Visa Studi Jerman

Syarat Mendapatkan Visa Studi Jerman yang Perlu Kamu Ketahui

Posted on

Visa Studi Jerman – Negara Jerman merupakan salah satu negara maju di Eropa yang menjadi impian banyak pelajar di seluruh dunia untuk melanjutkan kuliah di sini, tak terkecuali pelajar Indonesia. Kualitas pendidikannya yang bagus membuat negara yang melahirkan banyak peneliti dan orang-orang sukses di dunia membuat negara ini layak menjadi pilihan untuk melanjutkan studi ke luar negeri. 

Baca juga : Program Pertukaran Pelajar Ini Akan Membawamu ke Luar Negeri

Bahkan beberapa universitas yang ada di Jerman pun masuk sebagai 100 besar universitas terbaik di dunia. Selain persyaratan akademis dan non akademis yang biasanya disyaratkan oleh pihak kampus, kamu juga harus menyiapkan visa studi Jerman untuk bisa belajar di sini. 

Visa Studi Jerman

Jenis-jenis Visa Pelajar Jerman

Visa pelajar merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh seseorang yang akan berkunjung atau tinggal di negara lain. Visa pelajar Jerman terdiri dari 2 jenis sebagai berikut:

1. Visum zur Studienbewerburg (Visa pemohon visa pelajar)

            Visa jenis ini bisa diberikan dalam kondisi ketika kamu belum menerima tawaran dari universitas manapun di Jerman, namun ingin tetap masuk ke negara tersebut untuk acara-acara tertentu. Visa pemohon visa pelajar ini memberikan masa tinggal selama tiga bulan dan bisa diperpanjang hingga maksimum enam bulan. 

Jika kamu ingin datang ke Jerman untuk melakukan pendaftaran maupun tes  masuk ke universitas, maka bisa menggunakan visa pemohon visa pelajar untuk izin tinggal sementara di Jerman hingga proses seleksi selesai. 

2. Visum zur Stedienbewerburg (Visa Pelajar)

            Berbeda dengan jenis visa sebelumnya, visa pelajar jenis ini bisa diajukan jika kamu benar-benar sudah diterima di universitas di Jerman. Visa ini merupakan suatu keharusan agar kamu memiliki izin tinggal selama sekolah atau kuliah di Jerman. Visa ini berlaku selama tiga bulan dan bisa diperpanjang di Kantor Pendaftaran Orang Asing di Jerman jika durasi waktu kamu belajar di universitas harus melebihi masa tiga bulan. 

Baca Juga:  Ingin Kuliah di Jerman? Ini Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah

Langkah-langkah Membuat Visa Studi Jerman

Untuk mendapatkan visa studi Jerman, tentu kamu harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku untuk izin tinggal di negara tersebut. Ada beberapa syarat visa Jerman dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengurusnya, di antaranya:

1. Buat Termin untuk Jadwal Pembuatan Visa

            Kantor Kedutaan Jerman adalah tempat yang perlu kamu datangi untuk mengurus visa studi di Jerman ini. Alamat kantor ini berada di Jalan M.H.Thamrin Nomor 1, RT 1/RW 5, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Sebelum mendatangi Kantor Kedutaan Jerman, pastikan kamu sudah membuat janji terlebih dahulu atau dikenal dengan istilah membuat termin/appointment/perjanjian. 

Visa Studi Jerman

            Proses membuat termin atau perjanjian ini dilakukan untuk mem-booking waktu dan tanggal pembutaan visa di kantor kedutaan. Proses pembuatan termin berkisar kurang lebih satu bulan sebelum jadwal pembuatan visa dan bisa dilakukan secara online. Setelah mendapatkan jadwal, pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi dari kedutaan terkait dengan proses pembuatan visa ini. 

2. Mempersiapkan Dokumen

            Selama menunggu waktu dan jadwal ke Kantor Kedutaan Jerman, kamu bisa menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai syarat untuk membuat visa Jerman. Berikut ini beberapa dokumen yang harus kamu siapkan, di antaranya:

  • Surat konfirmasi termin (rangkap 1), berupa email konfirmasi dari pihak Kedutaan Jerman.
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan paspor (dokumen ini harus ditunjukkan ke satpam sebelum masuk ke dalam gedung Kantor Kedutaan Jerman bersama dengan surat konfirmasi termin).
  • Formulir permohonan (rangkap 2) yang harus diisi dengan lengkap sesuai dengan petunjuk yang tertera pada formulir tersebut.
  • Pas foto ukuran 3.5 x 4.5 cm dengan 80% porsi untuk wajah dan latar belakang warna putih atau abu-abu muda sebanyak 3 lembar. Kamu bisa membuat foto sendiri dengan menggunakan kamera HP maupun DSLR atau datang langsung ke studio foto.
  • Paspor asli dan fotokopi paspor sebanyak 2 rangkap. Halaman yang harus difotokopi adalah halaman depan yang memuat data nama, foto, nomor paspor, dan lainnya serta bagian belakang paspor yang berisi data alamat pemegang. Paspor yang diminta oleh pihak kedutaan adalah paspor yang masih aktif dan memiliki mas berlaku minimal 1 tahun dan minimal terdapat 3 halaman yang masih kosong.
  • Polis asuransi kesehatan asli dan fotokopi rangkap 2. Usahakan untuk menggunakan pihak asuransi yang sudah terdaftar di list kedutaan. 
  • Letter of Acceptance (LoA/Zulassungsbecheid) sebanyak 2 rangkap sebagai bukti kalau kamu sudah diterima di universitas di Jerman
  • Letter of Sponsorship (LoS) atau Letter of Guarantee (LoG) dari LPDP sebanyak 2 rangkap untuk kamu yang mendapatkan beasiswa dari LPDP untuk kuliah di Jerman. 
  • Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae sebanyak 2 rangkap dan disarankan untuk membuatnya menggunakan bahasa Inggris.
  • Motivation Letter sebanyak 2 rangkap yang berisi alasan dan motivasi kamu kuliah di Jerman.
  • Legalisir ijazah dan transkrip nilai masing-masing sebanyak 2 rangkap
  • Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris asli dan fotokopi 2 rangkap baik berupa TOEFL/IELTS tergantung jenis tes yang kamu ikuti.
  • Membawa biaya permohonan yang harus dibayarkan secara cash di loket sebesar kurang lebih EURO 60. 
Baca Juga:  Kosakata Dasar Bahasa Jerman dalam Percakapan Sehari hari

3. Datang ke Kantor Kedutaan Jerman

            Sebelum masuk ke tempat pembuatan Visa Studi Jerman di kantor kedutaan ini, kamu harus mengikuti serangkaian prosedur mulai dari pemeriksaan barang bawaan hingga pemeriksaan dengan menggunakan alat detector. Setelah itu kamu baru bisa masuk ke tempat pembuatan visa yang berada di lantai 2. 

            Kamu akan diminta untuk mengantri terlebih dahulu sebelum akhirnya dipanggil oleh petugas untuk diperiksa dokumen dan berkas-berkasnya. Setelah proses pemeriksaan selesai, kamu akan mendapatkan satu lembar kertas yang harus dibawa untuk mengambil visa yang sudah jadi. 

Proses pembuatan visa studi Jerman pun sudah selesai dan kamu sudah bisa mendapatkan visa untuk nantinya menjadi dokumen izin tinggal selama kuliah di Jerman. Ikuti prosedurnya secara runtut agar proses pembuatan visa dapat berjalan lancar.