Kenali 2 Jenis Visa Jerman Ini

Posted on

Visa Jerman – Bagi siapa pun yang akan memasuki wilayah Jerman, apalagi untuk tinggal beberapa waktu, tentu harus memiliki visa. Nah, untuk kamu yang akan ke Jerman, tentu kamu harus mengenal jenis-jenis visa yang berlaku di sana.
Berikut ini adalah ulsan mengenai visa yang berlaku di Jerman.

Visa Jerman

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa visa yang berlaku di Jerman terdiri dari dua jenis, yaitu visa Schengen dan visa nasional. Perbedaan mencolok dari keduanya adalah bahwa visa Schengen memiliki durasi lebih singkat ketimbang visa nasional.

Beberapa perbedaan lain mengenai dua visa Jerman tersebut adalah sebagai berikut.

1. Masa Berlaku

Keduanya berlaku selama 90 hari. Namun visa nasional bisa diperpanjang dengan mudah.
Visa Schengen hanya akan berlaku selama 3 bulan dalam kurun waktu setengah tahun. Dalam masa berlakunya itu, visa Schengen juga hanya dapat digunakan untuk beberapa kali perjalanan keluar masuk.
Setelah 90 hari dan sebelum setengah tahun, visa Schengen tidak bisa diperpanjang. Untuk mengajukkannya kembali pun harus kembali ke negara asal.
Sementara itu, visa nasional akan dapat diperpanjang di Jerman setelah 90 hari. Pengajuan perpanjangannya juga mudah dan bisa dilakukan di Jerman.

2. Teritorial Berlaku

Dinamai visa Schengen karena memang akan berlaku di wilayah Schengen, yaitu Jerman, Belgia, Islandia, Italia, Latvia, Lituania, Malta, Belanda, Norwegia, Portugal, Denmark, Estonia, Finlandia, Austria, Polandia, Perancis, Yunani, Swedia, Swiss, Slowakia, Slovenia, Spanyol, Republik Ceko, Hongaria, dan Luxemburg.

3. Proses Permohonan

Visa Schengen bisa didapatkan hanya setelah 3 hari kerja permohonan. Sementara visa nasional bisa memerlukan waktu lebih lama untuk diproses.

Ketika kita mengajukan permohonan visa, ada dua kemungkinan bahasa yang akan digunakan dalam mengisi formulir. Ketika kita mengajukan visa Schengen, kita bisa memilih untuk menggunakan bahasa Jerman atau bahasa Indonesia. Sementara ketika mengisi formulir visa nasional, maka bahasa yang harus digunakan adalah bahasa Jerman.

Baca Juga:  Raih Masa Depan Cerah Dengan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

4. Rekomendasi untuk Pelajar

Mengajukan visa tentu harus memperhatikan kebutuhan. Untuk menempuh pendidikan jangka pendek, kamu hanya akan memerlukan visa Schengen. Namun, untuk mengambil pendidikan jenjang bachelor, master atau PhD, kamu harus mengajukan visa nasional.

Kamu mungkin akan lebih memilih visa nasional walaupun kebutuhan hanya dalam waktu singkat. Namun harus dipahami bahwa pengajuan visa nasional juga membutuhkan bukti memiliki aset tabungan sebesar 8.790 euro.
Aset di tabungan tersebut tidak akan hangus dan juga dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun, jumlahnya harus kembali ke angka awal setiap kali perpanjangan.

5. Pengajuan Visa Schengen

Sejak 21 Januari 2019, Kedutaan Besar Jerman di Jakarta akan mengalihkan pelayanan permohonan visa Schengen untuk tujuan perjalanan ke Jerman ke kantor VFS Global. Pelamar dapat mengajukan permohonan ke kantor penerimaan pusat visa Jerman VFS Global, dari hari Senin hingga Jumat dari pukul 08.00 – 15.00, yang beralamat di:

Lantai Pertama Mal Kuningan City, nomor L1-30/32 di Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, 12940 Jakarta.

Sebelum mengajukan permohonan visa Schengen, lebih baik untuk membuat janti terlebih dahulu dengan cara menghubungi kontak berikut:

Laman: www.vfsglobal.com/germany/indonesia
Email: info.germanyid@vfshelpline.com
Telepon: + 62 21 304 18719

Itu tadi adalah ulasan singkat mengenai visa Jerman. Bagi kamu yang berniat mengambil pendidikan ke Jerman, tentu harus melakukan persiapan sejak dini supaya tidak ada kekeliruan. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai topik serupa, kamu bisa membuka laman virtueducation.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *