apa itu toefl

Apa Itu TOEFL ITP? Dan Ada Berapakah Jenis Soal-Soalnya?

Posted on

Apa Itu TOEFL – Apa itu TOEFL tes? Bagi anda yang baru pertama kali mengenal TOEFL pasti bertanya-tanya. Apakah TOELF itu? TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Tes ini dilakukan oleh sebuah lembaga dari Amerika yang bernama ETS. ETS sendiri merupakan lembaga pendidikan resmi yang mengoperasikan test TOEFL di seluruh dunia.

Baca Juga:  Daftar 4 Aplikasi Latihan Tes TOEFL di Android yang Bisa Didownload

Ada dua jenis TOEFL yang dioperasikan oleh ETS Amerika. Jenis tes ini berdasarkan dengan tipe soal yang diujikan, biaya yang dibebankan dan biasanya kegunaan sertifikat yang dibutuhkan. Tipe test TOEFL Pertama yang paling umum dan familiar di berbagai negara berkembang di asia dan afrika adalah TOEFL ITP. Atau kepanjangan dari institusional testing program, biasanya disebut juga dengan paper based test.

Apa Itu TOEFL ITP? Dan Ada Berapakah Jenis Soal-Soalnya?

apa itu toefl

Apa itu TOEFL ITP? TOEFL ITP atau paper based test disebut demikian karena soal-soal ujiannya dilakukan dengan menggunakan kertas. Baik lembar jawabannya atau pun soal-soal yang dikerjakan disajikan ke dalam sebuah lembaran kertas mirip ketika anda ujian akhir sekolah atau snmptn menuju kampus. TOEFL ITP Menguji tiga kemampuan anda

1. Listening

Pertama, adalah kemampuan mendengarkan (listening). pada kemampuan ini anda akan dites dengan tiga bentuk percakapan. Percakapan pertama sebuah dialog pendek, kemudian dialog agak panjang dan percakapan terakhir adalah ceramah perkuliahan.

2. Grammar

Kedua, kemampuan mengenai tata bahasa (grammar) dan struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Ada dua tipe soal, tipe pertama adalah anda memilih jawaban yang tersedia dalam pilihan ganda (multiple choice) untuk melengkapi sebuah kalimat. Tipe soal kedua adalah, anda diminta membaca sebuah pernyataan atau kalimat yang telah mendapat garis bawah lima kata. Anda disuruh memilih satu kata yang salah.

Baca Juga:  Latihan Tes Toefl Yang Benar Untuk Skor Yang Maksimal

3. Kemampuan Membaca

Ketiga, kemampuan membaca artikel. Ada sekitar empat sampai lima artikel yang disajikan. Tiap artikel mengandung enam sampai sepuluh pertanyaan. Pertanyaan yang disajikan seputar yang ada di dalam artikel. Baik pertanyaan substansi mengena simpulan artikel, materi yang diulas dalam artikel maupun beberapa pertanyaan mengenai sinonim dan antonim kata dalam bahasa Inggris yang terkandung di dalam artikel tersebut. Artikel-artikel yang disajikan biasanya seputar ilmu pengetahuan biologi, sejarah amerika hingga cerita-cerita.

TOEFL ITP sendiri merupakan jenis tes paling murah dalam segi biaya . karena anda hanya dibebankan biaya 500 ribu sekali tes. Itulah mengapa lembaga penyelenggara test TOEFL ITP mudah ditemukan di berbagai kota. Seperti di Jakarta. Anda bisa mengikuti test TOEFL ITP di English Bridge. Anda bisa mengunjungi website resminya: www.englishbridge.co.id untuk mencari informasi dan melakukan registrasi.

Berapa Lama Sertifikat TOEFL ITP Berlaku?

Sertifikat yang dikeluarkan TOEFL ITP sendiri juga berlaku selama dua tahun. Tiap perserta test TOEFL ITP akan mendapat tiga lembar sertifikat bagi yang skornya di atas 450. sementara hanya dua lembar bagi mereka yang dibawah 450. bagi mereka yang di atas 450 akan mendapat: sertifikat bewarna putih, informasi lembaran skor bewarna pink dan informasi kemampuan anda berupa lembaran bewarna kuning. Sementara bagi mereka yang skornya di bawah 450 hanya tidak mendapat sertifikat bewarna putih.

Jika dibandingkan dengan TOEFL Jenis kedua: yaitu TOEFL Internet based test yang ujiannya menggunakan internet dan komputer. Maka ini adalah jenis test TOEFL yang lumayan mahal.

Sekali test anda terkena biaya 2 sampai 3 juta. Jenis soal yang diujikan ada empat bagian: listening, speaking, writing dan reading. Anda melakukan semua test tersebut di sebuah komputer yang tersambung langsung dengan internet. Jenis sertifikat TOEFL Ibt juga berlaku selama dua tahun. Dan bisa digunakan untuk seluruh negara di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *