Beasiswa S2 Luar Negeri Jerman Tanpa Syarat Toefl di Negara Maju, Pelajari ketentuannya.

Posted on

Beasiswa S2 Luar Negeri Jerman – Banyak orang yang tidak percaya bahwa meraih beasiswa luar negeri tanpa toefl bisa dilakukan sepanjang kita tahu aturan dan ketentuan-ketentuan beberapa beasiswa di negara negara non speaking countries (negara negara non berbahasa inggris).

Kebanyakan mata tertuju bahwa beasiswa s2 luar negeri tanpa syarat toefl biasanya ditawarkan di negara negara Timur Tengah (Arab Saudi, Yaman, Iran dan sekitarnya), serta negara-negara di Afrika (seperti Maroko, Sudan dan lain-lain). alhasil mereka mereka yang berlatar belakang ilmu non-agama kemudian menciut, karena biasanya beasiswa yang ditawarkan dari negara-negara tersebut untuk studi agama-agama, terutama agama Islam.

Faktor lain yang membuat kurang berminat adalah negara-negara di Timur Tengah dan Afrika adalah negara negara berkembang yang kondisi dan keadannya mirip dengan Indonesia, sehingga kurang memunculkan tantang tersendiri untuk meraih beasiswa luar negeri tanpa toefl, walaupun hanya memerlukan syarat dokumen dan tambahan kemampuan bahasa arab saja (tanpa ada toefl).

Nah, sayangnya kebanyakan orang tidak teliti dalam melihat informasi beasiswa s2 luar negeri tanpa syarat toefl. Ada sebuah negara yang secara rutin tiap tahun menawarkan beasiswa ke luar negeri tanpa toefl untuk warga negara Indonesia, negara tersebut adalah Turki.

Turki yang biasa disebut dengan republik Turki adalah negara maju, modern yan berada di dua benua yaitu benua asia dan benua eropa. Kebudayaan turki terdiri atas kebudayaan laut tengah dari eropa dan kebudayaan arab asia yang kemudian berkumpul menjadi satu. Kenapa turki disebut negara maju? Karena turki masuk ke dalam golongan negara besar, masuk ke dalam G20 (ekonomi 20 besar dunia) serta merupakan 20 negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia.

Baca Juga:  Tiga Pilihan Belajar Bahasa Jerman Online

Tidak salah rupanya jika anda mengincar beasiswa s2 luar negeri Tanpa syarat toefl ke negara Turki, negara yang sedang proses negosiasi untuk masuk ke dalam Uni Eropa dan Pakta Pertahanan Atalantik Utara (NATO) ini memberikan banyak subsidi pendidikan untuk mahasiswa internasional. Setiap tahunnya, pemerintah Turki melalui kementerian pendidikan menawarkan beasiswa s2 luar negeri tanpa syarat toefl dan juga beasiswa s1 luar negeri tanpa toefl bagi masyarakat Internasional.

Penawaran beasiswa luar negeri tanpa toefl ini juga bukan kaleng-kaleng, Turki menawarkan banyak jurusan yang bisa diambil mulai teknik, kesehatan, sosial humaniora, sejarah hingga kedokteran. Mahasiswa indonesia lebih banyak mengincar beasiswa ke luar negeri tanpa toefl di negara turki untuk posisi studi master dan doktoral. Seluruh proses program beasiswa luar negeri tanpa toefl dari pemerintah Turki dinamakan Turkiye Scholarship (atau dalam bahasa Turki disebut turkiye burslari www.turkiyeburslari.gov.tr).

Kira-kira apakah mendapat beasiswa luar negeri tanpa toefl dari negara turki apakah bergengsi? Atau anda masih khawatir belum ada alumni yang terkenal di Indonesia? Tenang saja, setiap tahun ada ratusan mahasiswa Indonesia yang kuliah s2 dan s3 di Turki, dan salah satu alumni kuliah di Turki yang cukup terkenal adalah Profesor Azyumardi Azra, cendekiawan muslim dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini merupakan lulusan doktor dari Turki di bidang Filsafat.

Lalu, bagaimana tata cara melamar beasiswa s2 luar negeri tanpa syarat toefl melalui turkiye schorship? Ikuti beberapa panduan dan tips di bawah ini agar anda lolos beasiswa luar negeri tanpa toefl dari Turkiye Burslari Scholarship:

Pertama, untuk melamar beasiswa ke luar negeri tanpa toefl dari Turki anda harus memperhatikan jadwal-jadwal pendaftarannya, karena biasanya di buka akhir tahun dan ditutup awal tahun, cobalah untuk memantau website: www.turkiyeburslari.gov.tr secara rutin.

Baca Juga:  Apa bahasa Jerman Selamat Pagi, Siang, Sore dan Malam?

Kedua, persiapkan berkas berkas administrasi anda jauh-jauh hari. Beasiswa luar negeri tanpa toefl dari Turki juga sama disiplin dan ketatnya dengan beasiswa lain. Apa saja yang mesti disiapkan? Untuk anda yang ingin melanjutkan studi s2 dan s3, maka ijazah dan transkrip nilai dalam bahasa inggris adalah dokumen wajib, beberapa berkas surat rekomendasi, cv dalam bahasa inggris dan dokumen opsional berupa sertifikat bahasa inggris.

Loh, katanya tidak memakai toefl? Tenang saja yang dimaksud dengan sertifikat bahasa inggris tidak hanya toefl. Jika anda punya sertifikat toefl/ielts dengan skor rendah bisa dilampirkan. Lalu kalau tidak ada? Anda bisa pakai sertifikat bahasa inggris dari kampus anda, toefl prediction atau toefl simulation, yang terpenting menerangkan kemampuan bahasa inggris anda walaupun dalam skor minimal.

Lalu, mengapa masih diperlukan sertifikat kemampuan bahasa inggris? Ini hanya sebatas dokumen tambahan saja. For your information, jika anda lolos seleksi administrasi akan diundang wawancara di kedubes Turki di Jakarta dengan menggunakan bahasa inggris, sementara nantinya perkuliahan di Turki menggunakan bahasa Turki. Jadi bahasa inggris hanya menjadi sarana awal saja.

Ketiga, mulailah untuk belajar bahasa Turki. Nah ini yang membedakan antara Turkiye Scholarship dengan beasiswa yang lain. Sertfikat kemampuan bahasa inggris tidak terlalu dibutuhkan. Karena jika anda lolos beasiswa ini, anda akan mendapat kursus belajar bahasa turki selama setahun (untuk s2 dan s3) sebelum memulai proses pembelajaran kuliah sesungguhnya. Menarik kan…

Beasiswa s2 luar negeri tanpa syarat toefl dari Turki ini tiap tahun terus menjadi ajang rebutan mahasiswa Indoesia, faktor utamanya ya tadi karena sertifikat bahasa inggris bukanlah syarat utama dan hanya menjadi pertimbangan saja. Oya, satu hal lagi apakah fasilitas beasiswa luar negeri tanpa toefl dar turki ini cukup besar?

Baca Juga:  Kenali 2 Jenis Visa Jerman Ini

Tentu saja, turki memberikan beasiswa ke luar negeri tanpa toefl dengan fasilitas premium, setiap penerima akan mendapat uang saku, uang buku, uang penelitian dan kamar tidur di asrama kampus. Gimana enak kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *