Arti Netizen yang sering kamu baca di twitter dan instagram

Posted on

Arti Netizen  – Kamu sering membaca linimasa twitter ataupun instagram dan beberapa media sosial lainnya akhir -akhir ini? Lalu menemukan kata kata yang cukup familiar seperti kata “netizen” yang sering diistilahkan sebagai warga dunia maya. Bahkan beberapa situs berita menggunakan kata ini sebagai representasi warga twitter, facebook dan instagram.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Lalu apa arti netizen yang sesungguhnya dalam kamus bahasa indonesia atau dalam tata bahasa yang benar? Netizen adalah terjemahan bebas dari bahasa indonesia yang artinya warga, masyarakat atau komunitas dunia maya. Disebut dunia maya karena warga pengguna media sosial adalah semacam jejaring maya yang saling terhubung dan terkoneksi satu sama lainnya.

Netizen artinya sendiri dalam bahasa inggris merupakan singkatn dari kata net= internet dan juga citizen=warga, masyarakat. Jadi jika netizen kemudian digabungkan maka akan menjadi warga internet atau masyarakat internet yang komunitasnya paling banyak ditemukan di media sosial. Bukan begitu?

Arti neztien disebut dengan warga internet karena pengguna facebook, twitter, instagram telah mencapai hampir 1 miliar, sementara jumlah penduduk asli bumi ini sendiri mencapai angka 7 miliar. Itu artinya sepertujuh warga bumi yang hidup secara nyata juga mempunyai akun di media sosial, entah berada di twitter, facebook, instagram, atau hanya mempunyai akun-akun pesan instan seperti whatsapp, telegram, wechat dan lain-lain.

Arti netizen sendiri terbentuk manakala kumpulan warga internet ini yang awalnya hanya sekedar kumpul-kumpul mempunyai akun sosial media kemudian mempunyai kekuatan sosial politik. Kekuatan sosial politik ini awalnya banyak diragukan orang karena komunitas internet hanya mampu mengetik dengan smartphone dan bahkan melakukannya dalam kondisi rebahan dan malas-malasan.

Akan tetapi ternyata fungsi netizen yang awalnya hanya sekedar hiburan kemudian berubah mempunyai fungsi sosial politik, entah itu dalam kondisi kontrol sosial politik positif maupun negatif. Pada beberapa kasus apa arti netizen menemukan bentuk yang positif seperti membantu donasi seorang ojek online yang kehilangan motornya saat mengantar pesanan makanan customer di sebuah bilangan mall di jakarta.

Baca Juga:  Cara Download Font Instan untuk komputer anda

Netizen kemudian membagikan pesan kemanusiaan ini dan memblow-up donasi ke seantero media sosial untuk mengetuk kemurahan hati para netizen lainnya agar menyumbang sekeping dua keping dana, dan taraa hanya dalam waktu seminggu atau dua minggu saja terkumpul dana yang bisa digunakan membeli sebuah sepeda motor pengganti bagi tukang ojek online tersebut.

Pada sisi positif lain, arti netizen sebagai dewa penolong juga menemukan bentuknya saat seseorang warga internet mengunggah postingan sebuah warung makan milik kakek nenek tua yang tidak laku-laku, kemudian meminta warga dunia internet agar membeli (melarisi) dagangan si kakek dan nenek. Ajaibnya dalam tempo seminggu dan sebulan kemudian dagangan di kakek dan nenek kemudian laku keras.

Namun, apa arti netizen dalam fungsi sosial politik juga menemukan bentuk negatifnya dalam masa pemilu presiden dan legislatif dimana netizen terbelah, saling gunjing sana sini, saling kritik dan bahkan paling parahnya adalah timbulnya hoax atau berita palsu.

Timbulnya hoax dan berita palsu ini menandakan bahwa netizen adalah warga internet yang juga rentan sebagai sarang informasi negatif. Pemerintah akhirnya kemudian memutuskan memperketat aturan pemakaian media sosial dan meminta facebook, twitter serta instagram turut andil dalam mencegah berita bohong, hoax dan ujaran kebencian ini. Kini jika anda sebagai bagian dari netizen indonesia, mari bersikap cerdas dan pintar ya dalam membagikan berita di media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *