Cara Daftar Ausbildung di Jerman Melalui Jalur Mandiri

Posted on

Ausbildung  di Jerman- Apa saja program yang tersedia untuk bisa membawamu ke Jerman dan tinggal di sana untuk beberapa tahun? Pemerintah Jerman sangat terbuka soal orang asing yang akan masuk ke negara mereka mulai dari tujuan wisata dan pendidikan. Mereka tidak akan mempersulit kedatanganmu ke Jerman jika syarat-syarat yang dibutuhkan telah dilengkapi.

Dunia pendidikan adalah penyumbang terbesar untuk orang asing bisa masuk di Jerman. Ada banyak program pendidikan yang menarik untuk diikuti salah satunya adalah ausbildung. Bagi kamu yang tidak ingin belajar terlalu banyak teori bisa mengikuti program ini.

Pemerintah Jerman sangat memikirkan keberlangsungan masyarakat mereka yang siap di dunia kerja. Hal inilah yang membuat program ausbildung diciptakan sebagai alternatif sekolah di universitas. Bahkan program ini tidak hanya diperuntukan masyarakat Jerman namun untuk orang asing.

Bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan di Jerman dan siap untuk bekerja bisa mengikuti program ini. Bisa dikatakan hampir 80% dari proses belajar dilakukan di kantor atau perusahaan yang tersedia untuk program ausbildung.

Tidak sedikit orang Indonesia yang mengikuti program setingkat dengan D3 ini. Bahkan jika nilai kamu cukup baik dan ingin melanjutkan ke universitas masih terbuka lebar.

Keuntungan Mengikuti Ausbildung di Jerman

Apa alasan kamu memilih program Ausbildung? Tentu saja alasannya untuk siap bekerja dan mendapatkan etos kerja yang tinggi. Mengingat masyarakat Jerman selalu memberikan etos kerja tinggi dengan kedisiplinan yang perlu ditiru.

Keuntungan mengikuti program ausbildung adalah alasan utama yang bisa membawamu ke Jerman. Berikut ini apa saja keuntungannya.

Jika kamu diterima di program Ausbildung maka tidak ada uang lebih yang diperlukan untuk mengurus visa. Kamu hanya perlu memberikan surat bahwa telah diterima dalam program Ausbildung kepada pihak imigrasi.

Memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan yang berpartisipasi dalam program Ausbildung. Karena kamu telah mengikuti program kerja maka kesempatan untuk diterima sebagai pegawai lebih tinggi.

Jika kamu mendapatkan nilai C+ setelah program selesai, maka kamu masih memiliki kesempatan untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Kamu bisa merasakan bagaimana rasanya bekerja bahkan ketika belum lulus. Materi teori yang lebih sedikit memberikanmu kesempatan yang tinggi untuk merasakan bagaimana bekerja secara profesional.

Waktu pendidikan yang ditempuh lebih singkat mengingat masa praktek yang lebih padat. Kamu hanya perlu menyelesaikan program ini dalam kurun waktu 3 tahun.

Baca Juga:  Aupair adalah Cara Tercepat Menguasai Bahasa Asing

Mendapatkan upah selama praktek kerja, program ini juga memberikan upah berupa uang saku per bulannya. Biasanya upah ini juga akan menjadi salah satu syarat untuk bisa mendapatkan visa di Jerman.

Sebelum memilih untuk mengambil program ini, ketahuilah bahwa pada dua jenis program Ausbildung yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman. Jenis pertama Ausbildung adalah Duale Ausbildung yang akan ditempuh sekitar 2 hingga 3,5 tahun.

Pada program Duale Ausbildung ini kamu akan mengikuti tiga minggu teori dan sisanya bekerja di perusahaan. Ketika bekerja kamu akan langsung praktek dari teori yang telah disampaikan di kelas. Jika mengikuti program ini maka kamu bisa mendapatkan gaji bulanan sekitar 950 hingga 1200 euro.

Program yang kedua adalah Schulische Ausbildung, program ini akan menghabiskan teori dan praktek sama merata. Hanya saja kamu tidak akan mendapatkan upah karena praktek kerja ini berbentuk praktikum di lembaga.

Cara Daftar Ausbildung di Jerman Melalui Jalur Mandiri

ausbildung jerman
1. Mencari Informasi Mengenai Ausbildung

Bagi kamu yang berencana untuk mendaftar secara mandiri, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Karena diselenggarakan di Jerman, maka kamu bisa mencari ragam informasinya melalui website-website Ausbildung yang dibuka.

Masing-masing web memiliki langkah berbeda untuk mendaftar. Jadi sebaiknya perhatikan langkah dan syarat apa saja yang perlu dikumpulkan. Jangan lupa, bukan hanya web saja, tetapi kamu juga harus mencari informasi lengkap seputar Ausbildung, baik itu kelasnya dan jurusan yang ingin dipelajari.

2. Memilih Jurusan Ausbildung

Ada begitu banyak jurusan Ausbildung yang bisa dipilih, namun kamu harus memilih bidang yang dibuka untuk non Uni Eropa serta bidang tersebut harus disukai. Percuma saja mendaftar jika kamu tak suka dengan jurusannya. Maka akan lebih baik memilih secara teliti, belajar apa saja kelebihan dan kesempatan lapangan pekerjaan dari jurusan tersebut.

Siapa saja boleh memilih jurusan baik itu kamu yang baru saja lulus sekolah atau sudah bekerja. Bagi pekerja, akan lebih baik jika memilih jurusan sesuai dengan bidang pekerjaan yang saat ini ditekuni. Sehingga akan mendapatkan surat rekomendasi untuk memperdalam ilmu bidang tersebut di Jerman.

Baca Juga:  4 Cara Memilih Tempat Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

3. Belajar Bahasa Jerman

Kamu tidak akan diterima jika tidak menguasai bahasa Jerman. Kemampuan ini juga menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelumnya. Gak sulit kok untuk belajar, karena kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jerman di Indonesia. Level kemampuan yang dibutuhkan adalah B1, dimana kamu bisa berkomunikasi dengan lebih lancar dengan native speaker.

Kemampuan ini juga dibutuhkan karena semua materi pembelajaran dan pekerjaan di Jerman semuanya menggunakan bahasa pengantar tersebut. Tak perlu khawatir, karena belajar bahasa Jerman di Indonesia bisa ditempuh selama 6 hingga 9 bulan.

4. Melengkapi Syarat-Syarat

Syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar Ausbildung Jerman rata-rata dalam bentuk dokumen. Semua syarat di berbagai bidang kurang lebih sama, seperti ijazah dan transkrip nilai serta curriculum vitae (CV). Ingat semua harus menggunakan bahasa Jerman. Semua syarat dokumen ini harus dikirim secara online melalui website yang telah kamu pilih.

Perhatikan selalu kapan jadwal penyerahan semua syarat dokumen terakhir kalinya. Jangan sampai melewatkan tanggal yang telah ditentukan. Kamu juga bisa mendaftar lebih dari satu tempat yang menyelenggarakan Ausbildung dengan jurusan yang sama. Dengan mendaftar lebih dari satu tempat kesempatan untuk diterima pun lebih tinggi.

5. Mengikuti Wawancara

Selesai mendaftar Ausbildung melalui situs online kamu perlu menunggu hasilnya. Apabila Kamu diterima, maka selanjutnya adalah wawancara. Proses ini tidak harus dilakukan di Jerman, karena semuanya akan melalui video call. Nah pada saat wawancara ini kamu juga akan menggunakan bahasa Jerman. Bisa jadi, jika lamaranmu bagus akan mendapat tawaran lebih dari satu tempat.

Apabila wawancara sudah selesai dan ternyata kemampuanmu menarik bagi pihak perusahaan, maka akan langsung diterima setelah menunggu pengumuman. Kamu hanya perlu melanjutkan untuk mengirim dokumen lain yang dibutuhkan melalui pos.

6. Mengurus Visa

Mendapatkan keterangan diterima, selanjutnya adalah mengurus visa. Pengurusan dilakukan di kedutaan Jerman di Jakarta dan harus dilakukan sendiri. Semua syarat harus dipenuhi dan hindari kesalahan, karena pengurusan yang cukup lama akan membuat visa terlalu lama selesai dibuat.

Menghindari kesalahan saat membuat visa, sebaiknya penuhi syarat-syaratnya pada saat kamu mempersiapkan dokumen mendaftar. Sehingga tidak perlu lagi berpacu dengan waktu dan akhirnya melupakan beberapa syarat penting.

7. Berangkat ke Jerman

Saat mengurus visa, kamu bisa membeli tiket ke Jerman dengan memperkirakan waktu visa selesai dibuat. Kamu bisa mencari tiket dengan harga murah jauh-jauh hari serta mencari penginapan sementara. Jadi sesampainya disana kamu sudah mendapatkan tempat tinggal sementara sebelum mendapatkan apartemen yang dekat dengan sekolah.

Cek kembali barang yang akan dibawa, ketahui musim apa yang sedang berlangsung di Jerman. Sehingga kamu bisa membawa pakaian yang sesuai. Jangan lupa bahwa Jerman adalah negara empat musim, jadi pada saat musim gugur dan salju kamu harus mempersiapkan pakaian yang tebal.

Situs Penyedia Ausbildung di Jerman

aubildung

1. Ausbildung.de

Website ini adalah yang paling sering digunakan untuk mendaftar program Ausbildung bagi masyarakat non UE. Situs ini menggunakan bahasa Jerman. Untuk mendaftar kamu harus membuat akun kemudian login menggunakan akun yang telah dibuat. Bisa dibilang situs ini sama seperti situs pencari kerja lainnya, hanya khusus program Ausbildung Jerman.

Ada empat langkah mudah yang disediakan untuk mendaftar melalui situs ini. Pertama mengumpulkan CV, transkrip dan ijazah yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman. Kedua, mendaftar lowongan Ausbildung yang dibuka. Ketiga membuat visa, keempat berangkat ke Jerman.

2. Hotelcareer.de

Berbeda dengan Ausbildung.de, pada situs ini kamu bisa memilih jurusan Ausbildung yang berhubungan dengan hotel. Seperti manajemen hingga koki. Melalui situs ini kamu juga harus membuat akun yang lengkap dan menyertakan CV, surat lamaran, ijazah dan transkrip nilai.

Ada yang harus diperhatikan saat memilih program Ausbildung Jerman melalui situs ini. Karena program Ausbildung berbeda, maka kamu harus mencari menu pendidikan dan training karena berbeda dengan lowongan pekerjaan tetap. Disana kamu akan menemukan institusi hotel mana saja yang membuka lowongan Ausbildung.

3. Meinestadt.de

Situs ini bukan hanya menyediakan pekerjaan Ausbildung tetapi juga portal untuk menemukan penginapan, apartemen, mobil bahkan pasangan hidup. Jika ingin mencari program Ausbildung kamu harus lebih teliti mencarinya. Yaitu dengan masuk menu Wunsch Job kemudian temukan bidang yang ingin dipelajari.

Setelah memilihnya, kamu harus menyaring lagi lowongan mana saja yang merupakan Ausbildung di antara lowongan pekerjaan part time, full time, bahkan mini jobs. Rajin-rajinlah untuk mencarinya karena kamu akan mendapatkan sesuai yang dibutuhkan.

Syarat Syarat Ausbildung di Jerman yang Harus Dilengkapi

syarat ausbildung di jerman

Kini saatnya mempersiapkan apa saja syarat yang diperlukan untuk mengikuti program Ausbildung. Kebutuhan yang utama adalah visa, untuk mendapatkan visa kamu bisa datang ke kedutaan besar Jerman di Jakarta atau ke pihak imigrasi jika kamu berada di Jerman.

Cukup menyerahkan bukti surat penerimaan Ausbildung dan menunggu surat tersebut disetujui. Jika kamu belum diterima maka kamu harus melamar terlebih dahulu untuk bisa masuk ke program Ausbildung.

Syarat lengkap yang dibutuhkan untuk melamar adalah lamaran kerja lengkap disertai dengan surat motivasi. Surat ini tentu saja ditulis dalam bahasa Jerman.

Selain itu dibutuhkan juga sertifikat bahasa Jerman yang membuktikan kamu menguasai bahasa Jerman. Karena semua materi dan ujian akan disampaikan dalam bahasa Jerman. Sangat penting perusahaan untuk mengetahui bahwa kamu siap menerima pelajaran dengan bahasa Jerman dan berikut di bawah ini adalah

1. Ijazah dan Transkrip

Dokumen yang pertama ini penting sekali untuk disertakan saat mendaftar. Semua ijazah dan transkrip harus diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman. Penerjemah yang digunakan pun tidak boleh sembarangan karena harus bersertifikat. Biasanya saat mendaftar kamu harus menyertakan scan asli serta fotokopinya.

Supaya bisa diterima Ausbildung di jerman, kamu yang lulusan SMA sebaiknya memiliki nilai tinggi pada mata pelajaran sesuai dengan jurusan yang dipilih. Misalnya saja kamu memilih mendaftar ke jurusan mekatronika, maka nilai matematika dan fisika harus baik.

Bagi kamu yang mungkin tidak memilih jurusan yang sesuai atau alih jurusan setelah lulus D3 sebaiknya kuasai bidang tersebut sebelumnya. Kamu harus menguasai bidang tersebut dengan lebih baik. Sehingga pada saat wawancara bisa menjawab semua pertanyaan dengan memuaskan.

2. Usia

Siapa saja bisa mendaftar, asalkan usianya mencukupi. Batas minimal mendaftar adalah 18 tahun dan batas maksimal 35 tahun. Bagi kamu yang berumur 18-25 tahun dapat mendaftar tanpa harus menyertakan surat pengalaman kerja. Namun bagi yang sudah berumur 25-35 tahun wajib memberikan surat rekomendasi dari perusahaan atau atasan langsung.

3. Sertifikat Bahasa Jerman

Kemampuan bahasa Jerman yang dibutuhkan adalah tingkat B1, lalu untuk membuktikannya kamu perlu mengikuti tes yang hasilnya adalah sertifikat. Sebelum mencapai level ini, kamu sebelumnya harus mengikuti kursus dan tes level A1 hingga A2. Pastikan kamu belajar dengan target supaya bisa mendaftar Ausbildung Jerman dengan lebih cepat.

Goethe-Zertifikat B2 harus kamu dapatkan setelah mengikuti tes bahasa Jerman. Ada beberapa jenis tes yang bisa kamu pilih seperti TestDaF (Test Deutsch als Fremdsprache) ada juga DSH (Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang). Segera ukur kemampuanmu setelah mengikuti kursus melalui tes ini.

4. CV, Surat Lamaran, Surat Motivasi

Curriculum VItae yang dibutuhkan harus lengkap dan mengungkapkan identitas pribadi secara terperinci. Sama juga dengan surat lamaran, kamu harus membuatnya dalam bahasa Jerman.

Pelajari pembuatan CV dan juga surat lamaran yang benar supaya menarik dan membuat pencari peserta Ausbildung di Jerman tertarik. Sehingga CV dan surat lamaran lolos seleksi administrasi.

Tambahan satu dokumen lagi yang dibutuhkan adalah surat motivasi. Berbeda dengan surat lamaran, pada surat motivasi ini kamu harus menjelaskan alasan mendaftar Ausbildung di Jerman serta memilih jurusan tersebut.

5. Paspor

Dokumen berupa paspor sangat penting dan merupakan salah satu syarat pembuatan visa. Kamu bisa membuat paspor pada saat masih mengikuti kursus, karena masa berlakunya lima tahun. Buatlah paspor di pihak imigrasi tempat kamu tinggal. Sebelum membuat visa, pastikan paspor masih berlaku supaya tidak mengulur-ulur waktu.

6. Pembuatan Visa

Visa menjadi salah satu syarat yang sangat penting. Karena kamu akan tinggal di Jerman lebih lama, maka kamu perlu membuat visa tinggal lebih dari 90 hari. Semua prosesnya bisa cepat kok, asalkan semua syarat di bawah ini sudah kamu penuhi.

Paspor

Sertifikat bahasa

Kontrak kerja Ausbildung

Polis Asuransi Kesehatan

Ijazah dan Transkrip

Surat Motivasi

Formulir Permohonan

Kontrak tempat tinggal

Pas Foto Visa Jerman

 

Nah bagi kamu yang ingin bisa mahir bahasa Jerman agar bisa masuk ke program Ausbildung, sebaiknya belajar bahasa Jerman sekarang melalui virtueducation.org. Kamu juga bisa mengikuti program khusus untuk persiapan Ausbildung di Jerman yang berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *