Cara Membuat Blog

Mau Belajar Cara Membuat Blog? Ikuti 7 Langkah Mudah Ini

Posted on

Cara Membuat Blog – Ingin membuat sesuatu yang menarik untuk disebarluaskan ke khalayak umum? Mengapa tidak mencoba untuk membuat blog dari sekarang. Menjadi seorang blogger adalah salah satu hobi bahkan pekerjaan yang banyak diminati modern ini. Melalui blog Anda bisa berbagi pengalaman, cerita atau hal-hal yang perlu diketahui oleh banyak orang.

Bukan hanya berbagi, tapi blog juga bisa memberikan penghasilan. Anda bisa mengelola blog dengan lebih mudah dari penghasilannya. Blog juga bisa memberikan nilai yang lebih baik kepada orang lain. Jadi jika Anda berpikir untuk memulai sebuah blog tapi bingung harus dari mana, disini Anda akan menemukan jawabannya.

Ada begitu banyak cara membuat blog, baik itu yang berbayar atau gratisan. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Sebelum membuat blog ada banyak pertanyaan yang harus dicari jawabannya. Seperti, kapan harus memulainya? Bagaimana cara mendaftar domain? Apa itu hosting? Apa itu plugin? Bagaimana dengan tema blog?. Jika dipikir-pikir banyak sekali pertanyaan yang harus dijawab.

Baca juga : Afiliasi Adalah, Pengertian Hingga Sistem Kerjanya

Tenang saja, untuk bisa membuat blog Anda tidak harus menguasai coding atau menjadi seorang back end developer. Siapa saja bisa membuat blog dan juga kapan saja. Yuk simak cara mudahnya disini.

7 Langkah Mudah Cara Membuat Blog

Membuat blog memang sangat mudah, Anda bisa mendaftar, menginstal, belajar fitur-fiturnya dan selesai. Tapi untuk bisa membuat blog menjadi terkenal dan banyak dibaca tidaklah mudah. Strategi optimasi harus diterapkan yang nantinya akan dijelaskan di langkah terakhir. Barulah dari situ Anda bisa sukses menjadi seorang blogger.

Fakta yang terjadi di lapangan tidak mudah untuk menjalankan blog karena Anda harus memiliki komitmen dalam jangka waktu yang panjang. Jika Anda memiliki sifat angin-anginan atau membuat blog hanya karena mengikuti trend saja, maka cobalah untuk mempertimbangkannya sekali lagi. Tentunya Anda tak ingin hanya membuat waktu dan uang untuk hasil yang sia-sia.

Tapi jika Anda sudah mantap dan serius ingin menjalankan blog ke depannya, maka lanjutkan dengan mengikuti ketujuh tahapan berikut ini.

Langkah 1. Pilih Topik Utama yang Menarik untuk Diulas

Memilih topik haruslah sesuai dengan apa yang Anda sukai. Nantinya banyak sekali konten yang dibaca, jika Anda tidak membuatnya dengan serius maka blog bisa sama sekali tidak mendapatkan pengunjung. Topik yang disukai akan mempermudah Anda untuk terus mengisi dengan konten-konten yang dibutuhkan dan banyak dicari.

Ada banyak orang yang memulai membuat blog karena mengejar keuntungan setelah mendengar banyaknya penghasilan yang didapat dari blog. Tapi hanya sedikit yang berhasil. Alasannya adalah karena topik yang disajikan tidak jelas. Terlalu luas atau tidak menarik adalah penyebab utamanya. Konten yang dibuat akhirnya hanya berisi ulasan yang tidak menarik atau tidak berkualitas.

Jika dijabarkan ada banyak topik yang tersedia, misalnya traveling, kuliner atau parenting. Banyak juga blog yang sudah mengulas mengenai topik-topik tersebut. Anda bisa saja memilih topik yang sama, tetapi buatlah ciri khas tersendiri yang membedakan dengan blog lainnya.

Penentuan topik ini harus dimulai dari minat atau bisnis yang sedang Anda jalani, jika blog tersebut digunakan untuk kepentingan marketing. Nah untuk memudahkannya, cobalah untuk menjawab pertanyaan berikut ini:

Apakah Anda memiliki hobi tertentu yang bisa dijadikan topik?

Apakah ide bisnis yang sedang ditekuni?

Apakah tujuan Anda memiliki blog?

Apakah banyak orang yang membutuhkan topik tersebut?

Kira-kira berapa banyak peminat dari topik tersebut?

Hobi yang Anda miliki bisa dijadikan sebuah topik, misalnya hobi tentang tanaman. Maka Anda bisa memilih topik seputar bercocok tanam. Pastikan juga bahwa tujuan Anda membuat blog akan memberikan manfaat dan menggali lebih dalam mengenai cara bertanam yang benar.

Ketika membuat blog tentang topik tersebut, pikirkan mengenai seberapa jauh ketertarikan orang untuk mendapatkan informasi mengenai bertanam. Temukan juga berapa banyak minat mengenai topik tersebut. Jika Anda hendak membuat blog untuk bisnis, perlu riset lebih lanjut tentang minat dari pembaca untuk memperkirakan trafik yang didapat nantinya akan tinggi.

Langkah 2. Tentukan Platform Blog yang Tepat

Ketika topik sudah selesai ditentukan, maka saatnya untuk memilih platform yang tepat. Anda bisa memilih cara membuat blog gratis atau berbayar sesuai dengan platform yang dipilih. Saat ini ada begitu banyak platform yang digunakan, baik itu berbayar atau tidak. Secara umum ada tiga platform yang banyak dipilih yaitu blogspot, WordPress.com dan WordPress.org.  Mari pahami satu per satu dari ketiganya.

Baca Juga:  Konten Adalah, Pengertian dan Peranannya dalam Marketing

Blogspot dan WordPress.com

Cara Membuat Blog menggunakan Blogspot. Ingin blog yang gratisan? Anda bisa menggunakan blogspot dan WordPress.com. Kedua platform ini cocok untuk Anda yang memiliki 0 modal untuk membuat blog. Ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum menggunakan platform gratis. Pertama Anda akan mendapatkan tema dan fitur yang terbatas. Jika ingin menggunakan tema lain bisa saja, tetapi harus membeli dengan harga yang tidak mahal.

Cara Membuat Blog

Kedua adalah nama website yang diikuti oleh nama platform. Misalnya saja abcd.blogspot.com. Terakhir adalah jika Anda melanggar aturan yang sudah ditetapkan maka blog yang sudah dibangun sewaktu-waktu akan langsung dihapus. Jika sudah sukses dengan menggunakan platform ini dan ingin lebih mengembangkannya lagi, Anda juga bisa memindahkannya ke platform blog berbayar. Namun perlu proses pemindahan yang cukup repot.

WordPress.org

Cara Membuat Blog memakai WordPress. Platform ini cocok bagi Anda yang memulai membuat blog dengan modal yang tidak mahal. Cukup dengan membayar domain dan hosting sekitar 300 ribuan saja Anda sudah bisa mendapatkannya. Disini Anda akan mendapatkan website yang dimiliki sendiri tidak menumpang. Tentunya kelebihannya adalah kebalikan dari blogspot dan WordPress.com

Anda bisa memiliki tampilan sesuai dengan keinginan karena bisa diubah sesukanya. Banyak fitur yang bisa ditambahkan dan nama websitenya pun akan terlihat terpercaya tanpa tambahan nama platform. Jika blog sudah sukses, Anda juga tidak perlu melakukan pemindahan dan bisa langsung mengembangkannnya.

Memilih platform ini harus dilakukan dengan hati-hati dan selalu tentukan sesuai dengan kebutuhan jangka panjangnya.

Langkah 3. Pilih Layanan Hosting serta Domain

Cara Membuat Blog – Langkah selanjutnya adalah menentukan manakah layanan hosting dan domain yang akan Anda gunakan. Apa itu hosting? Apa itu domain? Bagi yang masih awam harus mengerti kedua istilah ini. Domain adalah nama dari website yang akan Anda buat. Sedangkan hosting adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan file dari blog nantinya. Hosting juga bisa dibilang sebagai hardisk di laptop.

Domain dari blogspot dan WordPress.com sudah sangat jelas Anda akan mendapatkan alamat tersebut dengan tambahan nama di depannya. Sedangkan domain di WordPress.org bisa disesuaikan dengan yang telah Anda cari. Sedangkan untuk hosting baik blogspot dan WordPress.com telah tersedia otomatis. Namun untuk WordPress.org hosting yang tersedia adalah mandiri.

Biasanya layanan domain dan hosting akan memberikan paket sewa tertentu yang bisa dipilih.  Ada tiga jenis hosting yang tersedia yaitu cloud hosting, shared hosting dan VPS hosting. Sebagai pemula Anda bisa menggunakan shared hosting karena paling murah. Jika sudah penuh dan banyak bisa di upgrade ke cloud hosting kemudian VPS hosting.

Langkah 4. Pilih Nama Domain

Cara Membuat Blog – Hal yang cukup menguras waktu seringkali adalah memilih nama domain. Ada begitu banyak ide tetapi sudah banyak yang menggunakan nama-nama dari ide yang telah Anda dapatkan. Belum lagi nama domain harus disesuaikan dengan topik dari blog yang akan anda buat. Jika terlalu melenceng dari topik, kredibilitas dari blog akan berkurang. Selain itu nama domain juga harus mudah diingat seperti .com, .id, .co.id,  .net, ,org, dll. Mengapa harus mudah diingat? Supaya banyak orang yang mudah mencarinya dan tidak salah ketik saat sedang mencari nama blog Anda.

Ada beberapa hal yang perlu diingat ketika mencari nama domain yaitu sebagai berikut:

Maksimal menggunakan 63 karakter, semakin singkat semakin baik.

Hindari menggunakan tanda hubung serta angka karena menyulitkan pencarian.

Jangan menggunakan merk atau produk milik bisnis atau orang lain.

Selalu pilih nama yang mudah diingat.

Setelah menentukan beberapa nama, Anda harus mengecek ketersediaannya karena bisa jadi nama tersebut sudah digunakan. Harga nama domain juga bisa berbeda-beda tergantung menarik tidaknya nama tersebut. Ada yang mahal dan ada juga yang murah.

Langkah 5. Instalasi Blog

Cara Membuat Blog – Instalasi blog bisa dilakukan dengan komputer, laptop bahkan hp. Jika ingin menggunakan hp maka Anda bisa memilih blogspot yang paling mudah. Sebelum membuat, Anda harus memiliki alamat gmail terlebih dahulu. Cara membuat blog di hp android melalui blogspot adalah dengan membuka blogger.com melalui browser. Setelah itu masukan alamat email dan password lalu buka blog baru. Proses selesai, Anda tinggal menuliskan nama blog, judul dan deskripsinya.

Baca Juga:  4 Mesin Pencari Selain Google Paling Banyak Digunakan

Hal yang sama juga bisa diterapkan pada WordPress.com. Cara membuat blog pribadi melalui WordPress.com sebaiknya dilakukan melalui laptop atau komputer supaya lebih mudah. Cukup masuk ke laman web WordPress.com dan buat blog baru kemudian ikuti langkah-langkah yang sudah disediakan. 

Hal yang berbeda dilakukan pada WordPress.org. Cara membuat blog dilakukan di komputer. Anda harus masuk ke layanan domain dan hosting untuk membeli paket barulah menginstal WordPress. Adapun langkahnya secara umum adalah sebagai berikut ini.

Menyewa Domain dan Hosting

Cara Membuat Blog – Pertama adalah masuk ke halaman website layanan hosting dan domain yang telah Anda pilih. Biasanya tampilan dan menunya berbeda-beda tetapi kurang lebih intinya sama. Mulai dari mencari nama domain, jika sudah ada pilih paket hosting dan domain yang disediakan, kemudian pilih metode pembayaran dan membayar. Jika sudah menyelesaikan transaksi nantinya Anda akan dikirimi email untuk instalasi WordPress.

Menginstal WordPress

Cara Membuat Blog – Untuk instalasi, Anda tidak perlu mencari software secara online. Cukup membuka email yang cPanel yang dikirimkan oleh layanan hosting dan domain setelah membayar. Disana Anda bisa memilih WordPress.org dan klik untuk instalasi. Tunggu beberapa detik hingga instalasi selesai.

Mengisi Nama Domain, Username dan Password

Cara Membuat Blog – Setelah instalasi berhasil, Anda akan diarahkan untuk mengisi nama domain sesuai dengan nama yang tadi dimasukkan saat pembelian. Kemudian isi juga rincian mengenai website tersebut dan topiknya. Selanjutnya isikan username dan password yang nantinya digunakan untuk login ke blog Anda.

Memilih Tema

Selesai mengisi username dan password Anda akan diarahkan untuk pemilihan tema. Tidak perlu berpikir keras dan harus langsung sesuai dengan tema yang diinginkan. Anda bisa menggantinya nanti setelah menyelesaikan. Pilih tema yang kira-kira sesuai dan klik selesai.

Selesai

Pemilihan tema adalah langkah instalasi terakhir. Jika berhasil Anda akan mendapatkan link baru melalui email untuk bisa masuk ke dashboard admin blog. Setelah langkah tersebut Anda sudah berhasil menginstal WordPress blog milik sendiri.

Langkah 6. Belajar Dasar-Dasar WordPress

Cara Membuat Blog menggunakan WordPress. Selesai menginstall WordPress maka pekerjaan tidak berhenti di situ saja. Anda masih harus melanjutkannya dengan mempelajari dasar-dasar WordPress apa saja yang harus diketahui sebagai admin. Berikut ini beberapa dasar yang bisa Anda belajar dari WordPress.org.

Cara Masuk Dashboard

Cara Membuat Blog – Tahapan pertama adalah bagaimana cara untuk bisa masuk ke dashboard. Melalui dashboard Anda bisa mengatur dan mengembangkan website. Masukkan nama domain yang diikuti dengan slash wp-admin (www.contohdomain.com/wp-admin). Setelah masuk nanti akan keluar username dan password yang harus diisi dengan yang sudah Anda daftarkan. Setelah klik masuk maka akan langsung muncul tampilan dashboard.

Konfigurasi Tema

Saat ini website Anda masih kosong, saatnya untuk memilih tema yang tepat. Cara untuk menggantinya adalah pilih menu Appearance kemudian Themes yang terdapat pada menu bagian samping kiri. Disana biasanya pada tema-tema bawaan yang bisa langsung dipilih. Anda juga bisa menambahkan tema baru dengan membelinya.

Menambahkan Plugin

Seperti halnya web browser, WordPress.org juga bisa ditambahkan dengan plugin yang akan meningkatkan kinerja blog. Ada berbagai macam jenis plugin yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Cara untuk mengaturnya adalah pilih ke menu plugin dan pilih mana yang dibutuhkan.

Cara Posting Konten

Cara Membuat Blog – Saatnya memberikan posting pertama setelah setelan tema dan plugin selesai maka terakhir adalah konten. Masuk ke menu post kemudian add new, maka Anda akan masuk ke halaman posting. Berikan judul dan isi konten, jangan lupa tambahkan gambar atau videi melalui menu media. Pilih menu kategori yang berada di kolom kanan dan isi beberapa bagian penting lainnya.

Masuk ke Menu Pengaturan

Cara Membuat Blog – Menu pengaturan berisi beberapa setting yang bisa diganti seperti nama blog, penggunaan bahasa serat tagline yang ingin dijelaskan dalam halaman blog. Aturlah sesuai dengan niche blog yang hendak Anda buat. Caranya pilih menu setting atau pengaturan di kolom kiri kemudian pilih menu general.

Langkah 7. Pengelolaan dan Optimasi Blog

Cara Membuat Blog – Blog sudah selesai diinstal, Anda juga bisa memposting beberapa konten, tapi mengapa tak kunjung muncul juga di halaman pertama mesin pencarian Google? Sabar, karena perlu proses untuk setiap konten bisa muncul di halaman pertama. Bukan hanya sekedar hitungan jam tetapi beberapa bulan bahkan tahunan. Semua tergantung bagaimana Anda bisa mengoptimalkan blog secara tepat.

Baca Juga:  Apa itu seo? Mengenal Strategi Pemasaran di Internet

Jika Anda ingin menjadi blogger sukses maka perlu ketekunan untuk terus memproduksi konten yang banyak disukai. Ada beberapa langkah dasar yang harus selalu dilakukan yaitu sebagai berikut ini.

Judul Konten Harus Selalu Menarik

Judul adalah yang pertama kali dibaca oleh pengunjung dan menjadi daya tarik utama untuk langsung masuk ke dalam blog Anda. Jika judul tidak menarik atau tak sesuai dengan apa yang dicari maka konten akan terlewatkan begitu saja. Apabila konten yang Anda buat berisi tentang tips atau tutorial maka libatkan angka sebagai penjabaran langkah-langkahnya.

Misalnya 5 Tips Membuat Wajah Tampak Glowing. Dalam judul tersebut juga mengandung keyword yang banyak diminati. Jika Anda ingin menuliskan tentang produk, dilakukan riset keyword dengan trafficnya. Pertimbangkan juga menggunakan long tail keyword dan LSI keyword yang mencakup lebih banyak kata kunci. Keyword harus berada di judul dan isi artikel yang menyebar secara merata.

Jangan Lupakan Heading dan Subheading

Konten yang Anda buat harus selalu memiliki Heading. Judul akan otomatis menjadi Heading 1, sisanya akan menjadi sub heading yaitu Heading 2, 3, 4, dst. Heading berfungsi supaya mesin pencari mengenal isi konten dengan lebih baik. Setidaknya dalam satu konten Anda memberikan Heading 1 hingga 4.

Jangan lupakan juga berikan keyword pada bagian subheading karena akan berperan penting supaya konten Anda masuk ke peringkat Google.

Menambahkan Gambar dan Optimasi

Konten tanpa gambar akan terasa sangat hambar, Anda bahkan juga bisa menambahkan video di dalamnya. Apalagi jika konten berisi tentang tutorial atau cara membuat sesuatu. Ada banyak pembaca yang akan lebih betah membaca konten dengan gambar atau video. Jangan lupa media yang disisipkan dalam konten juga harus dioptimasi.

Pertama adalah ukuran gambar jangan terlalu besar supaya mudah untuk memperlambat website untuk loading. Selain itu juga akan mempercepat kapasitas hosting menjadi penuh. Perkecil ukurannya yaitu maksimal 100KB, namun tetap memiliki kualitas yang baik. Selain itu masukkan juga fokus keyword yang ditargetkan.

Perhatikan Penggunaan Permalink

Sebelum posting, perhatikan sekali lagi tentang permalink yang nantinya akan menjadi URL dari konten tersebut. Biasanya setelah memasukkan judul dan isi konten, permalink akan berubah menjadi nama domain slash judul. Maka gantilah bagian judul langsung ke fokus keyword saja.

Misalnya saja judul artikel adalah 7 Langkah Membuat Kue Kering untuk Lebaran, dengan fokus keyword Membuat Kue Kering. Maka permalink yang perlu dibuat adalah www.contohdomain.com/membuat-kue-kering. Struktur ini harus selalu diperbaiki dan cek kembali sebelum Anda melakukan posting.

Tambahkan Outbound Link dan Internal Link

Outbound link adalah link dari dalam konten yang menuju ke website lain.Contohnya saja Anda mengambil sebuah fakta mengenai sebuah survei atau penelitian. Maka sisipkan pada dalam konten yang mengarah ke website rujukan. Pastikan bahwa website tersebut memiliki reputasi yang baik karena akan meningkatkan kredibilitas blog Anda.

Internal link juga penting yaitu link yang dibuat dalam konten untuk menghubungkan dengan konten lainnya tetapi dalam blog Anda. Tujuannya supaya pembaca tertarik untuk membaca artikel lainnya. Internal link sendiri harus dibuat juga harus berhubungan dengan konten. Untuk internal link dan outbound link ini sebaiknya dibuat open in new tab sehingga menurunkan bounce rate yang membuat reputasi blog menjadi buruk.

Jangan Lupa Tombol Bagikan ke Media Sosial

Media sosial memang tidak memiliki pengaruh langsung ke SEO tetapi juga perlu untuk meningkatkan traffic. Jika konten yang telah Anda buat menarik serta solutif bagi pembaca maka mereka tidak akan ragu untuk membagikannya melalui Facebook, Twitter, atau Whatsapp. Maka dari itu Anda perlu mencantumkan tombol share ke media sosial di setiap halaman konten.

Optimasi ini harus selalu dilakukan secara maksimal serta rutin. Hasilnya, konten yang telah Anda buat akan lebih cepat naik dan bertahan di halaman awal Google. Jangan lupa juga untuk tetap rutin memproduksi konten yang menarik.