Contoh Kalimat Saran dalam Bahasa Inggris pada ujian TOEFL

Posted on

Contoh kalimat saran dalam bahasa inggris merupakan salah satu bahasan material dalam ujian toefl, walauapun yang dimaksud adalah ujian toefl bahasa inggris tingkat sekolah menengah atas, tetapi tidak menutup kemungkinan juga beberapa materi muncul dalam toefl internasional. Karena materi materi ujian dalam toefl internasional biasanya merupakan materi yang lebih komplet dibandingkan materi ujian bahasa inggris nasional sma.

Pada ujian bahasa inggris toefl untuk sma, contoh kalimat saran dalam bahasa inggris biasanya dibahas dalam kurikulum cara membedakan kalimat saran dan jenis-jenis kalimat lain. Misalnya cara membedakan kalimat tanya, kalimat argumentasi ataupun contoh kalimat saran.

Pada jenis kalimat tanya dalam bahasa inggris maka akan ditandai dengan ciri penggunaan kata tanya 5w dan 1h, tetapi perlu diperhatikan juga penggunaan ini seringkali juga sama dengan kalimat-kalimat yang lain.

Baca juga ” Cara Membuat Dialog Bahasa Inggris Secara Tematik “

Sementara untuk kalimat argumentasi, maka setidaknya ada dua ciri contoh kalimat argumentasi dalam bahasa inggris yaitu penggunaan “in my opinion” ataupun “according to me”. dua ciri kalimat argumentasi ini menandakan bahwa anda ingin mengungkapkan pendapat anda secara santun dan bisa ditandai dengan dua kalimat ini.

Misalnya begini,
“do you think this presentation better than previous presentation?” lalu anda menjawab, “in my opinion, there is no differences between this presentation and previous presentation” atau kalimat “in my opinion” bisa juga diganti dengan “according to me”

Terjemahan: in my opinion: dalam opini saya
According to me: menurut pendapat saya.

Contoh Kalimat Saran dalam Bahasa Inggris

Nah, selanjutnya contoh kalimat saran dalam bahasa inggris juga ditandai dengan beberapa kalimat khusus, tetapi juga bisa berkembang dalam kalimat kalimat lain, misalnya salah satu kalimat khususnya seperti ini:

Baca Juga:  Contoh Kalimat Active dan Passive dalam Simple Present Tense

1.Why don’t we? (kenapa kita tidak)?

Contoh kalimat saran dalam bahasa inggris salah satunya ditandai dengan kalimat ini yang menandakan adanya opsi lain yang masih bisa berubah. Misalnya begini ada sebuah pernyataan yang membutuhkan saran, atau pernyataan yang sebenarnya tidak membutuhkan saran tetapi anda ingin memberikan saran.

“manager is request our letter must be send by pos”
“why don’t we send it by email. So can be fast and effective”

(manager menginginkan surat surat dikirim dengan pos)
(kenapa kita tidak kirim lewat email saja, sehingga bisa lebih cepat dan efektif)

2.Should (seharusnya)

Contoh kalimat saran dalam bahasa inggris ini menggunakan format modal yang merupakan materi utama bahasa inggris pada tingkat sma. Contoh kalimat saran dengan menggunakan modal biasanya bersifat langsung tanpa adanya pertanyaan sebelumnya. Struktur format yang sering dipakai adalah: subjek + should + objek

Berikut contoh kalimat saran dalam bahasa inggris dengan format should:

A.You should wear uniform, it is Monday ceremony (kamu seharusnya menggunakan seragam, ini adalah upacara hari senin)
B.You should go to the doctor, if you are feeling sick (kamu seharunya pergi ke doktor jika kamu merasa sakit)

3.Ough to (seharusnya/sebaiknya)

Contoh kalimat saran dalam bahasa inggris ini juga berbentuk modal, tetapi jarang digunakan dalam kehidupan sehari hari, tetapi sering muncul dalam ujian toefl bahasa inggris, jadi anda harus memahaminya. Struktunya masih sama dengan should, yaitu: subjeck + ough to + objek

Berikut contoh kalimat saran yang menggunakan kalimat ough to:

A.You ought to get some rest, you look tired and not feeling well (kamu sebaiknya istirahat karena kamu kelihatan lelah dan tidak enak badan)
B.This vacation, we ought to go to the beach (liburan kali ini, sebaiknya kita pergi ke pantai)

Baca Juga:  Tiga Games Bahasa Inggris Paling Gampang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *