Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Posted on

Tips Cara Belajar Bahasa Inggris – Semakin maraknya penggunaan bahsa inggris baik di lembaga-lembaga pendidikan maupun pada lapangan pekerjaan membuat setiap orang semakin berlomba-lomba dalam menguasai bahasa inggris. Tapi taukah kamu? Sebnarnya bahasa inggris gampang dikuasai loh. Kamu tidak perlu mengikuti bimbel tambahan untuk mempelajari bahasa inggris.

Banyak cara maupun metode yang dapat kamu pelajari di rumah maupun dimana saja agar bahasa inggris kamu semakin meningkat. Dengan Belajar bahasa inggris tentunya akan membuat kita meralam berinteraksi dengan orang bangsa asing. berbahasa Inggris tentunya membuat kita aman dalam berinteraksi dengan orang baru dari bangsa manapun. Penguasaan dalam berbahasa Inggris pun mempunyai banyak sekali keuntungan dalam proses bersosialisasi.

Sudah banyak sekali masyarakat Indonesia yang menyadari betapa bermanfaatnya memiliki kemampuan berbahasa asing terutama bahasa inggris yang memang mejadi bahasa internasional, walaupun sudah mengetahui banyak sekali manfaat yang didapatkan, tetapi masyarakat sbagian besar masih enggan untuk mempelajarinya.

Padahal bahasa inggris dapat dibilang bahasa yang mudah dimengerti, karena banyak sekali factor yang memudahkan anda dalam mempelajari bahasa inggris, seperti penggunaan smartphone, komputer dan sebagainya yang menjadikan bahsa inggris sebagai bahasa penggunaan.

Baca juga : Bimbingan gre kunci sukses melanjutkan pascasarjana di luar negeri/

Terdapat beberapa cara maupun metode yang menarik dapat dipelajari oleh anda agar penguasaan bahasa inggris anda menjadi lebih baik, beberapa tips yang akan membantu anda diantaranya berupa :

 

  1. Rajin Menonton Film Berbahasa Inggris

Cara cepat dalam belajar bahssa inggris yang paling efektif adalah dengan menonton film. Cara ini menjadi sangat efektif dikarenakan sudah pasti setiap orang suka menonton film. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh anda yang ingin cepat mengerti bahsa inggris.

Dengan menonton film, anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat pembelajaran seperti menambah vocabulary atau kosakata dalam bahasa inggris, selain itu hal ini juga tidak akan membuat anda bosan dikarenakan belajar seperti ini merupakan cara yang tidak terlalu monoton, dengan melihat dan mendengar anda secara tidak langsung akan menjadi peka dengan kalimat-kalimat yang terucap sehingga pemahaman listening anda akan lebih terasah.

  • Rajin Mendengarkan lagu Berbahasa Inggris

Salah satu cara yang paling efektif berikutnya aadalah dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris. Biasanya banyak sekali anak-anak muda sekarang yang menganggap bahwa lagu berbahasa inggris itu “keren”. Dengan meikmati lagu tersebut anda juga akan terbawa degan suasana yang lebih relax, sehingga kemampuan speaking dan listening anda akan dapat terasah dengan lebih baik.

  • Rajin Menghafal Kosakata dan Menerjemahkannya

Dalam belajar bahasa inggris tidak sembarangan dalam melontarkan kalimat tanpa mengetahui makna dan kaidah penulisannya, oleh karena itu penting bagi kita yang sedang belajar bahasa inggris untuk memiliki kosa kata yang luas.

Baca Juga:  9 Rahasia Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Memperoleh kosa kata dapat melalui membaca kamus atau menggunakan mesin translate. Bagi yang memiliki level analisis yang tinggi, memperoleh kosa kata dapat dicari melalui komunikasi langsung dengan orang yang kesehariannya menggunakan bahasa inggris, hal tersebut diperoleh berdasarkan gerak tubuh, ekspresi, ungkapan, dan tindakan yang dilakukan oleh lawan bicara.

Untuk menghafal kosa kata dapat dilakukan dengan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika menyebutkan nama benda, bertanya, dan mengungkapkan kegiatan lainnya.

 

  • Rajin Membaca Buku Berbahasa Inggris

Dengan membaca, anda akan banyak mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru. Selain itu, membaca pun dapat merangsang kinerja otak untuk tetap bekerja dan memperkuat daya ingat. Maka dari itu, membaca bisa dikatakan sebagai metode yang paling efektif untuk menjadi salah satu cara cepat belajar bahasa inggris, dan tentu saja dengan membaca anda dapat memperkaya kosa kata bahasa inggris.

Selain memperkaya kosa kata, membaca pun ternyata dapat melatih kemampuan speaking yang anda punya. Dengan membaca kata demi kata dengan nada yang cukup keras, anda akan tahu bagaimana kosa kata bahasa Inggris diucapkan dengan benar.

  • Rajin Menulis Menggunakan Bahasa Inggris

Jika anda sudah merasa memiliki cukup banyak kosa kata, dianjurkan untuk melatihnya dengan cara menulis kembali dalam sebuah buku atau media yang terdiri dari kalimat-kalimat dengan frasa yang benar. Dalam tahap ini dapat dilakukan dengan cara menulis cerita di sebuah artikel dengan bahasa inggris, berbalas sms dengan bahasa inggris, dan mencoba menulis sebuah laporan dengan bahsa inggris.

  • Berteman Dengan Orang yang Sudah terbiasa Berbicara Bahasa Inggris

Untuk melatih cara berkomunikasi bahasa inggris yang anda miliki dapat dilakukan dengan cara membuat sebuah kelompok belajar yang terdiri dari orang-orang yang terbiasa menggunakan bahasa inggris dalam kesehariannya. Hal tersebut secara langsung akan meningkatkan kemampuan bahasa inggris anda karena pada dasarnya untuk menguasai suatu ilmu bahasa adalah komunikasi.

Dengan mengikuti metode yang telah disebutkan, diharpkan anda akan lebih terarah dan mudah untuk belajar bahasa inggris, namun jika anda memiliki metode yang lain dapat menjadi tambahan tersindiri. Oleh karena itu dalam menentukan metode, disarankan untuk memilih yang sesuai dengan kemampuan anda. Selamat mencoba, semoga behasil !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *