Cara Membuat Tabel di Photoshop semudah membuatnya seperti Excel

Posted on

Cara Membuat Tabel di Photoshop – Membuat tabel biasanya seringkali kita lakukan pada aplikasi pengolah kata dan pengolah data, misalnya yang sering dijumpai pada microsoft word ataupun microsoft excel. Hal ini lumrah karena pengolahan tabel biasanya berhubungan dengan sesuatu data atau sebuah narasi penjelasan isi tabel.

Tabel sendiri merupakan ringkasan data yang singkat dan bertujuan untuk menjelaskan kepada pembaca atau orang yang melihat agar bisa melihat data secara cepa tanpa harus membaca narasi atau penjelasan yang disampaikan. Itulah mengapa penggunaan tabel lebih lumrah digunakan pada kelompok microsoft office dan juga open office.

Baca juga ” Pendalaman Rumus Passive Voice 16 Tenses dalam Bahasa Inggris “

Namun, pada berbagai kesempatan ternyata penggunaan tabel juga seringkali dipakai pada aplikasi desain grafis, misalnya pada proses cara membuat tabel di photoshop yang bertujuan memasukkan unsur tabel ke dalam desain agar bisa menjelaskan data dengan lebih singkat ketimbang narasi-narasi panjang.

Pada penggunaan tabel konvensional di aplikasi pengolah data, maka cara membuat tabel di photoshop biasanya akan melakukan transfer dari aplikasi pengolah data menuju aplikasi desain grafis. Beberapa orang langsung melakukan copy paste saja tabel tabel yang akan dimasukkan ke dalam aplikasi photoshop.

Sayangnya cara ini seringkali tidak mulus, cara membuat tabel di photoshop dengan cara copy paste atau transfer hanya akan membuat desain anda berantakan, dan malah lebih parahnya tidak kompatibel. Ini bisa diduga karena aplikasi pengolah kata seperti microsoft office tidak support terhadap aplikasi desan grafis. Begitu juga sebaliknya aplikasi desain grafis tidak bisa ditimbun data dari aplikasi pengolah data.

Lalu bagaimana solusinya? Cara membuat tabel di photoshop sendiri ternyata sudah masuk ke dalam aplikasi desain grafis software tersebut. Ini berarti bahwa photoshop sudah mempunyai fitur tersendiri untuk membuat tabel yang akan memudahkan para desainer untuk langsung menginput tabel di dalam aplikasi photoshop, ketimbang mengimpornya dari aplikasi office yang malah membuat pekerjaan anda berantakan.

Baca Juga:  Apa itu marketplace shopee dan tokopedia? Kenali cara baru jual beli berbasis teknologi informasi

Cara membuat tabel di photoshop sendiri bisa dilakukan baik di photoshop generasi berapapun, terutama cara membuat tabel di photoshop cs3 yang sering digunakan desainer grafis mahasiwa dan pelajar juga bisa dilakukan dengan cara mudah. Seperti mudahnya anda membuat tabel di aplikasi pengolah data dan kata seperti microsoft excel misalnya.

Cara Membuat Tabel di Photoshop

Secara sederhana sebenarnya photoshop bisa melakukan aplikasi desain apapun, walaupun secara profesional keluarga photoshop mempunyai beberapa software yang lebih profesional untuk melakukan desain yang lebih baik misalnya adalah adobe illustrator dan adobe indesign.

Langsung saja berikut cara membuat tabel di photoshop yang cara membuatnya ternyata lebih mudah atau bisa dibilang sama saja ketika membuat tabel di microsoft word ataupun microsoft excel. Perhatikan, bahwa cara ini bisa juga diterapkan di cara membuat tabel di photoshop cs3:

Langkah pertama cara membuat tabel di photoshop cs3 adalah membuka lembaran baru dengan ukuran yang kita inginkan. Kemudian tampilkan grid pada file ukuran kertas kerja yang telah anda buat. Caranya dengan klik view > show > grid. Atau bisa juga langsung melalui keyboard dengan ctrl + ‘. grid ini akan mempermudah anda dalam cara membuat tabel di photoshop agar bisa menentukan lebar column dan tinggi row.

Langkah kedua cara membuat tabel di photoshop cs3 adalah dengan membuat tabelnya mengikuti garis grid yang telah ada, caranya dengan menggunakan menu shape rectangle tools dengan mode shape. Kemudian tinggal duplicate sesuai bentuk tabel yang akan anda inginkan.

Langkah ketiga, setelah anda membuat tabel besar dengan menu shape, anda tinggal menambahkan kolomnya sesuai kebutuhan dengan tools line segment tools. Nah itulah cara membuat tabel di photoshop semudah cara membuatnya di excel bukan? Gampang sekali ternyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *