Cara Kerja Web Browser di Internet

Posted on

Web Browser – Bagi kalian yang baru pertama kali berselancar di internet tentu saja belum begitu mengenal apa itu web broswer kan? Biasanya hanya anda mengenali website yang sering dibuka seperti google atau yahoo saja sebagai website pertama yang sering anda butuhkan untuk mencari informasi tertentu.

Sementara bagi mereka yang sudah sering berselancar di internet dan banyak membaca mengenai dunia internet pastinya akan mengenal apa itu web browser, yapz, pengertian web browser sebenarnya dapat anda ketahui dari membaca membaca pengetahuan mengenai web browser itu sendiri.

Karena dengan mengenal dunia internet maka anda akan mengenali dunia web browser itu sendiri, karena web browser adalah separuh nyawa dari internet. Kenapa dinamakan dengan separuh nyawa? Karena ternyata booming internet sendiri turut disumbangkan oleh booming web browser.

Web browser sendiri dikenal dari terjemahnnya yaitu web=website dan browser=pencari, jadi pengertian web browser secara sederhana adalah mesin pencari. Web browser adalah mesin pencari yang bertugas mengindeks, menyapu atau menyisir satu per satu website yang bertebaran di internet. Tugas web browser mirip seperti tugas pustakawan dalam menata dan mengecek satu per satu buku yang ada di dalam perpustakaan.

Penggunaan web browser dalam dunia internet sendiri, jauh sebelum booming google, adalah menggunakan mesin mesin pencari lawas yang awalnya dikembangkan oleh Netscape, sebuah perusahaan teknologi yang awalnya mengembangkan pencarian database dalam sebuah komputer. Jadi sistem kerjanya pada awalnya contoh web browser ada pada browser di komputer anda yaitu mengetikkan nama file yang anda cari, lalu komputer akan mencari dengan sendirinya.

Pada perkembangan selanjutnya, netscape mengembangkan sebuah web browser dalam mencari data website-website di internet. Perkembangan netscape ini kemudian memicu perusahaan-perusahaan teknologi lain untuk mengadopsi dan menirunya. Seperti misalnya Yahoo dan Hotmail yang kemudian mengintegrasikan antara web browser dengan kotak surat (email).

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Internet untuk Pemula

Yahoo dan hotmail adalah contoh web browser pada era modern, jauh sebelum kelahiran google dan opera mini, yang berhasil mengintegrasikan mesin pencari dengan kebutuhan akan kotak surat dan email. Keberhasilan yahoo dan hotmail (micorosoft) ini kemudian memicu kelahiran mesin pencari-mesin pencari yang diinisasi perusahaan teknologi dengan jenis layanan yang sama, misalnya dengan lahirnya opera mini dan google (gmail).

Kelahiran mesin pencari berbasis layanan email ini menjadi penanda baru jenis macam-macam web browser, yang awalnya hanya sekedar mencari website-website kemudian ikut menawarkan layanan lain seperti email. Pada perkembangan selanjutnya, macam-macam web browser sempat diadopsi perusahaan teknologi di Indonesia dengan berbagai variasi seperti adanya penambahan marketplace untuk jualan, email dan juga adanya mesin pencari.

Perusahaan teknologi Indonesia yang melakukan inovasi tersebut adalah TELKOM, pada saat masa jayanya internet di awal-awal, Telkom mengeluarkan web browser: plasa.com. Plasa ini memberikan jasa mesin pencari dalam pencarian terbatas, email dengan ekstensi akhir seperti ini: pandu@plasa.com dan tentu sajanya adanya link untuk berjuala (marketplace).

Kini nasib web browser plasa.com telah punah dan telah dialihkan menjadi situs mesin pencari ide-ide bisnis dan masih difungsikan sebagai marketplace untuk jualan, umur kelahiran plasa.com ini sejajar dengan geneasi kaskuser yang lahir bersamaan disaat booming internet di amerika dan kemudian merambah ke Indonesia.

Dari uraian panjang di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian web browser yang awalnya mengindeksasi, atau mencari website-website kemudian berkembang pesat menjadi website layanan email website marketplace, dan bahkan kini google mampu menjadi web browser yang memadukan data dan menjadi pengelola big data paling besar untuk kapitalisasi bisnis.

Lalu bagaimana cara kerja web browser dalam mengindeks website-website di dunia internet? Saat anda membuka contoh web browser seperti: yahoo.com, hotmail.com, aol.com, atau google.com, lalu mengetikkan kata kunci dari satu kata hingga beberapa kata, misal “kunci jawaban try out SMA”, maka logaritma web browser akan mencari ratusan website di internet yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Jurusan Aktuaria yang dibutuhkan dunia kerja

Web browser akan mengurutkan dari website yang paling sering dikunjungi hingga website dengan banyak artikel terkait. Kini, bahkan google mampu menyisipkan website-website yang berani beriklan di halaman muka google. Ini tentu saja kepintaran google dalam mengkapitalisasi web browser menjadi mesin pencari.

Lalu bagaimana kriteria website-website yang diindeks oleh web browser? Tentu saja seluruh website-website di penjuru dunia yang berkategori publik dapat diakses oleh web browser, terkecuali apa yang ada di dark web tidak bisa sama sekali disentuh oleh web browser. Bukan karena tidak bisa, tetapi karena logaritma web browser tidak ditujukan untuk mencari website di dark web, tetapi hanya di website-website di open web yang bisa diakses.

selain penjelasan di atas, ada beberapa macam-macam web browser yang berdiri sendiri sebagai perusahaan teknologi mesin pencari, tetapi ada juga macam-macam web browser yang merangkap menjadi mesin teknologi browser yang mengembangkan mesin pencari seperti Google mengembangkan web browser seperti Chrome, sementara Netscape mengembangkan Netscape explorer, dan micorsoft telah lama memiliki internet explorer sebagai web browser andalan mereka.

Selain nama-nama di atas, terdapat perusahaan teknologi lain misalnya Apel yang sudah sangat terkenal itu memiliki web browser sendiri yang menjadi unggulan produk-produk mereka yang dinamakan web browser Safari. Tentu saja kemunculan macam-macam web browser dari perusahaan teknologi ini juga memunculkan pesaing-pesaing lamanya seperti Mozilla yang dahulunya hanya mempunyai mozilla versi lawas juga memunculkan Mozilla Firefox terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *