VFS Global : Layanan Mudah untuk Pergi ke Luar Negeri

Posted on

VFS Global – Bepergian ke luar negeri bagi beberapa pelaku bisnis tentu menjadi hal yang biasa. Pergi ke luar negeri juga menjadi kegiatan rutin bagi mereka yang belajar ke Eropa, Amerika atau Australia. Kelengkapan dokumen seperti visa, paspor atau identitas lain sangat penting dimiliki. Tanpanya Anda tidak bisa tinggal di negara tersebut dalam jangka waktu yang dibutuhkan.

Mengurus semua dokumen penting tersebut perlu waktu dan proses yang sangat panjang. Seringkali karena terdesaknya waktu, Anda tidak bisa menunggu waktu yang lama. Perlu waktu singkat dan cara yang cepat untuk mengurus semuanya. Apa yang membuat pengurusan dokumen menjadi lama?

Mengurus dokumen seperti paspor dan visa dilakukan di tempat yang berbeda. Paspor diurus melalui pihak imigrasi sedangkan visa diurus melalui kedutaan sesuai negara yang dituju. Satu persatu dokumen harus dibuat, jadi waktu yang dibutuhkan untuk pengurusan akan menjadi sangat lama.

Bagi para pebisnis yang sangat sibuk tentu waktu untuk mengurus dokumen tersebut sangat terbatas. Maka untuk memudahkannya, Anda kini bisa mengurus berbagai macam dokumen untuk izin ke luar negeri melalui VFS Global. Bagaimana cara mengurusnya dan apa keuntungan mengurus dokumen melalui VFS Global?

Apa itu VFS Global dan Keuntungannya

Apa sih pengertian imigrasi? Imigrasi adalah adanya orang yang melakukan perpindahan dari satu negara ke negara lainnya. Dimana dia bukanlah warga negara asli di tempat yang dituju. Misalnya saja Anda akan melakukan dinas pekerjaan ke Hongkong, maka perjalanan yang dilakukan disebut sebagai imigrasi.

Ada banyak alasan mengapa seseorang akhirnya melakukan imigrasi. Di Indonesia, jutaan orang setiap harinya melakukan imigrasi ke luar negeri dengan berbagai alasan, seperti pekerjaan, sekolah atau alasan keluarga. Waktu untuk tinggal di tempat tersebut bisa bervariasi tergantung dengan kebutuhan, bisa lama atau sebentar.

Baca Juga:  Merencanakan Biaya Kuliah di Australia dan Akomodasinya

Nah, arti imigrasi sendiri yang merupakah perpindahan seseorang dari satu negara ke negara lainnya tidak terlepas dari dokumen. Ada beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti visa yaitu izin masuk dan tinggal dari kedutaan, dan juga paspor sebagai buku identitas yang sangat penting.

Kedua jenis dokumen ini harus diurus melalui kantor yang berbeda. Paspor harus diurus terlebih dahulu di kantor imigrasi kemudian visa diurus ke kantor kedutaan setelah paspor jadi. Bagi Anda yang ingin pengurusan semua dokumen ini rampung dalam waktu singkat, sebaiknya lakukan di VFS Global.

Didirikan sejak tahun 2001, VFS Global adalah satu perantara yang membantu pembuatan visa dan paspor hingga dokumen penting lainnya bagi pelajar maupun turis yang ingin bepergian ke luar negeri. Saat ini sudah melayani di lebih 129 negara seluruh dunia. VFS menjembatani antara pemohon dan layanan pemerintah.

Misalnya saja permohonan untuk pembuatan visa ke Jerman, maka Anda tidak perlu lagi untuk langsung mengajukan ke kedutaan Jerman tetapi bisa melalui VFS Global. Semua dokumen cukup diserahkan dan Anda tinggal menunggu hasilnya. Menggunakan VFS artinya Anda tidak perlu lagi berulang kali pergi ke kedutaan untuk pengecekan visa.

Inilah salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan jika melakukan pengurusan dokumen untuk melakukan imigrasi melalui VFS. Anda hanya perlu melengkapi syarat-syarat, menyerahkannya dan menunggu selesai. Tentu saja semua penyerahan dokumen bisa dilakukan secara langsung atau online sehingga lebih mempersingkat waktu lagi.

Membuat Visa Melalui VFS Global Jakarta

Satu lagi keuntungan dari mengurus dokumen melalui VFS Global adalah Anda tidak wajib datang ke kantor untuk memperpanjang visa atau paspor. Staf VFS akan mendatangi lokasi Anda baik itu di rumah atau di kantor untuk mengambil dokumen dan mengembalikan dokumen jika semua kepengurusannya sudah selesai.

Baca Juga:  7 Daftar Universitas di Australia Terbaik di Dunia

Inilah alasan mengapa VFS sangat berguna bagi Anda yang bekerja ke luar negeri dengan jangka waktu yang tidak dapat ditentukan. Perpanjangan visa tidak perlu lagi harus mengurusnya ke kedutaan. Jadi apakah Anda akan menggunakan layanan perpanjangan visa melalui VFS Global?

Saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang bepergian ke luar negeri dan memanfaatkan VFS. Bahkan warga asing yang berada di Indonesia juga menggunakan layakan VFS Global Jakarta. Ada beberapa langkah yang harus diikuti sebelumnya yakni sebagai berikut:

Mengisi permohonan melalui website VFS Global untuk memperpanjang visa atau bisa menelepon costumer service yang telah disediakan.

Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang tertera pada saat pendaftaran. Setelah selesai membayar Anda akan mendapatkan update tentang perjanjian yang berlaku.

Tak lama staf VFS akan mendapatkan ke lokasi yang telah Anda tentukan di jam dan waktu yang telah diminta. Kemudian staf akan menerima dokumen visa yang hendak Anda ajukan dan melakukan pengecekan melalui biometrik.

Pemohon akan mendapatkan informasi melalui SMS dan email mengenai hasil dari pengajuan visa yang dibuat oleh kedutaan.

Jika sudah disetujui, paspor akan dikirim dengan aman ke alamat yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

Sangat mudah bukan? Anda tidak harus beranjak kemana-mana untuk melakukan perpanjangan. Bahkan tidak perlu mendatangi kantor kedutaan secara langsung.

Apa Itu Visa dan Cara Mengurusnya

Sebelum mengurus visa, yuk pahami pengertian visa dan bagaimana cara membuatnya. Mengenal cara mengurusnya sendiri tentu akan mempermudah Anda membandingkan mana yang akan lebih mudah apakah melalui VFS atau justru mengurus semuanya sendiri.

Misalnya saja Anda hendak pergi ke Australia untuk melanjutkan studi. Setelah pembuatan paspor selesai dilakukan di pihak imigrasi, maka selanjutnya Anda harus mengajukan visa ke pihak kedutaan Australia. Semua berkas persyaratan pembuatan visa pelajar Australia harus difotokopi serat pas foto.

Baca Juga:  3 Beasiswa Australia dari Pemerintah yang Wajib Diikuti

Kemudian semua dokumen yang telah disiapkan harus dikumpulkan ke pihak kedutaan Australia di Jakarta. Jika Anda tidak tinggal di Jakarta maka harus mempertimbangkan biaya transportasi ke sana. Semua berkas harus dikumpulkan oleh pemohon sendiri.

Biasanya tindak lanjut permohonan visa akan diberitakan melalui sms atau email. Beberapa pemohon adapun yang diminta untuk wawancara, terakhir jika visa sudah selesai diproses and disetujui, Anda harus mengambil paspor sendiri di kedutaan. Cara mengurus visa secara konvensional ini cukup panjang dan memakan biaya yang banyak.

Anda harus mengeluarkan biaya transportasi pulang pergi ke Jakarta karena tempat kedutaan Australia berada di sana. Beda ceritanya jika Anda mengajukan visa melalui VFS Australia. Apa yang perlu dilakukan? Anda hanya perlu duduk di rumah dan mengisi semua formulir melalui website VFS kemudian mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan.

Tinggal menunggu staf mengambil paspor Anda dan layanan lainnya, terakhir tinggal menunggu visa selesai dan paspor dikirim ke alamat Anda. Sangat mudah bukan? Hingga saat ini pengguna dari VFS Global bukan hanya masyarakat Indonesia saja tetapi seluruh dunia.

Jika Anda berada di Indonesia cukup menghubungi VFS Global Jakarta untuk mendapatkan berbagai informasi lainnya terkait dengan pengurusan berbagai dokumen imigrasi seperti visa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *