edinburgh dan St Andrews. Universitas ini adalah bagian dari Russel grup yang mendirikan sekolah instansi penelitian. Didirikan pada tahun 1451 dan pindah lokasi di tempat sekarang pada tahun 1870.

Bangunanutama yang menakjubkan dirancang oleh Sir George Gilbert Scott pada tahun 1886. Universitas ini memiliki rangking ke-69 dalam QS World University Rankings 2019.

Universitas Edinburgh

Universitas tertua di Inggris lainnya adalah Edinburgh. Kampus ini telah didirikan tahun 1583 dan saat ini masuk ke dalam peringkat 18 terbaik di dunia. Daya tarik utama dari banguannya adalah bangunan Georgian Old College yang ikonik pada awalnya dirancang pada tahun 1789.

Untuk menyelesaikan bangunan tersebut membutuhkan banyak biaya dan akhirnya baru bisa diselesaikan pada tahun 1887. Saat ini Fakultas hukum adalah jurusan yang sangat banyak diminati. Selain itu bangunan juga digunakan sebagai kantor administrasi dan pameran seni kontemporer di Talbot Galeri Padi.

Universitas St Andrews

Universitas ini telah didirikan pada abad ke 15 dan menjadi universitas pertama dan tertua ketiga di dunia berbahasa Inggris. Universitas ini membangun reputasi yang besar sebagai salah satu pusat penelitian dan pengajaran terkemuka selama 600 tahun terakhir.

Saat ini universitas menawarkan struktur gelar yang fleksibel berdasarkan pilihan sisa dengan spesialisasi mata pelajaran atau penelitian. Juga telah menciptakan lingkungan belajar yang memelihara keingintahuan dalam budaya belajar bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *