Mengenal Universitas Negeri di Perancis

Posted on

Universitas Negeri di Perancis – Pada beberapa artikel sebelumnya sempat diulas sistem pendidikan Prancis. Sistem Pendidikan Prancis mirip dengan sistem pendidikan di negara-negara berkembang seperti di Indonesia. Dimana masih mempertahankan sistem sekolah dasar, menengah atas, hingga universitas. Perbedaannya hanya terletak pada kurikulumnya. Kurikulum negara-negara maju, teoritis dan tes hanya bertahan sampai jenjang sekolah menengah saja, sisanya lebih banyak praktek. Pemagangan, serta proses penajaman materi yang akan dihadapi para siswa dan mahasiswa di dunia kerja.

Walaupun menjadi negara maju, tetapi prancis tidak sepenuhnya mengandalkan proses pemagangan dan penajaman materi semata. Tetapi juga masih menyertakan tes pada beberapa jenjang. Tes ini dimaksudkan untuk pemetaan materi yang kedepannya berguna bagi siswa untuk mengidentifikasi persoalan dan kelebihan dirinya.

Selain itu, pada sistem pendidikan di Prancis sama dengan sistem pendidikan di jerman yang mengenakan sistem bebas biaya. Prancis lebih maju karena bebas biaya ini dikenakana pada jenjang dasar hingga universitas. Bahkan di universitas, terutama di universitas negeri, prancis memberikan bebas biaya kuliah bagi masyarakatnya. Bebas kuliah ini tentunya hanya diperuntukkan di universitas-universitas negeri yang berada di bawah naungan kementerian pendidikan nasional (national education ministry).

Apakah di prancis juga terdapat universitas swasta? Dan apakah mahasiswa internasional bebas mengakses bebas biaya tersebut? Tentu saja. Prancis sama seperti negara terbuka maju lainnya yang memperbolehkan berdirinya perserikatan dan perkumpulan akademik. Sektor pendidikan prancis yang maju di bidang pendidikan, kuliner, mode, fashion dan gaya hidup juga ditopang kebebasan berpendapat dan berserikat ini. Nah, karena itulah, Prancis juga memiliki universitas-universitas swasta bergengsi yang ranking akademiknya tidak jauh beda dengan rnaking akademik kampus-kampus negeri.

Baca Juga:  Fungsi Kedutaan Perancis Secara Umun Di Indonesia

Lalu terkait dengan mahasiswa internasional yang akan mengakses sistem perkuliahan di Pranci apakah bisa menggunkana fasilitas bebas biaya. Tentu saja bisa, asalkan sesuai dengan prosedurnya. Prosedur yang dimaksud adalah dengan melalui sistem admisi atau pendaftaran terhadap universitas negeri di bawah naungan kementerian pendidikan nasional.

Lalu bagaimana mengetahui sebuah kampus di Prancis merupakan universitas negeri? Cara termudah adalah anda bisa mengenalinya dengan sebutan dalam bahasa inggris yang tercantum di dalam website mereka. Kampus-kampus yang terdaftar sebagai kampus negeri, biasanya dideskripsikan sebagai “public university” istilah publik mengacu kepada kampus publik yang dikelola pemerintah untuk kepentingan masyarakat luas. Nah, kalau kampus swasta biasanya disebut dengan “privat university” yang biasanya didirikan oleh perserikat, asosiasi atau lembaga tertentu. Contohnya anda bisa membuka kampus di Malaysia, universitas di Malaysia seperti Universiti Malaya menyebut dirinya “public university” karena di bawah pegelolaan pemerintah.

Namun, cara ini biasanya kurang mendetail. Karena beberapa universitas di Prancis biasanya jarang mendeskripsikan jenis kampus mereka di website mereka. Ini karena iklim persaingan akademik di negara semaju Prancis. Tidak bisa lagi membedakan antara kampus swasta dan negeri. Karena mereka sudah melampaui ranah riset yang tinggi. Dimana donor antara swasta, industri dan pemerintah sama sama kuat. Bandingkan dengan di Indonesia yang masih membedakan universitas negeri dan swasta. Terkait dana riset dan kemajuan pendanaan untuk tenaga pengajarnya saja berbeda jauh.

Nah, cara termudah adalah dengan melihat langsung website Kementerian Pendidikan Nasional. Disana biasanya dideskripsikan beberapa universitas negeri Prancis yang dikeola oleh kementerian. Sementara untuk kampus-kampus swasta biasanya tidak terdaftar list disana.

Cara paling profesional selanjutnya adalah melihat melalui lembaga ranking profesional. Seperti Times Higher Education Supplement (THES), dan juga QS World Ranking University. Dua lembaga ranking ini termasuk mumpuni dan sering mengeluarkan peringkat universitas (termasuk universitas negeri prancis). anda bisa ketikkan nama kampus tujuan anda untuk menedeteksi ranking univeritas beserta informasi mendalam mengenainya.

Baca Juga:  Kumpulan Kata Bijak Bahasa Perancis dan Artinya

Di website Times Higher Education Supplement dan QS World University Ranking biasanya universitas negeri prancis yang diranking dicantumkan identitas sebagai public university atau privat university. Anda tinggal mengikuti kaidah yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *