Selisih Perbedaan Waktu Indonesia Dan Jerman

Posted on

Perbedaan Waktu Indonesia Dan Jerman– Perputaran bumi mengilingi matahari membuat perbedaan waktu, termasuk perbedaan waktu Indonesia dan Jerman, yang cukup banyak karena berada pada dunia benua yang berbeda. Dan banyak yang bertanya berapa jam perbedaan waktu Indonesia dan Jerman?

Untuk anda yang sudah pernah tinggal di Jerman atau berkunjung ke Jerman pastinya sudah tau perbedaan waktu Indonesia dan Jerman. Dan perbedaan waktu Jerman itu 5 jam dan 6 jam. Banyak juga yang bingung karena ada yang 5 jam dan 6 jam, mana yang benar? Ternyata dua-duanya benar.

Perbedaan waktu Indonesia dan Jerman terdiri dari 5 jam dan 6 jam. Dan pertanyaanya kenapa bisa berbeda? Apakah di Jerman matahari suka telat terbit atau telat tenggelam? Ternyata bukan, karena semua tergantung musim yang sedang ada disana.

Musim juga sangat berpengaruh terhadap perbedaan zona waktu di Jerman. Jadi jika pada musim ketika musim dingin yang biasanya pada bulan oktober dan sampai maret selih waktu Indonesia dengan Jerman hanya 5 jam. Jadi jika saat ini di Jakarta jam 17.00 ( Jam 5 sore ) berarti di Jerman masih jam 13.00 ( jam 1 siang) cukup mudah menghitungnya, tinggal mengurangkan 5 jam dari jam di Indonesia saat ini.

Contoh lainnya supaya anda lebih paham, jika saat ini di Jakarta pukul 05.00 ( jam 5 pagi) maka di jerman masih pukul 00.00 ( jam 12 malam) , dan jika di indonesia masih pukul 01.00 ( jam satu pagi) maka tidak hanya jam lai berbeda tetapi juga tanggal dan hari yang berbeda dengan jerman, karena di Jerman masih pukul 20.00 ( jam 8 malam) dan kurangkan satu hari kebelakang. Misalnya hari ini di Indonesia hari jumat tanggal 22 maret 2019. maka di Jerman masih hari kamis 21 maret 2019.

Baca Juga:  Tips Belajar Bahasa Jerman Sehari-hari Tanpa Kursus

Lalu saat musim panas yaitu biasanya ada bulan April hingga Oktober, perbedaan waktu Indonesia dan Jerman menjadi 6 jam, dan mengapa bisa demikian? Karena pada musim panas disana, matahari akan tenggelam satu jam lebih lama dari yang biasanya. Jadi pada pukul 18.00 ( jam 6 sore) matahari masih terang sama seperti pukul 17.00 (jam 5 sore) itulah yang membuat Jerman mempunyai dua zona waktu yang berbeda pada musim yang berbeda.

Jadi ketika Jerman pada musim panas, akan berbeda 6 jam dari Indonesia. Menghitungnya cukup mudah karena tinggal mengurangkan 6 jam dari jam di Indonesia. Contohnya, saat ini di indonesia jam 17.00 ( Jam 5 sore ) berarti di Jerman masih jam 12.00 ( jam 12 siang) . Dan jika di Indonesia masih pukul 20.00 (jam 8 malam) maka di Jerman masih jam 14.00 (jam 2 siang).

Itulah perbedaan waktu Indonesia dan Jerman, semoga anda bisa memahaminya dengan baik dan tidak kebingungan lagi jika dikatakan bahwa perbedaan zona waktu Indonesia dengan Jerman ada dua, yaitu 5 jam dan 6 jam. Anda tinggal mencari tahu saat ini dijerman sedang pada musim apa, dan anda bisa menghitung di Jerman jam berapa, dengan mengurang kan 5 atau 6 jam dari jam di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *